Tips Rambut Sehat Meski Sering Pakai Helm

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 02 Jan 2019, 16:00 WIB
Meski Anda sering pakai helm, jangan khawatir, Anda masih bisa memiliki rambut sehat. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan.
Tips Rambut Sehat Meski Sering Pakai Helm (Adam-Gregor/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang setiap hari harus memakai helm karena harus berangkat kerja dengan memakai kendaraan bermotor, penting untuk memperhatikan kesehatan rambut dengan lebih saksama. Apalagi jika Anda jarang mencuci helm, hal ini bisa membuat rambut lepek hingga menyebabkan kulit kepala Anda gatal-gatal. Menyadari kondisi ini, banyak pengendara motor yang lalu mengaitkan helm dengan kerontokan rambut.

Jika Anda ingin rambut tetap sehat meski sering mengenakan helm, Anda dapat mewujudkannya dengan tips sederhana di bawah ini:

1. Menjaga kebersihan helm

Sebagai upaya merawat rambut, Anda juga harus merawat helm dengan baik. Bersihkan helm secara teratur, terutama bagian dalamnya, sehingga tidak menumpuk debu atau kotoran terlalu banyak. Simpan helm Anda di tempat yang bersih, luas, dan sejuk saat tidak digunakan.

“Jika terbiasa menggunakan helm atau penutup kepala untuk berkendara atau beraktivitas, Anda juga harus memperhatikan kebersihan helm serta penutup kepala tersebut,” ujar dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

2. Memilih helm yang tepat

Pilihlah helm yang tepat dari segi kelayakan pakai. Mengenakan helm yang terlalu ketat, misalnya, dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang disebut traction alopecia atau kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan helm yang terlalu ketat akan menarik rambut secara konstan ke arah belakang.

Untuk itu, pilihlah helm dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu kencang atau terlalu longgar. Sebelum berkendara, luangkan waktu untuk mengenakan helm secara benar untuk mencegah rambut Anda terlalu tertarik ke belakang.

Berdasarkan kriteria dari U.S. Consumer Product Safety Commission, ciri-ciri helm yang baik dan tepat adalah:

  • Pas: tidak terlalu sempit atau longgar, sehingga tak mudah bergeser dari satu sisi ke sisi lainnya, atau dari depan ke belakang.
  • Datar: membentuk persegi di bagian atas wajah Anda hingga menutupi daerah kening.
  • Stabil: tali pengikat di dagu berfungsi agar helm tetap pada posisi yang benar dan tidak bergeser. Tali pengikat sebaiknya selalu dalam kondisi yang baik, gantilah apabila terjadi kerusakan. Kalau tidak, helm dapat tetap terlepas ketika terjadi kecelakaan.

3. Perhatikan kondisi rambut

Setelah berurusan dengan helm, kini saatnya memikirkan rambut sendiri. Tak sedikit orang yang rutin membersihkan helm, namun masih saja bermasalah pada aspek rambut. Biasanya, hal ini terjadi karena rambut sensitif.

Menurut dr. Dyah, jika Anda terbiasa memakai penutup kepala baik itu hijab atau helm, sebaiknya Anda rutin keramas. Dengan begitu, kulit kepala Anda akan tetap bersih. “Tapi sebelum keramas, pastikan rambut sudah Anda sisir terlebih dahulu. Tujuannya untuk mencegah rambut rontok berlebihan.”

Jika Anda baru saja mencuci rambut, luangkan waktu untuk mengeringkannya atau kering sendiri sebelum mengenakan helm. Hal ini akan mencegah keringat bercampur dengan rambut Anda serta mengurangi kemungkinan masalah rambut lainnya.

Namun, untuk menjaga kesehatan rambut, perawatan dari dalam juga penting seperti mengonsumsi makanan yang bergizi. Rambut membutuhkan asupan gizi seperti protein, besi, vitamin C, omega-3, vitamin A, zink, dan vitamin E. Jadi pastikan Anda mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut secara seimbang.

Mengenakan helm setiap hari bisa bikin rambut mudah lepek dan kulit kepala gatal-gatal. Untuk itu, perhatikan tiga tips yang telah dijelaskan di atas, agar rambut tetap sehat. Jika Anda memiliki masalah rambut yang tak kunjung selesai, apalagi jika diperparah dengan pemakaian helm, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

[RS/ RVS]