Sambut Pagi di Tahun Baru dengan 7 Makanan Sehat Ini

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 30 Dec 2018, 12:35 WIB
Wujudkan resolusi Anda dengan mengonsumsi makanan sehat saat menyambut pagi di Tahun Baru!
Sambut Pagi di Tahun Baru dengan 7 Makanan Sehat Ini (nd3000/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tahun baru 2019 sudah di depan mata. Sudahkah Anda punya resolusi sehat untuk diwujudkan tahun depan? Sudah memiliki resolusi atau belum, Anda tetap bisa memulai pagi di tahun yang baru dengan makanan sehat agar tubuh lebih sehat dan bugar. Kunci pertama yang harus Anda lakukan adalah, selalu sempatkan untuk sarapan.

Sarapan kerap dilewatkan oleh sebagian orang, dibandingkan dengan waktu makan lainnya. Padahal, sarapan punya banyak sekali manfaat untuk tubuh. Sarapan yang bergizi dan seimbang dapat memberi Anda energi dan mencegah Anda makan terlalu banyak selama sisa hari itu.

Menyambut tahun baru, berikut ini adalah makanan terbaik untuk mengisi piring Anda saat sarapan:

1. Telur

Telur adalah makanan terbaik jika disantap saat pagi hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya, serta membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati. Meskipun tinggi kolesterol, tapi telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang.

2. Oatmeal

Menu sehat lainnya untuk sarapan adalah oatmeal. Oatmeal mengandung serat unik yang disebut beta-glucan. Serat ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Terlebih lagi, beta-glucan adalah serat kental yang menimbulkan perasaan kenyang. Oatmeal juga kaya akan antioksidan, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

3. Buah berry

Makan buah ini pada pagi hari sangat baik untuk kesehatan. Jenis yang populer termasuk blueberry, rasberi, stroberi dan blackberry. Deretan buah itu lebih rendah gula daripada buah lainnya, dan lebih tinggi serat.

Buah berry juga mengandung antioksidan yang disebut antosianin. Kandungan itu melindungi jantung Anda dan dapat mencegah penuaan. Cara yang baik untuk menambahkan buah berry ke sarapan Anda adalah memakannya dengan yoghurt.

1 of 2

Selanjutnya

4. Kacang-kacangan

Tak hanya enak, kacang juga memuaskan dan bergizi. Menambahkan kacang-kacangan pada menu sarapan dapat membantu mencegah kenaikan berat badan.

Meskipun kacang tinggi kalori, tapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa Anda tidak menyerap semua lemak di dalamnya. Faktanya, tubuh Anda hanya menyerap sekitar 129 kalori dari almond 1 ons (28 gram). Ini mungkin juga berlaku untuk kacang-kacangan lainnya, meskipun penelitian tersebut hanya meneliti kacang almond.

Selain itu, kacang-kacangan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi resistensi insulin, dan mengurangi peradangan. Terkait jantung, semua jenis kacang-kacangan juga tinggi magnesium, kalium, dan lemak tak jenuh tunggal yang dikenal ramah terhadap jantung.

5. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di planet ini. Meskipun mengandung kafein, teh hijau mungkin membantu melawan diabetes. Sebuah tinjauan dari 17 studi menemukan bahwa peminum teh hijau mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin.

Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai EGCG, yang dapat melindungi otak, sistem saraf, dan jantung Anda dari kerusakan.

6. Buah-buahan

Buah bisa menjadi bagian lezat dan segar dari sarapan bergizi Anda. Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat, dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah potong menyediakan sekitar 80-130 kalori, tapi ini memang tergantung pada jenisnya.

Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi. Padukan buah dengan telur, keju, atau yoghurt tawar untuk sarapan seimbang yang akan membuat Anda kenyang selama berjam-jam.

7. Keju cottage

Keju cottage mengandung protein yang tinggi, yang bisa meningkatkan metabolisme, menghasilkan perasaan kenyang, dan menurunkan kadar hormon grelin (hormon lapar).

Faktanya, keju cottage telah terbukti ampuh mengisi perut seefektif telur. Keju cottage penuh lemak juga mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Satu cangkir keju cottage menghasilkan 25 gram protein. Tambahkan buah berry dan gilingan biji rami atau kacang cincang untuk membuatnya lebih bergizi.

Melewatkan sarapan tentunya akan merugikan kesehatan. Kebiasaan rutin sarapan dapat menyumbangkan gizi lengkap, menyuplai energi untuk menjalani hari, menjaga berat badan ideal, serta membuat Anda terhindar dari penyakit. Sambut pagi di tahun baru 2019 dengan tidak melewatkan sarapan dan mengonsumsi beragam makanan sehat di atas. Jadikan momen Tahun Baru Anda sebagai pijakan awal untuk tubuh lebih sehat.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓