3 Solusi Ampuh untuk Ibu Menyusui yang Hilang Nafsu Makan

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 10 Jan 2019, 17:00 WIB
Bukan tidak mungkin ibu menyusui kehilangan nafsu makan. Bila hal ini terjadi pada Anda, lakukan kiat-kiat berikut ini.
3 Solusi Ampuh untuk Ibu Menyusui yang Hilang Nafsu Makan (Halfpoint/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi ibu menyusui, nutrisi melalui asupan makanan sehat adalah kunci produksi ASI yang berkualitas. Namun terkadang, nafsu makan ibu yang menyusui bisa saja berkurang atau bahkan hilang bila mengalami  berbagai hal. Kondisi ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab, kehilangan nafsu makan pada ibu menyusui bisa berdampak bagi produksi ASI yang nantinya berpengaruh terhadap kesehatan bayi.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, selama menyusui, terutama pada masa pemberian ASI eksklusif, seorang ibu membutuhkan tambahan hingga 400–500 kalori per hari agar tidak kekurangan energi.

Bila dijumlahkan dengan kebutuhan dasar, jumlah kebutuhan kalori seorang ibu menyusui bisa mencapai 2000–2500 kalori per hari. Jumlah ini dapat terpenuhi lewat asupan makanan bergizi setiap harinya.

Meski apa yang Anda makan saat menyusui tak berdampak secara langsung kepada si Kecil yang mengonsumsi ASI, namun kualitas gizi ibu tetaplah memengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan.

Lalu, bagaimana jika ternyata ibu kehilangan nafsu makan di tengah kondisi menyusui?

Kehilangan nafsu makan saat periode menyusui

Ketika ibu menyusui kehilangan nafsu makan, maka ibu akan kehilangan kalori yang dibutuhkan sebagai sumber energi saat menyusui agar produksi ASI lancar. Apalagi jika hilangnya nafsu makan terjadi pada saat bayi baru lahir yang biasanya menyusui setiap 2 jam sekali, badan ibu yang menyusui akan kelelahan.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, kehilangan nafsu makan adalah suatu hal yang tidak biasa. Kondisi ini harus mendapat perhatian khusus dan harus dicari tahu apa yang menjadi penyebabnya.

"Cari tahu kondisi ibu, apakah sedang sakit, stres, mengalami ketidaknyamanan, atau kelelahan, sehingga kehilangan nafsu makan," ujar dr. Atika saat dikonfirmasi.

Satu hal lagi yang perlu dicari tahu soal ibu menyusui, menurut dr. Atika, kehilangan nafsu makan bisa diakibatkan oleh adanya penyakit mag yang diderita ibu menyusui, sehingga ada perasaan tidak “enak” untuk makan.

Dalam kondisi tersebut, yang harus pertama kali dilakukan adalah tangani lebih dulu setiap penyebabnya. Ketika penyebabnya sudah diketahui lewat pemeriksaan dokter, biasanya akan lebih mudah mencarikan solusi bagi ibu menyusui untuk mengembalikan nafsu makannya.

1 of 2

Tips mengatasi kehilangan nafsu makan saat menyusui

Selain dengan melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan dari dokter, ketika Anda kehilangan nafsu makan saat menyusui, lakukanlah langkah-langkah berikut ini agar nafsu makan Anda kembali normal, dan kualitas ASI pun kembali prima.

1. Konsumsi vitamin

Bisa jadi, kekurangan nafsu makan yang Anda alami disebabkan oleh kurangnya kandungan vitamin di dalam tubuh. Dalam hal ini, Anda para ibu menyusui bisa mengonsumsi suplemen atau susu khusus untuk melengkapi kebutuhan vitamin harian.

2. Meminta dukungan dari keluarga

Ibu yang menyusui juga butuh dukungan penuh dari keluarga untuk menghindari risiko stres dan depresi. Dalam hal ini, suami atau anggota keluarga lainnya dapat membantu meringankan pekerjaan ibu menyusui, misalnya membantu membereskan rumah, mencuci baju, atau menggendong anak yang sedang menangis.

3. Sampaikan keluhan Anda pada pasangan

Perhatian dari pasangan di kala ibu menyusui sedang susah makan adalah hal yang wajib dilakukan. Sebab, biasanya saat kehilangan nafsu makan, suasana hati ibu menyusui sedang kacau.

Sampaikan kepada pasangan tentang keluhan yang Anda rasakan, dan minta ia untuk membantu menyediakan makanan, entah dengan memasak atau membeli di luar. Pastikan juga makanan yang Anda konsumsi adalah menu yang sehat dan bergizi.

Untuk memenuhi kebutuhan kalori yang meningkat, suami bisa menyediakan banyak sayur-sayuran dan buah-buahan untuk ibu menyusui seperti bayam dan pepaya sebagai sumber kalori yang rendah lemak, kaya akan vitamin, mineral, serta serat.

Selain itu, arahkan pasangan Anda untuk menyediakan juga makanan yang kaya protein, zat besi, dan kalsium seperti telur, daging tanpa lemak, dan produk susu seperti keju atau yoghurt.

Selama menyusui, Anda tentunya membutuhkan asupan yang tepat agar ASI yang dihasilkan juga berkualitas. Itulah sebabnya nutrisi sangat penting bagi ibu menyusui. Namun, bila nafsu makan hilang, cobalah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat. Sebagai tindakan pendukung, lakukan juga kiat-kiat di atas untuk mempercepat nafsu makan Anda kembali seperti sedia kala, agar bisa kembali menyusui buah hati Anda.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓