5 Asupan Tidak Sehat Ini Bikin Anda Cepat Mati!

Oleh Ayu Maharani pada 31 Dec 2018, 19:08 WIB
Hati-hati, cita-cita Anda memiliki umur panjang bisa sirna gara-gara konsumsi asupan tidak sehat berikut ini.
5 Asupan Tidak Sehat Ini Bikin Anda Cepat Mati! (Sam-Wordley/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Panjang umur dengan kondisi kesehatan yang relatif baik bisa jadi hal yang kini sulit diwujudkan. Pasalnya, sekarang Anda hidup di dunia yang serba instan dan lebih mengutamakan rasa serta kuantitas, termasuk soal makanan dan minuman yang terkadang masuk ke dalam kategori asupan tidak sehat.

Alhasil, bukannya sehat sampai usia senja, justru tak sedikit generasi milenial yang sudah terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, diabetes, hingga kanker di usia mudanya.

Di luar masalah faktor keturunan, makanan dan minuman tak sehat yang sering dikonsumsi, beberapa asupan berikut ini berisiko membuat Anda cepat mati:

1. Makanan tinggi garam

Sebagai orang Indonesia, sesi makan pasti akan terasa sangat tidak nikmat jika berhadapan dengan makanan hambar alias kurang garam. Maka, kebiasaan untuk menambahkan garam atau penyedap ke dalam makanan menjadi sukar dihilangkan.

Tapi tahukah Anda, terlalu banyak mengonsumsi natrium dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, stroke, bahkan kanker lambung? Lebih dari itu, dilansir dari Reader’s Digest, makanan yang tinggi kadar garamnya pun dapat mempercepat proses penuaan sel-sel tubuh. Sehingga, Anda jadi mudah mengalami peradangan dan sukar untuk sembuh dari suatu penyakit.

2. Makanan dan minuman tinggi gula

Tak cuma makanan yang tinggi garam saja yang bikin Anda rentan berumur pendek, tapi makanan dan minuman berkadar gula tinggi pun punya efek yang sama, sekalipun yang digunakan adalah gula alami.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Heart Association melaporkan, sering mengonsumsi minuman manis dapat meningkatkan risiko kematian dini.

Studi tersebut menunjukkan, orang dewasa yang minum 700 ml minuman manis dalam sehari, berisiko dua kali lipat meninggal akibat penyakit arteri koroner dibandingkan dengan orang yang jarang minum minuman manis. Bahkan, kecanduan minuman manis juga berdampak pada penuaan sel, sehingga bisa memendekkan umur Anda hingga empat setengah tahun!

1 of 2

Selanjutnya

3. Makanan tinggi lemak jahat

5 Asupan Tidak Sehat Ini Bikin Anda Cepat Mati! (Pixel-Shot/Shutterstock)
5 Asupan Tidak Sehat Ini Bikin Anda Cepat Mati! (Pixel-Shot/Shutterstock)

Kalau Anda hobi mengonsumsi makanan yang berlemak baik seperti salmon, kacang almond, ataupun alpukat, tentu tak jadi masalah. Yang bahaya adalah bila Anda gemar mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jahat yang tinggi seperti gorengan, pizza, aneka kue, keripik, daging merah berlemak, dan makanan berminyak serta berlemak jahat lainnya.

Meskipun biasanya makanan yang berlemak itu nikmat, tapi lemak jahat alias lemak trans menurut American Heart Association bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Jadi mulai sekarang, kurangi konsumsi makanan yang digoreng dengan teknik deep fried.

Apalagi jika minyak yang digunakan adalah minyak jelantah. Bila memungkinkan, hindari tambahan mentega pada makanan berlemak Anda atau ganti penggunaan minyak goreng dan mentega tersebut dengan minyak zaitun agar lebih sehat.

4. Makanan yang dibakar

Nah, makanan yang satu ini sangat identik dengan tradisi menyambut Tahun Baru. Sebab, rata-rata orang merayakan pergantian tahun dengan pesta barbeque. Dikutip dari Reader’s Digest, makanan yang dibakar atau dipanggang mengandung karsinogenik yang sangat tinggi.

Daging yang dibakar pada suhu tinggi menciptakan zat penyebab kanker yang dikenal sebagai heterocyclic aromatic amines dan polycyclic aromatic hydrocarbons muncul.

Sedangkan, meski setiap orang memiliki takdir dan ketahanan tubuh yang berbeda terhadap sel kanker, umumnya penderita kanker memiliki usia harapan hidup yang lebih pendek.

5. Daging olahan berpengawet

Hampir setiap orang menyukai daging olahan seperti sosis, kornet, dan smoked beef. Selain karena rasanya enak, cara menghidangkannya pun terbilang sangat praktis.

Tapi sayangnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, sering mengonsumsi daging olahan seperti itu berkaitan dengan risiko kematian dini.

Penelitian yang melibatkan lebih dari setengah juta orang di Amerika itu menemukan bahwa orang yang makan daging olahan berpengawet 72 persen lebih berisiko untuk meninggal akibat penyakit jantung. Dan sisanya, berisiko meninggal akibat kanker.

Berbagai asupan tidak sehat di atas bisa membuat Anda berumur pendek. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsinya. Memang, sulit rasanya untuk tidak makan daging bakar, terutama di malam Tahun Baru. Tapi setidaknya, Anda bisa memulai untuk menguranginya dan mengimbanginya dengan banyak minum air putih serta banyak makan sayur dan buah. Selain itu, masak makanan dengan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓