7 Kebiasan Buruk yang Harus Dihilangkan di Awal Tahun
searchtext customer service

Jangan Memulai Tahun Baru dengan Cara Buruk Ini

Tahun baru menjadi kesempatan untuk hidup baru dan memulai semuanya dengan lebih baik lagi. Berikut kebiasaan yang harus ditinggalkan di awal tahun baru.
Jangan Memulai Tahun Baru dengan Cara Buruk Ini

Memulai tahun yang baru merupakan momen untuk refleksi diri dan memperbaiki diri agar lebih baik lagi di tahun berikutnya. Sebagian orang pun seringkali membuat resolusi tahun baru yang berisi cita-cita dan harapan untuk tujuan yang lebih baik.

Salah satunya adalah menghindari kebiasaan buruk tahun baru yang sadar maupun tidak dilakukan. Apa saja kebiasaan buruk yang harus dikurangi saat tahun baru? Simak penjelasannya berikut ini:

1 dari 8

1. Terlibat atau Memicu Pertengkaran

Terlibat atau Memicu Pertengkaran
loading

Ya, ini merupakan salah satu kebiasaan buruk saat tahun baru. Apalagi, ketika Anda bertengkar dengan orang terdekat, seperti orang tua, sahabat, atasan, teman satu tim, ataupun pasangan.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari percakapan atau tindakan yang terbilang sensitif, serta tekan ego mau menang  sendiri.

Artikel Lainnya: Rekomendasi Menu Bakar-Bakaran yang Sehat di Tahun Baru

Pertengkaran di awal tahun hanya akan memengaruhi perjalanan hidup Anda selama setahun ke depan kelabu dan itu pasti akan membuat Anda tidak nyaman.

Pertengkaran juga bisa mengganggu fisik Anda. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa Anda alami akibat pertengkaran adalah sakit kepala, sesak napas, sakit perut, hingga yang terburuk, serangan jantung.

2 dari 8

2. Belanja Berlebihan

Belanja Berlebihan
loading

Diskon akhir tahun memang sangat menggiurkan. Kondisi ini sering membuat orang kalap berbelanja. Alhasil, bukannya tahun depan Anda menabung pundi-pundi, malah disibukkan dengan pembayaran cicilan yang bikin Anda kere setiap bulannya.

Lagi pula, dililit banyak utang bisa membuat Anda stres berat. Bukan tak mungkin, hal itu berujung pada gangguan kecemasan. Sayang sekali kan, kalau Anda mengalami hal tersebut hanya karena kalap berbelanja?

3 dari 8

3. Tidak Membersihkan Kulkas

Tidak Membersihkan Kulkas
loading

Membersihkan kulkas, selain berguna untuk menjaga kebersihan kulkas, akan “memaksa” Anda untuk menyortir makanan dan minuman yang sudah tak layak konsumsi lagi, alias sudah kedaluwarsa.

Membersihkan kulkas juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada kulkas dan menghalangi pertumbuhan bakteri yang sewaktu-waktu bisa menyerang kesehatan Anda, khususnya sistem pencernaan.

Selain itu, dengan membersihkan kulkas, Anda pun bisa menyingkirkan beragam makanan dan minuman tinggi gula dan lemak jahat. Pilihan makanan yang akan dikonsumsi pun akan semakin sehat.

Artikel Lainnya: Bahaya Terompet Tahun Baru, Tularkan Penyakit!

4 dari 8

4. Pesta Berlebihan

Ilustrasi Pesta Berlebihan
loading

Tak ada salahnya menutup tahun dan membuka lembaran di tahun yang baru dengan berpesta bersama orang-orang terdekat. Namun, jangan sampai Anda terlalu terlena dengan pesta akhir tahun.

Apalagi, jika Anda sampai mabuk-mabukkan dan mengonsumsi banyak junk food atau makanan tidak sehat lainnya.

Ketika merayakan malam Tahun Baru dengan cara demikian, bisa dipastikan Anda akan melalui hari baru keesokannya dengan kepala pusing, mual, badan tak bugar, dan kesehatan menurun.

5 dari 8

5. Menunda Pekerjaan

Ilustrasi Efek Menunda Pekerjaan
loading

Libur akhir tahun merupakan saatnya Anda rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan yang padat. Bermalas-malasan dan tidak menyentuh pekerjaan saat liburan tentu sah-sah saja.

Namun, jangan sampai kebiasaan tersebut berlanjut terus pada hari-hari berikutnya. Bermalas-malasan dan terus menunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk tahun baru yang perlu Anda hindari.

Ini hanya akan akan menumpuk pekerjaan Anda dengan tenggat yang mendesak dan malah membuat Anda menjadi stres di kemudian hari.

6 dari 8

6. Malas Berolahraga

Malas Berolahraga
loading

Manfaat berolahraga bagi kesehatan tak hanya dapat membuat Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit, tetapi juga “menyehatkan” mental.

Sayangnya, meski sudah tahu manfaat dari olahraga, banyak orang justru mencari alasan untuk malas melakukannya di awal tahun.

Hindari kebiasaan buruk tersebut, dan mulailah untuk rutin berolahraga. Dengan menumbuhkan rutinitas tersebut di awal tahun, pada bulan-bulan selanjutnya, kegiatan ini akan lebih mudah dilakukan.

Artikel Lainnya: Hal yang Wajib Dihindari di Pesta Tahun Baru Saat Pandemi

7 dari 8

7. Konsumsi Makanan Tidak Bergizi

Berkonsultasi dengan Dokter Tentang Makanan Tidak Bergizi
loading

Salah satu kebiasaan buruk yang harus dikurangi saat tahun baru yaitu tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Kadang-kadang, tanpa disadari momen liburan membuat sebagian orang memanfaatkannya dengan makan berlebihan sesuka hati tanpa memperhatikan kandungan gizi makanan yang dikonsumsi.

Makan makanan favorit Anda tentu boleh-boleh saja, tetapi tetap perhatikan kandungan gizinya. Hindari konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan tinggi lemak jenuh agar terhindari dari berbagai risiko penyakit seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Baca Juga

Apapun resolusi tahun baru Anda, bulatkan tekad dan niat untuk menerapkannya sepanjang tahun.

Tidak hanya pada hari-hari pertama di awal tahun saja, termasuk meninggalkan ataupun menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. Anda dapat berkonsultasi masalah kesehatan lainnya lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Puteri Wahyu Safitri

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Ini Alasan Penderita Gagal Jantung Rentan Mengalami Depresi

Info Sehat
31 Des

Ide Resolusi untuk Anak di Tahun Baru

Info Sehat
31 Des

Bahaya Terompet Tahun Baru, Tularkan Penyakit!

Info Sehat
31 Des

Cara Membantu Anak Membuat Resolusi Tahun Baru

Info Sehat
31 Des

Obat Bipolar Disorder Bisa Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Info Sehat
31 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat