8 Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Anak

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 08 Jan 2019, 14:40 WIB
Ingin kebutuhan serat anak terpenuhi setiap hari? Ini 8 makanan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk diberikan padanya.
8 Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Anak (Tatevosian-Yana/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Asupan serat sangat diperlukan oleh tubuh, baik pada orang dewasa maupun anak. Hal ini karena serat berperan penting untuk menjaga kesehatan serta untuk memperlancar sistem pencernaan.

Sayangnya, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, 9 dari 10 anak Indonesia yang berusia di bawah 10 tahun mengalami kekurangan serat, menurut data Kementerian Kesehatan RI.

“Meski terkesan sepele, serat merupakan hal yang penting bagi kesehatan anak. Studi membuktikan bahwa anak yang kurang asupan serat lebih mudah mengalami sembelit dan obesitas,” ujar dr. Resthie, menambahkan penjelasan.

Makanan untuk penuhi kebutuhan serat

Merujuk pada rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP), setiap anak mesti mengonsumsi serat sebanyak usianya ditambah 5 gram. Jadi, jika anak Anda berusia 5 tahun, maka kebutuhan serat minimalnya adalah sebesar (5+5) gram, yaitu 10 gram.

Berikut beberapa makanan yang merupakan sumber serat terbaik bagi kesehatan:

1. Oatmeal

Mulailah pagi hari anak Anda dengan semangkuk oatmeal yang mengandung sekitar 4 gram serat per cangkir. Anda dapat menjadikannya sebagai makanan favorit anak dengan menambahkan bumbu, seperti kayu manis, sirup mapel, dan kismis dalam takaran seimbang.

2. Apel

Apel mengandung 3,6 gram serat dalam porsi kecil. Biasakan konsumsi apel setiap hari dan lihat perbedaannya pada buah hati Anda. Ketika si Kecil bosan, Anda bisa mengolah apel dalam bentuk lain, misalnya dijus. Ingat, tak perlu ditambahkan gula!

3. Wortel

Wortel sering dihindari oleh anak, karena rasanya yang membosankan. Padahal, selain kaya vitamin A, wortel juga mengandung sejumlah serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna anak.

4. Pisang

Pisang identik dengan buah mengandung karbohidrat dan potasium yang mampu menyuplai tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Padahal, tak cuma itu, pisang juga mengandung 3,1 gram serat, lho!

5. Roti gandum

Roti gandum memiliki rata-rata kandungan 2 gram serat per iris, meski ada juga yang mengandung 3 gram bahkan lebih. Anda dapat menyajikan roti gandum berlapis selai kacang dan jelly untuk waktu makan siang si Kecil.

6. Buah beri

Ragam buah beri mengandung manfaat sehat untuk tubuh. Raspberry misalnya, mengandung 4 gram serat untuk setiap setengah porsi. Sementara itu, bluberi dan stroberi bersaing pada angka masing-masing 1,8 serta 1,5 gram serat.

7. Pir

Bisa dibilang bahwa buah pir adalah rajanya buah-buahan dalam hal serat. Sebab, pir utuh berukuran sedang saja bisa mengandung 5,5 gram serat. Rutin sajikan buah ini pada anak Anda demi kesehatan saluran cerna yang lebih baik.

8. Ubi jalar

Sebanyak satu porsi ubi jalar mampu menyediakan 3,8 gram serat yang baik untuk anak Anda.

Ketika anak tidak suka dengan makanan tinggi serat yang disajikan, Anda perlu mengolah dan menyajikannya supaya lebih menarik.

“Anda bisa membuat puding, sate buah-buahan, atau salad buah untuk memotivasi si Kecil mengonsumsi buah yang kaya serat. Anda juga dapat membuat makanan dalam bentuk bento yang lucu supaya anak penasaran untuk mencoba makanan tersebut,” tutur dr. Resthie.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan serat si Kecil agar kesehatan saluran cerna miliknya tetap sehat setiap saat? Jangan lupa untuk memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan supaya manfaatnya benar-benar dirasakan.

[NB/ RVS]