3 Langkah Bikin Wajah Pria Lebih Cerah Jelang Tahun Baru

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 30 Dec 2018, 11:00 WIB
Bagi Anda para pria, wujudkan wajah cerah di pesta Tahun Baru nanti dengan 3 langkah mudah berikut ini.
3 Langkah Bikin Wajah Pria Lebih Cerah Jelang Tahun Baru (Olena-Yakobchuk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Perawatan wajah kerap diidentikkan dengan kaum wanita. Padahal, pria juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya, terutama di momen jelang Tahun Baru yang sudah di depan mata.

Pria yang tidak merawat wajahnya dengan benar akan mengalami kulit kusam dan berjerawat. Apalagi bagi Anda para pria yang memiliki rambut di wajah, seperti kumis dan janggut, perawatan wajah harus mendapatkan perhatian khusus. Mengenai hal ini, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter menjelaskan.

“Pria dan wanita pada dasarnya sama-sama harus merawat wajah, karena kesehatan wajah dan kulit merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang perlu Anda jaga. Selain itu, perawatan wajah penting untuk menunjang penampilan, sehingga Anda tampak lebih bersih, segar, dan bersinar,” ujarnya.

Namun sayangnya, kebanyakan pria cenderung malas untuk menggunakan berbagai produk perawatan wajah. Padahal, kulit pria cenderung lebih berminyak, tebal, dan rata-rata memiliki pori-pori wajah yang lebih besar dibanding wanita.

Perawatan wajah untuk pria

Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa tips bagi pria untuk merawat kulit wajahnya agar tetap dalam kondisi prima:

1. Rajin membersihkan wajah

Berbeda dengan wanita, pria cenderung melakukan kegiatan yang mudah  membuat wajahnya kotor. Anda bisa membuat wajah menjadi lebih cerah dengan membersihkannya secara rutin. Hal ini merupakan bagian dari perawatan wajah pria yang wajib dilakukan.

Gunakanlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan karakter kulit wajah Anda. Bersihkan wajah Anda setidaknya dua kali sehari. Setelah selesai mencuci wajah, keringkan menggunakan handuk berbahan halus dengan cukup ditepuk-tepuk saja ke wajah.

2. Gunakanlah pelembap wajah

Gunakan krim pelembap yang mengandung tabir surya setiap saat Anda ingin keluar rumah. Untuk produk sunscreen, pilih yang setidaknya memiliki SPF 30. Jika cuaca mendung, Anda harus tetap menggunakan tabir surya. Karena meskipun sinar matahari tidak terik. Anda masih bisa terpapar sinar ultraviolet.

Pelembap memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit agar terhindar dari berbagai masalah. Bukan hanya kulit kering saja yang membutuhkan pelembap, tetapi semua jenis kulit membutuhkannya agar tetap sehat. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, disarankan menggunakan pelembap berjenis gel atau water-based moisturizer.

3. Perbaiki dengan serum

Kulit Anda tentu “lelah” setelah menjalani rutnitas seharian, terutama bagi Anda para pekerja yang bermacet-macetan di jalan. Wajah pun akan terasa kusam akibat radikal bebas dari polusi udara, asap rokok, bahan kimia industri dan sinar UV.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. William Kwan, seorang dokter kulit di California, Amerika Serikat, menggunakan serum vitamin dapat membantu pemulihan sel-sel dalam wajah menjadi kembali segar."Serum antioksidan, misalnya seperti vitamin C, sangat membantu mengurangi kerusakan dan harus digunakan di pagi hari sebelum menggunakan pelembap. Khusus untuk Anda yang berusia 30-an ke atas, gunakan krim retinol setiap sebelum tidur untuk membantu menghaluskan garis-garis serta kerutan di wajah,” ujarnya.

"Serum antioksidan, misalnya seperti vitamin C, sangat membantu mengurangi kerusakan dan harus digunakan di pagi hari sebelum menggunakan pelembap. Khusus untuk Anda yang berusia 30-an ke atas, gunakan krim retinol setiap sebelum tidur untuk membantu menghaluskan garis-garis serta kerutan di wajah,” ujarnya.

Perlu Anda ketahui, perawatan kulit wajah pada pria juga tak kalah pentingnya dengan wanita. Untuk penampilan yang prima di pesta Tahun Baru nanti, imbangi dengan menjalankan gaya hidup sehat dengan pola makan teratur dan rajin berolahraga. Dan akan lebih baik lagi jika Anda melanjutkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda.

[NP/ RVS]