Kenali 6 Tanda Anda Mulai Jatuh Sakit

Oleh Ayu Maharani pada 09 Jan 2019, 15:40 WIB
Merasa tidak enak badan, tetapi ragu apakah yang Anda alami hanya kelelahan biasa atau sakit? Coba perhatikan tanda-tanda berikut ini.
Kenali 6 Tanda Anda Mulai Jatuh Sakit (Rawpixel.com/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bersyukurlah jika Anda termasuk pribadi yang tidak mudah sakit meskipun memiliki segudang kesibukan dan diterpa cuaca tak menentu seperti sekarang ini. Tapi, tetap saja Anda tak boleh terlalu terlena dengan kondisi tersebut. Sebab, ada kalanya sistem kekebalan tubuh melemah dan penyakit pun tidak bisa dihindari.

Sebagai orang yang jarang sakit, terkadang Anda mengabaikan tanda-tanda penurunan kualitas kesehatan dan cenderung melakukan aktivitas seperti biasa. Padahal, jika dibiarkan seperti itu, kondisi akan semakin menurun dan proses penyembuhan justru akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

Oleh sebab itu, kenalilah berbagai tanda jatuh sakit berikut ini, yang dilansir dari Reader’s Digest. Dengan mengetahuinya, Anda dapat melakukan upaya pengobatan lebih awal dan masa pemulihan pun menjadi lebih cepat.

1. Kurang bersemangat dan sensitif

Tanda-tanda sakit tak cuma datang dari perubahan fisik saja, tetapi juga mental. Biasanya, ketika kondisi tubuh sedang tidak beres, Anda cenderung mudah kesal dan cepat sedih. Selain itu, Anda pun malas untuk melakukan aktivitas Anda gemari sekalipun.

Saat sakit, biasanya Anda malas pergi jalan-jalan, ingin cepat rebahan di tempat tidur, malas makan, malas berbicara dengan keluarga atau sahabat, hingga malas membersihkan diri. Selain itu, Anda pun menjadi lebih sensitif dan mudah marah, namun semangat untuk beraktivitas positif malah turun.

Kalau sudah begitu, Anda perlu waspada. Sebab, bisa jadi Anda mengalami gejala depresi ringan yang biasanya dialami oleh seseorang yang sedang sakit.

2. Adanya perubahan nafsu makan

Jika Anda terserang gastroenteritis, mungkin Anda akan selalu merasa kenyang meskipun belum makan atau hanya makan porsi yang sangat kecil. Namun, bila Anda cenderung tidak memiliki nafsu makan dan tidak bisa menikmati rasa makanan yang biasanya Anda anggap lezat, mungkin saja Anda mengalami gejala influenza, seperti pilek hingga radang tenggorokan.

3. Mengalami demam

Salah satu cara termudah untuk melihat apakah Anda sakit atau tidak adalah dengan mengukur suhu tubuh. Ya, demam merupakan gejala dari sebagian besar penyakit dan menandakan bahwa Anda harus beristirahat penuh.

Saat Anda mengalami batuk pilek tetapi tidak disertai dengan demam, bisa dikatakan bahwa flu yang Anda derita tidak terlalu parah. Sedangkan kalau batuk pilek itu disertai dengan demam, berarti sakit flu yang Anda alami lumayan mengkhawatirkan. Sebab, demam yang terlampau tinggi juga bisa menghilangkan kesadaraan seseorang dan berakibat fatal jika tidak segera diatasi.

1 of 2

Selanjutnya

4. Perut terasa tidak nyaman

Terkadang, rasa mual bukanlah sekadar gejala masuk angin biasa. Mual bisa saja menandakan bahwa ada yang tak beres di saluran pencernaan Anda, terutama lambung. Dan jika tidak segera diatasi dengan obat yang sesuai dan juga perubahan pola hidup yang lebih baik, kondisi lambung bisa bertambah parah.

Selain mual, kondisi seperti kram perut dan diare juga menandakan bahwa kondisi tubuh Anda sebenarnya sedang tidak baik. Misalnya, ketika perut Anda terasa kram, nyeri, dan sekujur tubuh terasa ngilu usai melahap makanan tertentu, bisa jadi Anda mengalami keracunan makanan. Jika terjadi demikian, biasanya diare pun akan menyerang.

5. Berkeringat secara berlebihan

Ketika Anda banjir keringat padahal tidak sedang berolahraga, tubuh Anda sebenarnya sedang bertempur dengan infeksi, entah itu infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Jika mengalaminya, Anda mesti waspada. Banjir keringat tanpa sebab yang pasti bisa menandakan munculnya beberapa penyakit, seperti masalah gula darah, penyakit jantung, penyakit paru-paru, efek samping obat, hingga kanker.

Meski demikian, bagi Anda yang sudah memasuki masa-masa menopause, kondisi ini adalah yang wajar. Jadi, tak perlu cemas saat mengalaminya.

6. Selalu merasa kedinginan

Ketika yang lain mengenakan baju yang biasa-biasa saja saat berada di ruangan yang sama dengan Anda, sedangkan Anda mengenakan jaket tebal karena menggigil kedinginan bahkan hingga terasa ngilu di badan, artinya Anda sedang sakit. Jika dibiarkan, rasa dingin tersebut akan berubah menjadi demam dan membuat kondisi tubuh Anda semakin lemas tak bertenaga.

Jadi, itulah enam tanda bahwa Anda mulai jatuh sakit. Saat tanda-tanda di atas muncul, sebaiknya Anda rehat sejenak dari segala aktivitas yang melelahkan dan membuat stres, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam melakukan pengobatan. Atur lagi pola hidup Anda menjadi lebih sehat untuk meminimalkan kekambuhan datang kembali.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓