Minum Kolagen Kunci Kulit Awet Muda?

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 31 Des 2018, 17:01 WIB
Ya, salah satu kunci penting agar kulit senantiasa awet muda adalah dengan mencukupi asupan kolagen.
Minum Kolagen Kunci Kulit Awet Muda? (Nick-Starichenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kolagen adalah protein penting untuk menjaga jaringan dan tulang tetap kuat. Khususnya untuk kulit, kolagen dapat memberikan kulit struktur dan elastisitas, yang membuat kulit tampak sehat dan awet muda.

Kadar kolagen alami di dalam tubuh tiap orang berbeda-beda. Jumlahnya dipengaruhi pertambahan usia dan gaya hidup. Jika kulit mulai terlihat kusam, muncul kerutan dini, badan sering lemas, atau bahkan nyeri sendi, ini saatnya Anda harus waspada. Bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan kolagen.

“Di kulit, kolagen bekerja menjaga elastisitasnya, sehingga kulit terhindar dari kerutan dan sifat kusam. Tak hanya itu, kolagen juga memegang peran krusial dalam proses regenerasi kulit, sehingga setiap sel kulit mati akan segera tergantikan dengan sel muda yang jauh lebih sehat,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter menjelaskan.

Kandungan kolagen dalam tubuh kita menurun sebanyak 1,5 persen setiap tahun mulai usia 25, sehingga diperlukan bantuan asupan dari luar untuk membentuk kolagen dalam tubuh. Anda bisa menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pembentuk pembentukan kolagen.

Tren minum minuman kolagen

Salah satu upaya meningkatkan asupan kolagen adalah mengonsumsi minuman kolagen (collagen drinks). Beberapa waktu belakangan, minuman kolagen banyak dikonsumsi orang-orang yang mendambakan kulit yang tampak awet muda. Namun, apakah cara ini aman dan efektif?

Dilansir dari Healthline, ternyata tubuh Anda memiliki kendali minim atas asupan kolagen dalam bentuk minuman atau suplemen sejenis. Lambung dan usus kecil Anda bisa salah kaprah dalam mendefinisikan asupan protein berupa kolagen lewat metode ini.

Tidak banyak asam amino sebagai esensi utama kolagen yang didapat dari minuman atau suplemen tersebut. Pada kondisi tertentu, tubuh Anda bahkan tidak dapat mengetahui kandungan khusus dari kolagen yang bisa saja dianggap sebagai protein biasa.

Sebetulnya ada banyak penelitian yang mengkaji khasiat kolagen untuk kulit, dengan temuan yang berbeda-beda. Meski demikian, penelitian-penelitian tersebut melibatkan tikus atau babi sebagai percobaan - bukan kulit manusia.

Tak hanya itu, suplemen seperti minuman kolagen ini sering kali menggunakan bahan-bahan lain. Artinya, jangan terlalu yakin bahwa kolagen yang dikonsumsi bisa membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan. Terlebih lagi, ada 28 jenis kolagen, dan tak semuanya dapat membantu Anda mendapat kulit awet muda.

Sebetulnya ada pula penelitian konsumsi suplemen kolagen. Namun, penelitian-penelitian tersebut diinisiasi oleh produsen, sehingga hasilnya mungkin saja bias.

1 of 2

Memaksimalkan kolagen dari sumber alami

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk membeli minuman kolagen. Anda bisa mendapatkannya dari sumber alami. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda di atas usia 25 tahun, Anda disarankan mengonsumsi beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh, yakni:

1. Protein tanpa lemak

Penuhi asupan kolagen alami Anda dari protein tanpa lemak seperti dada ayam dan daging merah. Sebab, selama proses pencernaan, protein akan dipecah menjadi asam amino yang disusun kembali menjadi kolagen.

2. Kacang polong

Secangkir kacang polong bisa menghasilkan setidaknya 8 gram protein. Anda bisa mengolahnya menjadi pesto sebagai saus pasta, menambahkannya pada sup, nasi, atau campurkan pada salad Anda.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung vitamin A, C, serta seng yang bisa meningkatkan produksi kolagen di tubuh Anda.

4. Kaldu tulang

Mengonsumsi sup dari kaldu tulang, lalu ditambah dengan daging tanpa lemak dan sayuran seperti wortel, Anda bisa mendapatkan sumber kolagen dengan rasa yang lezat.

“Langkah lain yang tak kalah penting adalah mencegah kerusakan kolagen. Caranya adalah dengan menghindari pemicunya. Bila usia merupakan faktor yang tak dapat dicegah, maka kebiasaan merokok, paparan ultraviolet, dan konsumsi gula berlebih harus dihindari,” dr. Dyan menambahkan.

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kolagen. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Menjaga kadar kolagen dalam tubuh adalah kunci penting kulit senantiasa tampak awet muda dan sehat. Daripada mengandalkan minuman kolagen yang masih belum jelas efektivitasnya secara medis, lebih baik penuhi kebutuhan kolagen dari sumber makanan alami yang tentunya lebih aman dan sehat!

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓