Tips Menikmati Sarapan Buffet di Hotel Tanpa Merusak Diet

Oleh dr. Nadia Octavia pada 27 Dec 2018, 10:00 WIB
Sarapan buffet di hotel sering kali dituding sebagai biang keladi perusak diet. Ini kiatnya agar Anda tetap bisa makan enak dan sehat.
Tips Menikmati Sarapan Buffet di Hotel Tanpa Merusak Diet (Kamil Macniak/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Musim liburan Natal dan Tahun Baru sering dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga. Mulai dari road trip ke luar kota, traveling ke luar negeri, bertamasya keliling kota, wisata kuliner, atau staycation di hotel. Nah, bagi Anda yang sedang diet, menu buffet untuk sarapan biasanya berlimpah dan “menggoda iman”.

Agar liburan dan menikmati buffet di hotel tidak menjadi momen perusak diet Anda, lakukanlah berbagai kiat berikut ini.

  1. Penuhi piring Anda dengan makanan berserat tinggi

Ragam menu yang terhidang di meja buffet bisa membuat Anda “lapar mata” dan ingin mengambil semua makanan yang tersaji. Namun sebelum Anda memenuhi piring dengan roti, nasi atau kue–kue, merapatlah ke meja yang menghidangkan salad atau sayuran.

Penuhi dulu piring Anda dengan sayur atau salad dan makan terlebih dahulu. Anda pun akan menjadi kenyang dan malas untuk mengambil makanan yang lain lagi. Selain sayur dan salad, makanan berserat tinggi lain seperti oatmeal juga bisa menjadi pilihan saat sarapan buffet di hotel.

  1. Gunakan mangkuk atau piring yang lebih kecil untuk makan

Ukuran peranti makan seperti piring, mangkuk, sendok dan garpu akan memberikan sinyal kepada otak seberapa banyak Anda seharusnya makan. Dengan menggunakan piring yang lebih besar, berarti Anda akan makan lebih banyak.

Studi yang dilakukan pada sekelompok orang yang makan prasmanan menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan piring besar akan mengambil makanan 52 persen dan makan 45 persen lebih banyak dibandingkan kelompok yang mendapatkan piring kecil. Jadi, jika Anda tak ingin diet terancam, ambillah makanan dengan menggunakan piring yang kecil.

Selain itu, porsi yang besar pada piring tersebut akan membuat Anda tergoda untuk makan lagi dan lagi meskipun Anda sudah kenyang atau makanan tersebut terasa tidak enak, karena merasa sayang bila tak dihabiskan. Oleh karena itu, sebelum mengambil makanan di buffet hotel, perkirakan seberapa besar porsi yang akan membuat Anda kenyang sebelum Anda mengambilnya.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Berhenti dulu sebelum makan lagi

Makan karena Anda sedang mencari aktivitas di kala bosan, lelah atau stres akan membuat asupan Anda menjadi tidak terkontrol. Jadi, cobalah tunda dulu keinginan untuk mengambil makanan dan makan lagi di saat Anda “mati gaya”.

Berikan jarak 5 – 10 menit untuk menurunkan makanan yang sebelumnya Anda konsumsi. Selagi menunggu, Anda bisa membunuh waktu dengan mengobrol bersama keluarga atau kerabat lainnya.

  1. Makan sedikit dan minum air putih

Potonglah makanan Anda kecil-kecil dan kunyahlah secara perlahan. Tunggulah beberapa saat sebelum Anda kembali menyuap. Jangan lupa juga untuk minum air putih saat Anda sedang makan.

Langkah sederhana ini dapat menjadi kunci untuk mengurangi porsi kalori yang Anda konsumsi. Karena minum air dapat membuat Anda mudah kenyang, sehingga asupan makanan pun lebih terkontrol.

  1. Duduklah jauh dari meja buffet

Saat melakukan reservasi, banyak orang memilih meja dekat dengan meja buffet dengan alasan agar tidak terlalu jauh saat mengambil makanan. Padahal, duduk agak jauh dari meja buffet justru sangat membantu Anda terhindar dari godaan “lapar mata”.

Selain itu, dengan duduk agak jauh, tubuh Anda akan bergerak lebih banyak karena harus berjalan lebih jauh. Aktivitas tersebut dapat membantu Anda membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Hindari minuman manis

Anda mungkin sering tak menyadari kalau minuman yang Anda konsumsi ternyata bisa menyumbang banyak kalori untuk tubuh. Es campur, sirup buah atau segelas milkshake mungkin memang menggoda dan terlihat menyegarkan.

Tapi hati-hati, minuman tersebut juga bisa menyumbang kalori sama banyaknya dengan makanan yang Anda makan. Jadi sebaiknya, pilihlah air putih yang jelas tak mengandung kalori bila Anda tidak ingin diet terganggu. Atau bagi Anda penikmat kopi, lebih baik pilih kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim.

Sarapan buffet di hotel kerap dijadikan salah satu aktivitas liburan keluarga masa kini. Tapi ingat, jangan jadikan alasan liburan untuk melahap semua jenis makanan yang terhidang di meja, jika tak ingin diet rusak dan bobot timbangan meningkat usai liburan. Ikutilah kiat-kiat di atas agar Anda tetap dapat makan enak dan menikmati liburan tanpa harus merusak program diet yang tengah dijalani.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓