Jangan Memulai Tahun Baru dengan Cara Buruk Ini

Oleh Ayu Maharani pada 30 Dec 2018, 13:00 WIB
Anda siap menjelang tahun baru yang tinggal beberapa hari? Sambutlah dengan sikap positif dan jauhi beberapa kebiasaan buruk ini.
Jangan Memulai Tahun Baru dengan Cara Buruk Ini (Ranta-Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bicara soal tahun baru, terkadang orang-orang hanya mementingkan resolusinya saja tanpa memikirkan bagaimana memulai tahun baru dengan cara-cara yang baik. Padahal, jika Anda tidak membuang beberapa kebiasaan buruk tertentu, bisa-bisa tahun 2019 Anda berjalan biasa saja, atau mungkin lebih buruk dari tahun sebelumnya.

Penyebabnya bisa jadi karena Anda memulai tahun baru dengan hal-hal yang justru mengakibatkan masalah bagi Anda. Maka, agar tahun 2019 Anda berjalan dengan harmonis, sehat dan produktif, hindari beberapa cara buruk di bawah ini, seperti dilansir Reader’s Digest.

  • Memulai tahun baru dengan sebuah pertengkaran

Ya, ini merupakan salah satu cara terburuk untuk memulai tahun baru. Apalagi jika Anda bertengkar dengan orang yang dekat dengan Anda, seperti orang tua, sahabat, atasan, teman se-tim, ataupun pasangan.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari percakapan atau tindakan yang terbilang sensitif dan tekan ego Anda untuk menang  sendiri. Pertengkaran di awal tahun hanya akan memengaruhi perjalanan hidup Anda selama setahun ke depan kelabu dan itu pasti akan membuat Anda tidak nyaman. Pertengkaran juga bisa mengganggu fisik Anda. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa Anda alami akibat pertengkaran adalah sakit kepala, sesak napas, sakit perut, hingga yang terburuk, serangan jantung.

  • Memulai tahun baru dengan belanja berlebihan

Diskon akhir tahun memang sangat menggiurkan. Kondisi ini sering membuat orang kalap berbelanja. Mengutip Reader’s Digest, orang Amerika bahkan menambah utang kartu kredit mereka minimal 1.003 US $ atau lebih dari 14 juta rupiah. Alhasil, bukannya tahun depan Anda menabung pundi-pundi, Anda malah disibukkan dengan pembayaran cicilan yang bikin Anda kere setiap bulannya! Lagi pula, dililit banyak utang bisa membuat Anda stres berat dan bukan tak mungkin hal itu berujung pada gangguan kecemasan. Sayang sekali, kan kalau Anda mengalami hal tersebut hanya karena kalap belanja?

  • Memulai tahun baru dengan tidak membersihkan kulkas

Membersihkan kulkas selain berguna untuk menjaga kebersihan kulkas juga akan “memaksa” Anda untuk menyortir makanan dan minuman yang sudah tak layak konsumsi lagi, alias sudah kedaluwarsa. Membersihkan kulkas juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada kulkas dan menghalangi pertumbuhan bakteri yang sewaktu-waktu bisa menyerang kesehatan Anda, khususnya sistem pencernaan. Selain itu, dengan membersihkan kulkas, Anda jadi bisa menyingkirkan beragam makanan dan minuman tinggi gula dan lemak jahat.

  • Memulai tahun baru dengan pesta berlebihan

Tak ada salahnya menutup tahun 2018 dan membuka lembaran baru tahun 2019 dengan berpesta bersama orang-orang terdekat. Namun, jangan sampai Anda terlalu terlena dengan pesta akhir tahun. Apalagi jika Anda sampai mabuk-mabukkan dan mengonsumsi banyak junk food. Sebab, jika Anda merayakan malam Tahun Baru dengan cara demikian, bisa dipastikan bahwa Anda akan melalui hari baru Anda keesokannya dengan kepala pusing, mual, badan tak bugar dan kesehatan menurun.

Tahun 2018 beberapa hari lagi akan segera berlalu, dan Anda pun akan memulai tahun baru 2019. Jangan tutup tahun ini sekaligus membuka tahun baru dengan beberapa cara buruk di atas. Tetaplah jaga kesehatan Anda, agar kesehatan Anda di tahun mendatang tetap terjaga.

[RVS]