5 Tips Bangkitkan Semangat di Kantor Usai Liburan

Oleh Ayu Maharani pada 02 Jan 2019, 16:30 WIB
Anda tak semangat bekerja karena jiwa tertinggal di tempat liburan? Inilah cara bangkitkan semangat di kantor usai liburan!
5 Tips Bangkitkan Semangat di Kantor Usai Liburan (Sellwell/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum bahwa sesuatu yang menyenangkan akan terasa sangat cepat berlalu. Itu terbukti dari libur akhir tahun yang berlalu dengan cepat. Anda pun seakan belum siap untuk kembali ke rutinitas pekerjaan. Akibatnya, semangat rasanya belum terkumpul di hari pertama bekerja usai liburan.

Nah, berikut ini lima tips yang bisa Anda terapkan, untuk membangkitkan semangat di kantor usai liburan panjang.

1. Bawa suvenir favorit dari tempat liburan ke meja kerja Anda

Dilansir dari Inc.com, mengenang perjalanan dapat membawa kesenangan dan semangat yang luar biasa pada diri Anda. Untuk itu, Anda bisa membawa suvenir atau cetakan foto liburan yang paling bagus untuk dipajang di meja kantor.

Hal itu dipercaya bisa mengalirkan perasaan positif kepada diri Anda sekaligus menjadi motivasi yang cukup kuat. Lagipula, saat rindu pada kenangan dari tempat itu, Anda tinggal melirik dan memegang benda kecil di meja kerja Anda. Memori liburan pun tetap terpatri dalam ingatan Anda tanpa harus menurunkan semangat Anda dalam bekerja.

2. Bertukar cerita liburan dengan teman-teman kantor

Salah satu cara yang paling mudah dan cukup efektif dilakukan untuk meningkatkan mood adalah dengan bertukar cerita kepada teman-teman dekat di kantor. Dengan saling berbagi pengalaman berlibur dari yang menyenangkan sampai yang paling buruk, mood akan cenderung meningkat sekaligus memengaruhi kinerja Anda secara maksimal. Bisa juga, lho, sesi sharing pengalaman berlibur itu menjadi landasan Anda bersama teman-teman untuk berlibur bersama ke suatu tempat!

3. Pikirkan bahwa bekerja adalah cara untuk mendapatkan biaya berlibur

Terkadang, Anda lupa bahwa impian Anda berlibur ke suatu tempat yang menarik tidak akan terwujud jika Anda tidak rajin mencari uang alias bekerja. Nah, dengan selalu menekankan bahwa bekerja adalah cara Anda untuk mendapatkan biaya berlibur, dijamin semangat Anda pasti akan muncul kembali.

Bayangkan saja, jika Anda malas-malasan di kantor, otomatis pekerjaan Anda hasilnya tidak akan maksimal, atasan pun tidak puas. Akibatnya, bisa saja, permintaan cuti liburan Anda tidak akan disetujui atasan. Tak cuma itu, kinerja yang buruk bisa membuat Anda diputus kontrak. Karena itu, tetaplah bekerja dengan baik sehingga Anda bisa menabung untuk perjalanan seru berikutnya.

1 of 2

Selanjutnya

4. Minum jus tomat untuk mengawali hari pertama bekerja

Mabuk berat akibat meneguk banyak minuman beralkohol di malam pergantian tahun kemarin pasti bikin tubuh Anda lemas tak bertenaga. Kalau kondisi badan sudah seperti itu, jangan harap Anda punya semangat ekstra untuk kembali bekerja di kantor.

Untuk mengembalikan energi dan meredakan efek mabuk alkohol, Anda bisa mengawali hari dengan membuat jus tomat dan menjadikannya minuman sehat sewaktu sarapan. Jus tomat mengandung 95 persen air yang telah terbukti secara ilmiah mampu mengurangi efek mabuk minuman beralkohol. Lebih dari itu, tomat juga kaya akan vitamin C dan memiliki cita rasa asam yang menyegarkan sehingga Anda bisa lebih “melek” dan bersemangat untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin Anda.

5. Tidurlah lebih cepat sepulang kerja

Anda baru tiba di rumah kemarin malam dari berlibur, padahal keesokan harinya sudah harus bekerja? Tidak heran jika Anda terserang kondisi badan lemas dan tak semangat bekerja hari ini karena kurang istirahat. Rasa ingin berlibur lagi ditambah dengan rasa lelah akibat kurang tidur bisa membuat Anda cenderung stres keesokan harinya. Karena itu, usai pulang kerja, sebaiknya Anda mengganti waktu istirahat yang hilang dengan tidur lebih awal sepulang kerja.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, supaya tidur Anda lebih berkualitas, kondisikan kamar Anda senyaman mungkin dengan cara meredupkan lampu, menonaktifkan segala gadget, dan jangan lupa berdoa sebelum tidur. Dengan begitu, keesokan harinya pasti Anda akan lebih semangat untuk menjalani hari.

Atmosfer liburan memang terasa menyenangkan, tapi ini bukan alasan Anda tak bisa move on dari liburan. Jika Anda tidak memiliki jeda satu hari untuk me-restart tubuh dan pikiran sebelum kembali bekerja, kelima cara di atas bisa membantu Anda. Yuk, bangkitkan semangat di kantor usai liburan. Dengan demikian, Anda bisa kembali bersemangat untuk bekerja dan lebih produktif dalam berkarya.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓