Manfaat Mengoleskan Minyak Telon pada Bayi

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 11 Jan 2019, 15:00 WIB
Mengoleskan minyak telon pada bayi menjadi praktik yang mungkin pernah Anda lakukan sebelumnya. Tahukah Anda apa saja manfaatnya?
Manfaat Mengoleskan Minyak Telon pada Bayi (Tomsickova-Tatyana/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Minyak telon dan bayi sudah seperti suatu kesatuan yang rasanya tidak bisa dipisahkan. Minyak esensial tersebut memang sering dijadikan pilihan utama untuk dioleskan ke tubuh bayi, karena disinyalir memiliki beragam efek yang menguntungkan.

Bagi Anda yang belum tahu, minyak telon merupakan campuran dari tiga jenis minyak esensial tumbuhan yang banyak terdapat di alam Indonesia. Campuran tersebut adalah minyak kayu putih (62%), minyak kelapa (22%), dan minyak adas atau jintan (16%). Persentase dari masing-masing minyak tersebut dapat sedikit bervariasi pada tiap produk yang dijual bebas di pasaran.

Manfaat minyak telon pada bayi

Banyak sekali manfaat penggunaan minyak telon pada bayi. Khasiat ini sudah dibuktikan secara turun-temurun dalam tradisi Indonesia, meski belum banyak penelitian kedokteran yang dilakukan mengenai manfaat minyak esensial tersebut.

Minyak telon disebut dapat menghangatkan tubuh bayi, mencegah kembung, mencegah gatal dan iritasi kulit, serta aromanya dapat membuat bayi merasa nyaman. Bahkan, tidak hanya pada bayi, banyak juga orang dewasa yang senang dengan aroma dan kehangatan yang diberikan oleh minyak telon.

Lebih dari itu, manfaat minyak telon ternyata juga menyesuaikan jenis minyak yang menjadi campurannya. Berikut penjelasannya:

  • Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki manfaat untuk memberikan rasa hangat pada tubuh bayi, dengan aroma yang dapat menenangkan bayi. Karena dicampur dengan minyak lainnya, efek minyak kayu putih pada minyak telon tidak sekuat minyak kayu putih murni.

  • Minyak kelapa

Kulit bayi sangat tipis dan mudah sekali kering. Kulit yang kering dapat menyebabkan rasa gatal dan akhirnya di garuk oleh bayi. Garukan berulang mengakibatkan kerusakan kulit bahkan luka. Nah, di sinilah pentingnya peran minyak kelapa pada kulit bayi.

Faktanya, minyak kelapa yang menjadi campuran minyak telon dapat mencegah terjadinya kekeringan pada kulit bayi. Jika dioleskan ke kulit kepala bayi, minyak kelapa juga bisa menyehatkan rambut bayi, lho!

  • Minyak adas atau jintan

Minyak adas dipercaya dapat mencegah dan mengatasi perut kembung, yang cukup sering terjadi pada bayi karena saluran cernanya belum terbentuk sempurna. Aroma minyak adas juga dapat mengurangi rasa mual dan juga menenangkan bayi.

Cara mengoleskan minyak telon pada bayi

Minyak telon sebaiknya dioleskan pada bayi setelah mandi di seluruh tubuh sebanyak 2–3 kali sehari. Hindari mengoleskannya ke area wajah dan kelamin (genital).

 Di saat-saat tertentu, seperti saat perut bayi kembung atau ketika hendak keluar rumah pada suhu udara yang dingin, mengoleskan minyak telon pada kulit bayi juga dapat dilakukan. Sebaiknya, oleskan minyak telon pada bayi disertai dengan pijatan lembut. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi dan merangsang persarafan bayi.

Setelah tahu bahwa minyak telon bisa membawa beragam manfaat sehat, diharapkan Anda tak ragu lagi untuk mengoleskan minyak esensial ini pada bayi. Tetap ingat aturan yang telah dijelaskan, agar si Kecil bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal.

[NB/ RVS]