Payudara Gatal, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Oleh Rieke Saras pada 07 Jan 2019, 14:15 WIB
Payudara gatal biasa dialami wanita, dan tidak selalu membahayakan. Ini lima penyebab umum dan cara menanganinya.
Payudara Gatal, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya (Emily Frost/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Payudara gatal termasuk hal yang umum dan tidak berbahaya. Anda pun bisa mengatasinya sendiri dengan mudah di rumah. Tapi jika disertai ruam, nyeri, bengkak, kemerahan, dan berlangsung selama berminggu-minggu, Anda patut mencurigainya sebagai kondisi kesehatan lainnya, seperti peradangan kanker payudara atau penyakit Paget.

Apabila gatal pada payudara terjadi tanpa ruam dan keluhan lainnya yang mengganggu, kondisi tersebut dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini, seperti dilansir Healthline:

  • Payudara membesar

Kehamilan dapat membuat payudara lebih besar, sehingga kulit di sekitar payudara meregang yang kemudian memicu rasa gatal. Formasi sel dan kelenjar ASI yang terjadi selama kehamilan juga berkontribusi terhadap rasa gatal pada payudara. Selain itu, perubahan hormon saat pubertas dapat membuat payudara lebih besar dan terasa gatal.

  • Kulit kering

Jika kulit di sekitar payudara Anda kering, gatal akan rentan menyerang. Kulit kering bisa terjadi secara alamiah – alias muncul bersama dengan kondisi kulit kering – akibat    penggunaan produk kulit yang tidak cocok, atau paparan sinar matahari yang berlebihan.   

  • Mastitis

Mastitis, atau infeksi payudara, sering dikaitkan dengan ibu hamil. Padahal wanita yang tidak menyusui juga bisa mengalaminya. Kondisi ini bisa menyebabkan payudara terasa nyeri, kemerahan, terasa hangat, dan gatal. 

  • Reaksi alergi

Reaksi alergi pada kulit dapat menimbulkan gatal-gatal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh produk-produk seperti sabun, detergen pakaian, deodoran, parfum, dan kosmetik. Sering kali reaksi alergi diikuti dengan ruam atau kemerahan pada kulit, tapi tidak selalu.

  • Biang keringat

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan berkeringat dapat membuat kulit mengalami biang keringat sehingga menyebabkan gatal-gatal. Paparan udara yang panas juga dapat mengakibatkan biang keringat.

Cara mengurangi gatal pada payudara

Payudara gatal yang tidak disertai ruam dan keluhan mengganggu lainnya cenderung disebabkan oleh kelima hal di atas. Kabar baiknya, Anda dapat meminimalkan rasa gatal tersebut dengan cara-cara berikut ini:

  • Pilihlah bra yang nyaman dan suportif, seperti bra berbahan katun. Hindari renda dan bahan sintetik lainnya.
  • Jangan menggaruk bagian kulit yang gatal karena bisa memperparah kondisi gatal pada bagian tersebut.
  • Gunakan sabun yang lembut saat mandi. Setelah mandi, pastikan bagian bawah payudara kering sempurna sebelum memakai bra.
  • Minimalkan paparan sinar matahari, karena suhu panas dapat menambah rasa gatal.
  • Jika gatal-gatal dipicu oleh reaksi alergi, cobalah beralih ke produk yang dirancang untuk kulit sensitif, lalu lihat apakah gejala Anda berkurang setelahnya. Hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate. Anda juga dapat membeli obat antihistamin yang bisa dibeli bebas di apotek-apotek.
  • Bila gatal-gatal disebabkan oleh mastitis ringan, dapat ditangani dengan antibiotik menurut rekomendasi dokter. Namun jika tidak membaik dalam kurun waktu seminggu, harap periksakan lagi ke dokter.

Mengalami payudara gatal, walau dipicu oleh hal-hal yang tak berbahaya, sebenarnya merupakan pengingat yang baik agar Anda lebih menjaga kesehatan dan melakukan deteksi dini (seperti mammogram). Jika penanganan di rumah belum berhasil meredakan gatal, lebih baik periksakan ke ahlinya untuk didiagnosis lebih lanjut. Apabila gatal-gatal berlangsung lebih dari beberapa hari atau berminggu-minggu, terasa intens, bengkak, nyeri, dan kemerahan, jangan tunda juga untuk periksa ke dokter. 

[RS/ RVS]

Je RingJe Ring

kenapa terasa panas di bawah payudara