Benarkah Liburan Bersama Bisa Bikin Ibu Panjang Umur?

Oleh Ayu Maharani pada 26 Dec 2018, 15:40 WIB
Ada yang mengatakan bahwa sering mengajak ibu pergi liburan bersama bisa membuatnya panjang umur. Benarkah demikian?
Benarkah Liburan Bersama Bisa Bikin Ibu Panjang Umur? (Claudia-K/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bila biasanya Anda sibuk bekerja, berkumpul bersama teman-teman dan mengeksplorasi banyak hal sendirian, jadikan liburan kali ini sebagai momen untuk berlibur bersama ibu. Kabarnya, aktivitas ini bisa membuat ibu lebih panjang umur. Tapi, benar tidak atau tidak, ya, pendapat tersebut?

Saatnya lebih dekat dengan ibu

Nah, dilansir dari Prevention, para peneliti dari University of California, San Fransisco, Amerika Serikat, menemukan bahwa kesepian memainkan peran besar dalam penurunan kesehatan seseorang. Studi yang dilakukan selama bertahun-tahun ini diikuti oleh 1.600 orang dewasa dengan usia rata-rata 71 tahun.

Hasilnya, manula yang kondisi ekonominya mumpuni namun selalu merasa kesepian karena tidak dikelilingi oleh anggota keluarga ataupun sahabat, memiliki risiko kematian 23 persen lebih tinggi ketimbang manula yang selalu ditemani oleh anggota keluarga ataupun sahabatnya.

Selama 6 tahun penelitian, terbukti lansia yang meninggal dunia adalah orang-orang yang selalu kesepian, bukan yang masih aktif berkegiatan bersama anggota keluarganya.

Dapat dikatakan bahwa banyak menghabiskan waktu bersama ibu, misalnya dengan berlibur bersama, bisa menghindarkannya dari perasaan kesepian. Jika ibu Anda jarang merasa kesepian, otomatis kondisi kesehatan fisik dan psikisnya akan terjaga, sehingga ia akan hidup lebih lama.

Mengenai hal ini, Barbara Moscowitz, seorang pekerja sosial dari Massachusetts General Hospital mengatakan, orang tua sangat menghargai setiap waktu yang Anda sediakan untuk mereka.

Dengan menyempatkan waktu untuk berjumpa dan berbincang dengannya, orang tua Anda sudah merasa bahwa kebutuhan utamanya telah tercukupi dan sangat merasa senang. Sederhana bukan cara membahagiakan ibu Anda?

Memilih liburan seru bersama ibu

Untuk menentukan destinasi wisata bersama ibu, sebaiknya jangan diputuskan secara sepihak. Tanyakan langsung kepada ibu Anda mengenai lokasi liburan yang ia impi-impikan sejak lama, dan berikan ibu pilihan tempat yang ramah lansia. Lewat cara ini, ia lebih bisa menikmati liburannya.

Semisal ibu menyerahkan rencana sepenuhnya kepada Anda, sebaiknya pilihlah kota yang ditinggali oleh banyak sanak-saudara atau sahabatnya. Sehingga, selain menikmati ragam wisata yang ditawarkan di kota itu, setelahnya Anda bisa mengantar ibu untuk bernostalgia, mengenang masa-masa mudanya yang membahagiakan.

Ya, nostalgia masa muda memang erat kaitannya dengan kebahagiaan lansia. Sebab, mereka bisa lebih merasa berharga dengan mengingat masa-masa jaya mereka di masa lampau.

Menghabiskan waktu berkualitas dengan ibu tak cuma dapat membantu mereka, tetapi juga bermanfaat bagi Anda sendiri, untuk mempererat hubungan dengan ibunda. Selain itu, dengan berlibur bersama, ibu akan merasakan kehangatan dari anaknya sendiri, sehingga membuatnya jauh dari rasa kesepian dan terhindar dari risiko stres.

Meski Anda tengah berada di masa mengejar karier dan mengeksplorasi banyak hal, jangan lupakan ibu Anda. Sebisa mungkin, sempatkan waktu untuk pergi bersama ibu, misalnya untuk mengantarnya ke pasar atau berbelanja. Bila Anda terpisah kota dengan ibunda, sering-seringlah menelepon untuk mengajaknya berbicara, agar ia tak merasa kesepian.

Dan ketika liburan tiba, ajak ibu untuk berlibur bersama, agar ia terhindar dari risiko kesepian dan stres. Seperti telah dijelaskan di atas, berlibur bersama akan menambah kemungkinan ibu menjadi panjang umur. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, atur waktu libur Tahun Baru bersama ibu sekarang juga!

[NP/ RVS]