9 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Oleh dr. Nabila Viera Yovita pada 06 Jan 2019, 09:00 WIB
Biasanya orang makan sebelum olahraga sebagai carbo-loading agar tidak mudah lelah. Tapi sebaiknya, hindarilah konsumsi makanan berikut ini.
9 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Olahraga (Maridav/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Aktivitas olahraga membutuhkan volume darah yang cukup banyak untuk dipompa demi menunjang kerja otot, sehingga olahraga Anda pun menjadi lebih bersemangat. Untuk mendukung kekuatan tubuhnya, para atlet biasanya mengonsumsi makanan tertentu.

Namun, tak semua makanan bisa dikonsumsi. Karena sederet jenis makanan di bawah ini sudah pasti akan dihindari menjelang sesi latihan atau olahraga.

1. Kacang-kacangan

Kacang sulit dicerna dikarenakan adanya karbohidrat berupa rafinosa yang pada usus bagian bawah akan difermentasikan oleh bakteri dan menghasilkan gas karbon dioksida, metana, atau hidrogen. Produksi gas tersebutlah yang bisa menyebabkan Anda buang angin berlebihan saat berolahraga.

2. Sayuran dari famili Cruciferae

Seperti brokoli, bok choy, kubis, kembang kol, walaupun sangat sehat dan mengandung komponen antikanker, memiliki kandungan sulfur, sayuran tersebut dapat menghasilkan gas pada sebagian orang, yang berbau seperti bau telur busuk.

3. Produk susu

Susu dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Namun, jika Anda sensitif atau intoleran terhadap laktosa sebaiknya menghindari susu dan keju lembut sebelum olahraga dikarenakan dapat memicu kram perut.

4. Makanan tinggi lemak dan gorengan

Hindari burger, kentang goreng, serta pizza, dikarenakan lemak jenuh dapat bertahan di saluran cerna dan sulit diproses, yang akan menyebabkan kembung, kram perut, serta BAB cair. Kondisi ini akan sangat mengganggu momen olahraga Anda nantinya.

5. Minuman berkarbonasi

Soda dan bir akan menyebabkan perut kembung, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, gangguan pencernaan, serta buang angin berlebihan. Tidak ada yang menginginkan hal ini saat kelas yoga.

6. Alkohol

Tidak hanya karena memiliki kandungan diuretik, alkohol juga memicu dehidrasi dan menekan oksidasi lemak, sehingga menghambat Anda mencapai target komposisi tubuh ideal. Berolahraga di bawah pengaruh alkohol rentan menyebabkan cedera.

7. Jus buah 100 persen

Jus buah kaya akan fruktosa, suatu bentuk gula yang tidak dapat dicerna secara cepat dan dapat menyebabkan kram perut, terutama mereka dengan sindrom iritasi usus besar maupun yang sensitif terhadap fruktosa. Ada baiknya jus buah dikonsumsi sebagai bagian dari makan besar atau minimal satu jam sebelum atau setelah berolahraga untuk menghindari tubuh dari dehidrasi.

8. Makanan pedas

Walaupun sebagian orang dapat berolahraga setelah mengonsumsi makanan pedas, jenis makanan ini sebenarnya menstimulasi pencernaan dan juga dapat menyebabkan mulas serta naiknya asam lambung ke kerongkongan hingga terasa di dada. Jadi, akan lebih baik hindari makanan pedas 24 jam sebelum olahraga.

9. Makanan pencuci mulut

Kue kering maupun basah, donat, serta es krim masuk ke dalam daftar makanan yang harus dihindari sebelum olahraga karena kandungannya yang kaya akan lemak, minyak, krim, serta gula.

1 of 2

Makan ini jika lapar dan akan berolahraga

Setelah makan berat seperti sarapan dan makan siang, sisakan waktu 3 jam tanpa makan berat lagi sebelum berolahraga. Satu jam sebelum berolahraga, Anda diperbolehkan mengonsumsi makanan ringan yang mengandung protein, tinggi karbohidrat dan rendah lemak.

Jenis makanan tersebut dapat membantu performa Anda saat berolahraga serta membantu pemulihan setelahnya. Contohnya adalah makanan seperti:

  • Oatmeal dengan buah beri
  • Buah seperti pisang
  • Roti gandum yang dioles tipis dengan selai kacang
  • Yoghurt atau alternatif produk non-susu lainnya jika intoleran
  • Cottage cheese dan biskuit
  • Segelas susu atau alternatif non-susu lainnya jika intoleran.

Jadi, memang ada beberapa makanan dan minuman seperti yang telah dijelaskan di atas yang harus dihindari sebelum Anda menjalankan olahraga karena disinyalir dapat mengganggu metabolisme selama berolahraga. Jika Anda memang membutuhkan asupan, perhatikan jenis asupan dan waktu mengonsumsinya sesuai anjuran di atas. Dengan demikian, Anda pun dapat menjalankan olahraga dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓