Tips Atasi Badan Lemas di Hari Pertama Tahun Baru

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 01 Jan 2019, 08:00 WIB
Badan lemas bisa terjadi pada hari-hari pertama tahun baru. Cari tahu cara mengatasinya agar Anda tetap bersemangat.
Tips Atasi Badan Lemas di Hari Pertama Tahun Baru (Gpointstudio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hari pertama tahun baru, kondisi yang sering kali dirasakan adalah badan menjadi lemas. Ini mungkin karena aktivitas begadang menyambut pergantian tahun. Anda harus tahu tips mengatasi badan lemas agar hari pertama Anda di tahun yang baru menjadi lebih semangat.

Menjalani hari pertama di tahun baru harusnya lebih semangat, ini seperti slogan "hari baru, semangat baru". Akan tetapi, kenyataannya, hari pertama tahun baru sering diawali dengan kondisi lelah, mengantuk, dan tidak bersemangat karena aktivitas di malam pergantian tahun.

Badan lemas sering kali dirasakan, ditambah sedikit pusing dan rasa kantuk yang tidak hilang. Kondisi itu sangat merugikan, padahal aktivitas lainnya sudah menanti di tahun yang baru, seperti bekerja.

Berikut beberapa tips menghilangkan badan lemas di hari pertama tahun baru:

  1. Kurangi konsumsi makanan manis

Saat pergantian tahun, lebih baik hindari makanan manis. Ini karena makanan manis mengandung gula dari karbohidrat sederhana yang sangat mudah diserap tubuh.

"Akibatnya, kadar gula darah dapat tiba-tiba naik dan kemudian akan cepat turun kembali. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa lemas dan cepat lapar," ujar dr. Fiona Amelia dari KlikDokter.

Disarankan, Anda lebih baik bila mengutamakan konsumsi makanan berserat seperti sayur, buah, dan polong-polongan, agar kadar gula darah tetap stabil.

  1. Perhatikan kecukupan cairan dalam tubuh

Ini jelas, jika Anda dehidrasi Anda akan lemas. Sering kali, ketika Anda begadang menyambut pergantian tahun, Anda lupa minum.

“Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu pula bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi,” ujar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Bila dirasa perlu, Anda bisa mengonsumsi cairan yang mengandung elektrolit seperti air kelapa murni.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Sempatkan tidur siang

Tidur siang sangat bagus untuk mengusir rasa lelah. Ini bisa Anda lakukan sebelum pergantian tahun atau sesudahnya. Menurut dr. Fiona, durasi tidur siang sebaiknya tidak lebih dari 1,5 jam. Anda juga bisa melakukan power nap, yakni tidur singkat selama 15–20 menit. Power nap bisa memberikan dorongan energi dalam waktu singkat dan meningkatkan fokus.

  1. Mengonsumsi sumber protein yang baik

Pada sebuah penelitian di Korea, mengonsumsi makanan tinggi protein seperti ikan, daging, telur, dan polong-polongan dua kali sehari dapat mencegah badan lemas. Jadi, agar metabolisme dan energi tubuh tetap terjaga dengan baik, masukkan makanan tinggi protein ke dalam menu makanan Anda pada malam pergantian tahun.

  1. Istirahat cukup

Pastikan Anda mendapat tidur yang cukup juga. Jangan sampai kurang. "Jangan begadang, kalau terpaksa begadang, pastikan Anda tidur cukup hari-hari setelahnya," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, saat dikonfirmasi.

Tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang. Sebagai siasat, Anda dapat mencoba tidur siang terlebih dahulu sebelum malam pergantian tahun.

  1. Batasi konsumsi minuman berenergi

Saat perayaan seperti malam tahun baru, konsumsi Anda terhadap segala sesuatu jadi tidak terkontrol. Salah satu yang mungkin Anda konsumsi adalah minuman berenergi supaya bisa melek sepanjang malam. Nyatanya, itu berbahaya dan membuat badan lemas.

Menurut dr. Fiona, minuman ini memang dapat memberikan ekstra energi karena tinggi kafein dan gula. Hanya saja, Anda juga dapat mengalami rebound fatigue, yakni rasa lemas saat efek kafein dan gula sudah hilang.

Dalam dosis sedikit, konsumsi minuman berenergi di sore hari dapat mengganggu tidur malam dan menyebabkan badan lemas keesokan harinya. Lebih baik Anda kurangi konsumsinya atau tak mengonsumsinya sama sekali supaya badan tidak lemas keesokan harinya.

Nah, itulah beberapa cara agar Anda tidak mengalami kondisi badan lemas di hari-hari pertama tahun baru. Cara-cara yang dipaparkan di atas, dapat  membantu Anda untuk tetap bugar pada awal tahun 2019. Selanjutnya, jalankan pola hidup sehat, agar Anda senantiasa bugar sepanjang tahun 2019.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓