Daftar Makanan Mentah yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 31 Dec 2018, 09:15 WIB
Pada kelompok tertentu, seperti ibu hamil, konsumsi makanan mentah perlu dihindari karena berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
Daftar Makanan Mentah yang Harus Dihindari Ibu Hamil (George Rudy/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selera makan masyarakat terus berubah. Banyaknya rumah makan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia membuat masyarakat Indonesia terpapar beragam jenis makanan dunia. Salah satunya adalah kebiasaan makan makanan mentah yang kian hari semakin digandrungi. Makanan mentah pada dasarnya dapat dikonsumsi asalkan dapat dipastikan benar-benar bersih. Akan tetapi, pada kelompok tertentu seperti ibu hamil, konsumsi makanan mentah perlu dihindari karena berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Lalu apa saja makanan mentah yang harus dihindari oleh ibu hamil?

  1. Ikan mentah

Ikan mentah terutama kerang dapat menimbulkan beberapa jenis infeksi. Infeksi tersebut bisa disebabkan virus, bakteri, atau parasit, seperti Norovirus, Kolera, Salmonella, dan Listeria. Infeksi ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami mual/muntah serta diare. Akibatnya, ibu hamil menjadi lemah akibat dehidrasi.

Bakteri seperti Listeria yang terdapat pada ikan mentah juga dapat masuk ke janin dalam kandungan melalui plasenta sehingga dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, bayi meninggal dalam kandungan, serta masalah kesehatan lain. Itulah alasan mengapa ibu hamil tidak dianjurkan memakan ikan atau kerang mentah yang biasanya terdapat pada sushi.

  1. Daging mentah

Mengonsumsi daging mentah selama kehamilan juga tidak dianjurkan. Mengapa? Daging mentah dapat mengandung beberapa jenis bakteri dan parasit yang berbahaya bagi ibu hamil, terutama toksoplasma.

Toksoplasma dapat masuk dalam bentuk telur yang menempel pada rerumputan yang dimakan oleh hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, dan kerbau. Telur tersebut kemudian menetas dan membentuk kista pada daging hewan tersebut.

Kista Toksoplasma dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui konsumsi daging yang tidak matang dan kemudian dapat menyebar ke janin melalui plasenta. Hal ini dapat menyebabkan berbagai kelainan pada janin seperti kelainan pada sistem saraf dan mata.

  1. Sayuran mentah

Sama seperti daging mentah, mengonsumsi sayuran mentah selama kehamilan juga meningkatkan risiko terinfeksi berbagai jenis bakteri dan parasit, terutama toksoplasma. Telur toksoplasma yang dikeluarkan melalui kotoran kucing dapat menempel di tanah, lalu menempel pada sayur-sayuran. Jika tidak dicuci bersih, telur toksoplasma dapat masuk ke dalam tubuh ibu hamil melalui sayur mentah yang dikonsumsinya. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan ibu dan janin.

  1. Telur mentah

Hati-hati dengan anggapan telur mentah lebih sehat daripada telur yang dimasak. Ini merupakan anggapan yang keliru. Justru sebaliknya, ditinjau dari sudut pandang kesehatan, telur matang lebih sehat dibandingkan telur mentah. Hal itu karena telur mentah dapat terkontaminasi dengan Salmonella.

Salmonella dapat menyebabkan masalah selama kehamilan, seperti demam, mual hingga muntah, perut keram, dan diare. Pada kasus yang jarang, infeksi Salmonella juga dapat menyebabkan kontraksi rahim sehingga mencetuskan kelahiran prematur atau kematian janin. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi telur mentah selama hamil.

  1. Susu mentah

Agar aman dikonsumsi, susu harus diolah dengan cara pasteurisasi atau dengan pemanasan ultraviolet untuk membunuh mikroorganisme dalam susu mentah. Beberapa bakteri seperti Listeria, Salmonella, E. Coli, Campylobacter, bahkan Micobacterium bovis dapat ditemukan dalam susu mentah.

Jika dikonsumsi tanpa melalui pengolahan, bakteri ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, baik pada ibu maupun janin.

Salah satu masalah kesehatan yang paling ditakutkan terjadi akibat mengonsumsi susu mentah adalah penyakit tuberkulosis usus yang disebabkan oleh Micobacterium bovis yang terdapat dalam susu mentah.

Nah, kini Anda telah mengetahui sederat makanan mentah yang harus dihidari oleh ibu hamil. Jadi, bagi Anda ibu hamil, jangan konsumsi makanan-makanan mentah di atas agar gangguan kesehatan pada diri dan bayi di kandungan dapat dihindari.

[HNS/RVS]