Ingin Kulit Wajah Cantik dan Sehat? Ikuti Rutinitas Ini

Oleh Ruri Nurulia pada 08 Jan 2019, 11:00 WIB
Perlu upaya ekstra agar kulit wajah selalu cantik dan sehat. Sebisa mungkin, jangan melewatkan rutinitas perawatan wajah ini.
Ingin Kulit Wajah Cantik dan Sehat? Ikuti Rutinitas Ini (MIRRORstudio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang setidaknya punya satu masalah kulit wajah yang butuh perawatan ekstra, misalnya wajah cenderung berjerawat, ada bercak cokelat, kulit kering atau kulit berminyak. Untungnya, sebagian besar masalah estetika pada wajah bisa dikendalikan dengan melakukan rutinitas perawatan kulit wajah dengan pemilihan produk yang tepat. Jika ingin kulit cantik dan sehat, jangan sampai absen melakukan rutinitas kecantikan ini.

  • Pagi hari

Meski rutinitas kecantikan pada pagi hari bergantung pada jenis kulit, tapi semua orang setidaknya harus mengikuti empat langkah ini, yaitu:

  • Pembersihan (cleanse)
  • Mengaplikasikan produk yang mengandung bahan aktif alias active ingredients
  • Menghidrasi
  • Menambahkan perlindungan dari sinar matahari.

Jika kulit Anda berminyak, bersihkan wajah pada pagi hari dengan sabun pembersih berbusa (foaming cleanser) untuk menghilangkan kelebihan minyak yang terakumulasi saat tidur pada malam hari. Jika wajah sudah bersih, aplikasikan serum yang sesuai dengan kondisi kulit.

“Pilihlah serum bertekstur ringan yang tinggi akan kandungan bahan aktifnya, seperti antioksidan. Bahan aktif tersebut dapat dengan mudah menembus permukaan kulit dan bekerja di lapisan kulit dalam,” kata Jessica Weiser, M.D., dermatolog dari New York Dermatology Group, Amerika Serikat (AS), kepada Shape.

Terburu-buru? Jika bangun kesiangan dan tak ada waktu untuk melakukan empat langkah di atas, persingkat dengan menyemprotkan facial mist agar kulit segar. Selanjutnya aplikasikan SPF. Ya, menggunakan SPF sebelum ke luar rumah itu wajib hukumnya!

  • Malam hari

Rutinitas yang tak boleh Anda lewatkan di malam hari adalah menghilangkan rias wajah. Dr. Neal Schultz, M.D., dermatolog ternama asal AS merekomendasikan Anda untuk menggunakan mild cleanser dan toner untuk menyiapkan kulit wajah untuk langkah perawatan selanjutnya.

“Selanjutnya, oleskan produk berbahan dasar asam glikolat (glycolic acid) tingkat rendah untuk mengoptimalkan eksfoliasi, sehingga pelembap yang akan Anda pakai akan bisa diserap lebih baik,” lanjut Dr. Neil.

Lanjutkan dengan pemakaian serum malam (atau serum yang Anda gunakan pada pagi hari), lalu lapisi dengan pelembap. Pelembap pada waktu ini harus bertekstur lebih tebal daripada pelembap Anda pada pagi hari, sehingga dapat “mengunci” khasiat produk-produk yang sebelumnya dipakai, sembari meregenerasi kulit. Langkah terakhir adalah dengan mengaplikasikan krim mata.

Terburu-buru? Jika rasanya tak sanggup melakukan semua langkah tersebut, setidaknya bersihkan wajah dari riasan. “Hal yang tak boleh Anda lewatkan demi kesehatan kulit pada malam hari adalah dengan membersihkannya dari makeup dan kotoran yang menempel di wajah. Anda bisa menggunakan makeup remover,” tambah Dr. Neil.

1 of 3

Selanjutnya

  • Sebelum berolahraga

Tak banyak yang tahu bahwa penting untuk membersihkan riasan dari wajah sebelum berolahraga. Ini penting untuk mencegah penyumbatan pori-pori dari keringat dan kotoran yang menempel saat olahraga.

“Pertimbangkan untuk menggunakan micellar water karena bisa secara efisien membersihkan rias wajah tanpa menghilangkan kelembapan,” saran Jessica. Cara pakainya mudah, teteskan micellar water ke kapas secukupnya, lalu oleskan merata ke wajah sebelum berangkat ke gym atau memulai olahraga.

Terburu-buru? Jika tak sempat karena keterbatasan waktu atau tak punya kapas, siapkan selalu tisu pembersih wajah (cleansing atau makeup removing wipes) praktis untuk saat-saat “darurat” seperti ini.

  • Setelah berolahraga

Setelah berolahraga, keringat dan penumpukan minyak dapat menimbulkan jerawat jika tidak segera dibersihkan. Jika tak sempat mandi setelah berolahraga, paling tidak cuci bersih wajah. Anjuran Jessica, bersihkan wajah secara lembut dengan air dingin dan sabun wajah ringan (mild) untuk menghilangkan keringat dan kotoran.

Terburu-buru? Anda bisa menggunakan cleanser, toner, atau makeup remover. Bahkan, sudah ada beberapa produk yang menawarkan ketiganya (3-in-one).

  • Saat cuaca panas

Pada cuaca panas, kulit cenderung tersumbat dan dapat menimbulkan noda. Sehingga, penting untuk melakukan eksfoliasi 2-3 kali per minggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Cuaca panas dapat membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum. Karenanya, gunakan pelembap bertekstur ringan untuk menjaga permukaan kulit terhidrasi dengan baik tanpa menyumbat pori-pori. Satu hal yang paling penting, pemakaian tabir surya makin dibutuhkan, sehingga jangan sampai keluar rumah tanpa mengaplikasikannya.

Terburu-buru? Kulit akan berminyak jika di luar panas dan terik. Jika tak punya banyak waktu, Anda bisa lewatkan pelembap, tapi jangan sampai lupa tabir surya untuk mencegah kulit terbakar, kerutan, dan bintik hitam.

2 of 3

Selanjutnya (2)

  • Saat cuaca dingin

Ini akan berguna ketika Anda bepergian ke negara yang sedang diselimuti musim dingin. “Ketika cuaca dingin dan kelembapan rendah, kelembapan kulit mudah ditarik dari permukaan, membuat kulit rentan terhadap iritasi, kemerahan, dan kekeringan,” kata Jessica. Ia menyarankan untuk menggunakan pembersih dalam bentuk gel atau krim (bukan busa atau eksfoliator) agar tidak menghilangkan minyak alami.

Jika perlu tambahkan lapisan pelindung hidrasi ekstra dengan kandungan hyaluronic acid atau produk yang kaya akan kandungan ceramide tiap pagi dan malam.

Terburu-buru? Bawa pelembap ke mana saja, pakai tiap kulit tampak kering. Hindari penggunaan kosmetik seperti foundation atau bedak, mengingat keduanya dapat membuat kulit tampak kering. Selalu aplikasikan pelembap tiap pagi dan malam hari.

  • Saat akhir pekan

Manfaatkan akhir pekan Anda untuk memanjakan kulit. Dikatakan oleh Dr. Neil, Minggu sore adalah waktu yang baik untuk me-refresh kulit, sekaligus mempersiapkan kulit untuk menghadapi hari-hari sibuk. Berikan wajah relaksasi dengan mengaplikasikan masker.

Mulailah dengan membersihkan dan eksfoliasi kulit, lalu aplikasikan masker wajah yang punya kandungan menutrisi (nourish) dan dapat melindungi kulit dari kerusakan.

Terburu-buru? Misalnya harus mengurus keperluan rumah tangga atau ada undangan pernikahan, pakailah sheet mask karena praktis. Tinggal buka kemasan dan pasang sheet mask di wajah. Meski anjuran untuk mendiamkannya di wajah adalah 15 menit, tapi sebetulnya manfaatnya sudah bisa didapatkan setelah 5-10 menit.

  • Rutin cek ke dokter kulit

Ini penting sebagai langkah antisipasi kanker kulit (misalnya jika Anda menemukan bercak atau tahi lalat baru di kulit). Setidaknya kunjungi dokter kulit setahun sekali. Ketika periksas ke dokter kulit, jangan terburu-buru. Sampaikan segala keluhan seputar kulit yang Anda alami sedetail mungkin.

Beragam rutinitas untuk perawatan kulit wajah di atas sangat berguna untuk menjaga agar kulit selalu cantik dan sehat. Jadi, jangan hanya mengandalkan cuci muka. Upayakan juga untuk melakukan rutinitas kecantikan wajah yang dijabarkan di atas, lalu kombinasikan dengan pola makan sehat, olahraga rutin, dan istirahat cukup agar kesehatan dan kecantikan efeknya pada kesehatan dan kecantikan kulit bisa maksimal.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓