Tips Usir Sakit Kepala Usai Begadang di Malam Tahun Baru

Oleh Ayu Maharani pada 01 Jan 2019, 10:00 WIB
Akibat begadang di malam Tahun Baru, saat bangun tidur Anda akan disambut sakit kepala. Jangan khawatir, ini cara mengusirnya.
Tips Usir Sakit Kepala Usai Begadang di Malam Tahun Baru (Antonio Guillem/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru tentunya sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi jika dirayakan bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Begadang pun dilakoni, asyik bercengkrama hingga dini hari. Akibatnya, ketika bangun tidur, Anda bisa disambut sakit kepala. Jangan sampai sakit kepala mengganggu aktivitas pertama Anda di tahun 2019. Segera usir sakit kepala dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

Kenapa begadang bisa sebabkan sakit kepala?

Saat seseorang begadang, itu berarti dia kekurangan waktu tidurnya. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, benar adanya bahwa kurang tidur dapat memicu timbulnya sakit kepala akibat tekanan darah yang meninggi. Lagi pula, kurang tidur biasanya juga dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih stres. Seperti yang telah Anda ketahui, stres bisa memengaruhi tingkat tekanan darah seseorang.

Turut menambahkan, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter juga mengatakan, kurang tidur dapat menyebabkan Anda mengalami migrainn dan sakit kepala tipe tegang. Migrain berarti sakit kepala yang dirasakan berdenyut pada satu sisi, sedangkan sakit kepala tipe tegang dirasakan seperti adanya tekanan di kepala bagian belakang serta otot kaku.

Tips mengatasi sakit kepala usai begadang

Jika Anda bisa mengenali jenis sakit kepala yang dirasakan akibat begadang, penanganannya pun akan lebih mudah. Adapun beberapa cara yang efektif untuk mengatasi permasalah tersebut antara lain:

  • Mencukupi waktu istirahat

Ini merupakan cara utama yang paling simpel dan efektif. Bila penyebab timbulnya sakit kepala adalah kurangnya waktu tidur akibat begadang, maka Anda harus mengganti kekurangan waktu tidur tersebut dengan tidur nyenyak.

Supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik, kondisikan kamar tidur Anda senyaman mungkin dengan membuatnya remang-remang (lebih baik lagi jika gelap), sunyi, dan bila perlu pasang aromaterapi untuk melegakan pernapasan. Sebelum tidur, Anda juga bisa mandi air hangat supaya badan lebih terasa relaks, Anda pun jadi lebih cepat terlelap.

  • Kompres air hangat

Cara yang satu ini cocok untuk Anda yang mengalami sakit kepala tipe tegang. Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, jika sehabis begadang kepala terasa sakit dan otot juga menegang, yang Anda butuhkan adalah kompres air hangat di bagian yang terasa bermasalah.

“Cara ini dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang sakit dan melemaskan otot-otot yang tegang,” jelas dr. Alvin.

  • Kompres air dingin

Nah, jika yang dialami adalah sakit kepala sebelah alias migrain, dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter merekomendasikan Anda untuk mengaplikasikan kompres dingin pada dahi selama 15 menit. Sebab, melakukan kompres dingin pada kepala bisa mengurangi efek denyutan dan nyeri dari migrain.

  • Hindari makanan yang bisa memperburuk rasa sakit kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala, dr. Anita menyarankan untuk tidak memperburuk kondisi sakit tersebut dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung monosodium glutamat (MSG). Sebab, pada sebagian orang, MSG bisa menimbulkan rasa nyeri di kepala, apalagi jika konsumsi makanan ber-MSG tersebut ditemani minuman beralkohol.

Saat sedang sakit kepala, konsumsilah sup hangat tanpa MSG, buah-buahan, dan banyak minum air putih agar sakitnya mereda.

  • Minum obat penghilang rasa nyeri

Jika sakit kepala yang Anda alami cukup parah dan cenderung ke arah migrain, Anda bisa minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek seperti parasetamol atau ibuprofen. Setelahnya, pastikan untuk istirahat cukup, ya!

  • Lakukan terapi pijat

Jika Anda ingin menghilangkan rasa sakit kepala usai begadang sekaligus ingin merelaksasikan otot tubuh yang kaku, coba, deh, terapi pijat.

“Dengan melakukan terapi pijat, peredaran darah akan jauh lebih lancar dan otot-otot yang kaku penyebab sakit kepala bisa dilemaskan,” kata dr. Anita.

Jangan sampai sakit kepala mengganggu aktivitas Anda pada hari pertama di tahun yang baru. Ikuti tips mengusir sakit kepala usai begadang seperti yang dijabarkan di atas. Tahun yang baru, saatnya memulai semuanya dengan tubuh lebih sehat dan bugar.

[RN/ RVS]