7 Tips Menenangkan Otak yang Terlalu Aktif

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 12 Jan 2019, 16:30 WIB
Sudah waktunya tidur tapi otak masih saja memikirkan berbagai hal. Pernah merasakannya? Ini tips menenangkan otak yang terlalu aktif.
7 Tips Menenangkan Otak yang Terlalu Aktif (Tommaso79/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap hari harus bergelut dengan pekerjaan yang menumpuk, macetnya jalanan, ditambah adanya hal-hal di luar dugaan membuat otak dipaksa terus bekerja aktif. Bahkan, sampai sudah waktunya tidur, otak masih saja wara-wiri memikirkan berbagai hal, hingga bisa sebabkan insomnia. Jangan biarkan ini terjadi. Ada beberapa tips untuk menenangkan otak yang terlalu aktif.

Jika pikiran masih berkelana sebelum tidur, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk terlelap. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang relaks sampai Anda merasa lelah. Misalnya mandi air hangat, duduk di sofa favorit yang nyaman dan mendengarkan musik yang menenangkan.

Lebih lengkapnya, berikut di bawah ini adalah cara untuk menenangkan otak yang terlalu aktif.

  1. Singkirkan hal-hal yang bisa bikin stres

Hal-hal seperti pekerjaan atau kondisi keuangan bisa bikin otak berputar. Lebih baik urus email atau bayar tagihan keesokan harinya. Jika ingin menonton TV, hindari menonton tayangan bergenre horor, aksi, atau berita nasional maupun internasional. Ini semua bisa membuat Anda kesulitan untuk bersantai. Bila perlu, log out dari media sosial, atau atur smartphone dalam mode silent.

  1. Membuat to-do list

Membalas email klien, orang-orang yang harus ditelepon, membeli keperluan sekolah anak, belanja bulanan—mengingat-ingat hal-hal yang perlu dilakukan keesokan harinya bisa membuat Anda sulit tidur. Daripada memusingkan kepala sendiri, lebih baik buat daftar mengenai apa saja yang perlu Anda lakukan dan selesaikan esok hari. Dengan tertuangnya beban pikiran, Anda akan lebih bisa tertidur dengan cepat.

  1. Biarkan otot relaks

Dengan melepaskan tekanan dari tubuh, Anda akan lebih mudah mengusir berbagai pikiran yang membebani. Cobalah berbaring di permukaan datar, lalu lemaskan tubuh. Tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan. Kemudian, kencangkan tubuh, lalu lemaskan satu per satu. Mulailah dengan jari kaki,  tumit, lutut, paha, perut, dan lain-lain, jadikan kepala yang terakhir.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Bernapas lebih lambat

Teknik pernapasan tertentu dapat membuat tubuh lebih relaks dan pikiran yang terus melaju. Coba lakukan ini: letakkan tangan di jantung, lalu rasakan denyutnya. Tarik napas dalam-dalam selama 4 detik, lalu embuskan secara perlahan. Ulangi hingga Anda bisa merasakan denyut jantung melambat, yang otomatis pikiran pun akan tenang.

  1. Jangan ada perangkat elektronik di kamar tidur

Alasan smartphone, tablet, atau televisi bisa mengacaukan tidur adalah karena terdapat blue light. Cahaya tersebut dapat mengirimkan sinyal ke tubuh untuk menghentikan produksi melatonin, hormon yang mengontrol kapan waktu Anda mengantuk, memberi sinyal ke otak untuk waspada. Tak hanya itu, notifikasi ponsel yang lupa di-silent atau bergetar di meja juga bisa membangunkan Anda. Untuk mencegah semua gangguan tersebut, usahakan untuk menjadikan ruang tidur sebagai zona bebas perangkat elektronik.

  1. Meditasi

Meditasi adalah cara ampuh untuk menenangkan pikiran. Jika Anda baru berlatih meditasi, akan sangat membantu jika Anda bisa menemukan titik fokus. Itu bisa berupa suara napas Anda atau kata-kata sederhana yang dikatakan berulang-ulang di kepala seperti, “semua akan baik-baik saja ...”

  1. Yoga

Banyak yang bilang bahwa yoga membuat kualitas tidur mereka lebih baik. Tak perlu gerakan rumit, cobalah pose child pose atau balasana. Caranya, mulailah pada posisi berlutut dengan kedua lutut sedikit melebar. Kemudian, Merangkak ke depan dengan tangan, lengan lurus dan di posisi depan. Selanjutnya, Pertahankan posisi tubuh relaks pada paha dan kening untuk beristirahat di lantai. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang.

Jika Anda punya masalah pada pinggul atau lutut, cobalah corpse pose atau savasana. Caranya, Berbaringlah telentang di atas punggung. Kemudian, Biarkan kaki terpisah dengan kaki sekitar selebar pinggul atau ke tepi bagian luar dari matras. Jari kaki relaks ke arah luar.

Biarkan lengan relaks pada salah satu sisi, telapak tangan menghadap ke depan dalam gerakan tangan menerima. Tarik beberapa hirupan napas panjang melalui hidung dan embuskan keluar dari mulut untuk melepaskan setiap ketegangan yang tertinggal di badan dari dalam pikiran. Bernapaslah pada posisi ini sekurangnya 20 tarikan napas atau lebih lama, sesuai keinginan.

Jika sudah waktunya tidur tapi pikiran masih saja berputar memikirkan berbagai hal seperti tagihan kartu kredit, tenggat pekerjaan, urusan rumah tangga, atau bayar sekolah anak, tentu saja kualitas tidur bisa terganggu. Ini jangan dibiarkan. Cobalah lakukan tips yang dijelaskan di atas untuk menenangkan otak yang masih aktif saat waktunya beristirahat.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓