5 Tips agar Tak Makan Berlebihan Saat Liburan Akhir Tahun

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 27 Dec 2018, 15:20 WIB
Banyak orang memanfaatkan liburan akhir tahun dengan makan-makan bersama keluarga. Tapi Anda harus tahu tips untuk tak makan berlebihan.
5 Tips agar Tak Makan Berlebihan Saat Liburan Akhir Tahun (Ivanko80/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Mau ke mana Anda saat akhir tahun? Di rumah saja dan berkumpul bersama sanak saudara sambil menikmati santapan yang beragam? Itu tidak masalah, tapi Anda harus tahu cara agar tak makan berlebihan saat libur akhir tahun.

Libur akhir tahun - baik untuk merayakan Natal atau menyambut Tahun Baru - adalah saat-saat yang sangat dinantikan oleh banyak orang. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkannya untuk berjalan-jalan. Namun, ada juga yang memutuskan berada di rumah dan berkumpul bersama keluarga. Momen ini juga digunakan bagi sebagian orang untuk menikmati acara makan-makan.

Biasanya, untuk menikmati momen liburan akhir tahun, beragam jenis makanan akan dihidangkan. Dalam kondisi ini, banyak orang yang akan larut dalam euforia sehingga akan melahap apa saja yang ada di depan mata mereka.

Hanya saja, aktivitas ini sangat berbahaya ketika Anda tidak mengontrol diri Anda. Makan-makan bersama keluarga sambil bersenda gurau adalah hal yang menyenangkan, yang bisa membuat Anda lupa diri.

Anda mesti mengerem nafsu makan Anda saat momen liburan akhir tahun jika tak ingin kembali beraktivitas dengan berat badan yang berlebih.

Berikut ini beberapa tips dilansir dari Best Health yang bisa Anda lakukan agar tidak makan berlebihan saat liburan akhir tahun:

1. Sebelum makan, lebih baik minum air putih dulu 

Sebelum Anda duduk untuk menikmati berbagai jenis makanan yang disajikan di atas meja makan, minumlah segelas air yang cukup banyak. Itu akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat sehingga Anda tidak makan berlebihan.

2. Perlambat ritme makan malam Anda 

Ide untuk memperlambat makan malam Anda juga bagus. Misalnya, nyanyikan lagu-lagu Natal setelah hidangan pembuka dan bertukar hadiah sebelum hidangan penutup. Itu setidaknya membuat Anda tidak makan berlebihan karena fokus Anda sedikit teralihkan dengan kegiatan tersebut.

3. Tutup dengan teh herbal 

Jahe dan peppermint dapat membantu pencernaan dan mengusir kembung yang terasa di perut setelah makan. Sehingga teh herbal yang mengandung itu semua adalah penutup yang sempurna untuk aktivitas makan Anda saat liburan.

4. Jangan langsung berbaring 

Setelah kenyang akibat makan, Anda mungkin berpikir untuk segera berbaring di sofa atau di kasur. Akan tetapi, itu sama sekali tidak baik. Langsung berbaring setelah makan memicu mulas karena asam lambung dapat naik.

5. Berjalan-jalanlah 

Jangan diam saja setelah makan. Lebih baik Anda jalan-jalan karena itu bisa membantu membakar sejumlah kalori yang baru saja Anda konsumsi. Selain itu, jalan-jalan bisa menurunkan gula darah dan merangsang pencernaan. Akan tetapi, hindari olahraga berat yang akan mengalihkan aliran darah dari perut Anda.

Nah, itu adalah beberapa cara agar Anda tidak makan berlebihan saat liburan akhir tahun. Makan berlebihan bisa sangat mengganggu kesehatan Anda, apalagi jika makanan yang Anda santap mengandung banyak lemak jahat. Kelima cara di atas hanyalah beberapa solusi dari sekian banyak cara lain yang bisa Anda lakukan agar tidak makan berlebihan.

[RVS]