Bukan Hanya Tulang, Gigi Juga Bisa Keropos - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Bukan Hanya Tulang, Gigi Juga Bisa Keropos

Seperti halnya tulang, gigi juga bisa mengalami keropos saat tidak dirawat dengan baik. Kenali penyebab gigi keropos dan cara mengatasinya.
Bukan Hanya Tulang, Gigi Juga Bisa Keropos

Klikdokter.com, Jakarta Bukan hanya tulang, gigi pun bisa keropos. Gigi keropos bisa terjadi ketika lapisan enamel yang berfungsi sebagai pelindung gigi mengalami kerusakan. Enamel adalah lapisan terluar dari gigi dan merupakan jaringan terkeras dalam tubuh manusia. 

Lapisan enamel gigi yang rusak dapat memicu timbulnya lubang pada gigi. Bila dibiarkan tanpa perawatan, gigi lama-kelamaan akan habis karena keropos.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda tentu harus mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi gigi keropos. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1 dari 3

Penyebab Gigi Keropos

Penyebab Gigi Keropos
loading

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab gigi keropos, yaitu: 

  1. Kebersihan Gigi yang Kurang Baik

Kurangnya menjaga kebersihan gigi, dapat menyebabkan timbulnya plak di gigi. Plak merupakan lapisan lengket berwarna bening yang terdiri dari sejumlah bakteri.

Bila plak tersebut tidak segera dibersihkan, lama-kelamaan bakteri yang terdapat di dalam plak akan menghasilkan asam secara terus-menerus. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab gigi keropos dan gigi berlubang

  1. Konsumsi Makanan Atau Minuman yang Bersifat Asam

Gigi keropos juga dapat disebabkan oleh makanan dan minuman asam. Terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam dapat menyebabkan bakteri di rongga mulut berkembang biak. Lapisan pelindung gigi juga bisa terkikis.

Apalagi bila kondisi tersebut dibarengi dengan Anda yang tidak rutin melakukan pembersihan gigi.

Artikel Lainnya: Gigi Rapuh, Tanda Penyakit Kronis?

Tak hanya itu, makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi juga dapat merusak gigi, termasuk menjadi penyebab gigi keropos.

Ketika mengonsumsi makanan manis, bakteri di dalam mulut akan menghasilkan asam. Asam tersebutlah yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi Anda.

  1. Mulut Kering

Dalam istilah medis, mulut kering disebut juga dengan xerostomia. Kondisi ini terjadi ketika produksi air liur berkurang.

Di dalam rongga mulut, air liur berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan gigi dengan cara membersihkan bakteri dan sisa-sisa makanan.

Volume air liur yang terlalu rendah dapat menyebabkan rongga mulut menjadi lebih kering dan memicu kerusakan gigi. 

  1. Penyakit Asam Lambung (GERD)

Paparan asam lambung yang terlalu sering dapat merusak lapisan email gigi sekaligus menjadi penyebab gigi keropos.

Jika tidak segera diatasi, refluks asam dapat menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), yang mengakibatkan cairan asam lambung kembali ke kerongkongan dan masuk ke mulut.

Bila sering terjadi, kemungkinan asam tersebut untuk merusak lapisan pelindung gigi semakin tinggi. 

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan

  1. Gangguan Makan

Gangguan pola makan seperti bulimia merupakan salah satu faktor penyebab gigi keropos. Bulimia adalah kondisi ketika seseorang takut gemuk sehingga sering memuntahkan makanannya. 

Cairan muntahan tersebut mengandung asam yang bersifat korosif sehingga dapat merusak gigi.

  1. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab gigi keropos. Misalnya saja aspirin, antidepresan, dan antihistamin.

Obat-obatan tersebut memiliki efek samping yang dapat menghambat produksi air liur, sehingga mulut menjadi kering dan rentan memicu pengeroposan gigi. 

  1. Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk ternyata dapat membuat kesehatan gigi dan mulut menjadi terganggu. Contoh kebiasaan buruk tersebut yaitu merokok, mengonsumsi alkohol, dan menggeretakkan gigi (bruxism). 

2 dari 3

Cara Mengatasi Gigi Keropos

Cara Mengatasi Gigi Keropos
loading

Untuk menuntaskan masalah gigi keropos, dokter gigi akan melihat penyebabnya terlebih dahulu. Setelahnya, dokter gigi juga akan menyarankan cara-cara berikut untuk mengatasi gigi keropos

  • Sikat Gigi dengan Pasta Gigi Ber-fluoride

The American Dental Association (ADA) merekomendasikan penggunaan pasta gigi ber-fluoride. Pasta gigi ini bisa membantu mencegah dan mengatasi gigi keropos.

Kandungan fluoride-lah yang berperan dalam mencegah kerusakan gigi dan memperkuat gigi Anda. Gigi pun tidak rentan kehilangan mineral di masa mendatang.

Artikel Lainnya: Gigi Mendadak Sakit padahal Tidak Bolong, Kenapa ya?

  • Tingkatkan Kalsium dan Vitamin

Mineral, seperti kalsium dan fosfat, membantu membentuk kembali email gigi bersama dengan tulang dan dentin. Kandungan tersebut juga mencegah kerusakan gigi atau gigi berlubang.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung kalsium serta vitamin.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selain dapat mengurangi demineralisasi, konsumsi air putih juga berguna untuk membilas mulut setelah mengonsumsi asupan asam atau manis. 

Tak hanya itu, air putih dapat membantu menghilangkan zat-zat berbahaya dari tubuh.

  • Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Untuk mengatasi gigi keropos, salah satu caranya dengan mengunyah permen karet bebas gula. 

Permen karet dapat membantu produksi air liur untuk membilas asam yang terbentuk pada mulut setelah makan. Jadi, kunyahlah permen karet bebas gula setelah makan. 

  • Rutin ke Dokter Gigi

Untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada gigi, lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. 

Namun, bila sudah terdapat tanda-tanda kerapuhan pada gigi Anda, segeralah periksakan diri ke dokter gigi, tak perlu menunggu hingga enam bulan kemudian.

Baca Juga

Gigi yang keropos tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri Anda. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan gigi dan mulut agar Anda terhindar dari berbagai masalah gigi, termasuk gigi keropos.

Konsultasi masalah kesehatan gigi dan mulut lebih mudah dengan menggunakan fitur Live Chat dari Klikdokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Tika Prana Pramita, Sp. KG

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Erosi Gigi pada Penderita GERD

Info Sehat
26 Okt

Waktu yang Tepat bagi Anak untuk Mulai Sikat Gigi

Info Sehat
26 Okt

Panduan Flossing Gigi yang Baik dan Benar

Info Sehat
12 Okt

Manfaat Kulit Pisang untuk Memutihkan Gigi, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
08 Sep

Daftar Obat yang Berisiko Menyebabkan Kerusakan Gigi

Info Sehat
24 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat