Tips Tetap Seksi Saat Hamil Muda seperti Aura Kasih

Oleh dr. Nadia Octavia pada 12 Jan 2019, 17:00 WIB
Meski sedang berbadan dua, artis Aura Kasih tetap seksi saat hamil muda. Cari tahu tipsnya di sini.
Tips Tetap Seksi Saat Hamil Muda seperti Aura Kasih (Foto: @aurakasih/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Baru saja resmi menikah dengan Eryck Amaral pada September silam di Thailand, artis Aura Kasih kini sedang mengandung anak pertamanya. Tentu saja pelantun lagu ‘Mari Bercinta’ ini tengah diliputi rasa bahagia. Meski sedang hamil muda, Aura Kasih tetap memancarkan kesan seksi seperti yang selama ini melekat pada dirinya. Anda ingin tetap seksi saat hamil muda seperti Aura Kasih? Ini tipsnya.

Bagi setiap pasangan suami istri yang mendambakan keturunan, kehamilan tentu saja menjadi anugerah yang ditunggu-tunggu. Terlebih lagi jika kehamilan ini merupakan yang pertama, seperti yang tengah dialami Aura Kasih. Banyak perubahan pada tubuh yang terjadi saat seorang wanita sedang hamil. Selain peningkatan berat badan yang signifikan, wanita hamil juga sering kali mengeluhkan nyeri punggung, mudah lelah, dan masih banyak lagi.

Rutin berolahraga

Untuk menyiasatinya, olahraga rutin saat hamil penting untuk dilakukan, tentu dalam porsi dan intensitas yang berbeda dengan perempuan yang tidak mengandung. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Hindari terlalu memforsir diri Anda untuk berolahraga keras saat sedang hamil. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Indikator ringan - sedang adalah Anda masih bisa berbincang-bincang dengan orang lain saat sedang berolahraga. Jika Anda merasa susah bernapas saat sedang berbicara, berarti intensitas olahraga Anda terlalu berat.
  • Jika sebelum hamil Anda tidak pernah berolahraga, hindari berolahraga terlalu berat. Misalnya jika Anda melakukan olahraga aerobik, lakukan dalam durasi singkat terlebih dahulu, yakni sektar 15 menit dalam tiga kali seminggu. Selanjutnya, Anda dapat tingkatkan sesi olahraga 30 menit setiap sesi.
  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan sesudah berolahraga. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kram dan cedera.
  • Hindari melakukan olahraga intensitas berat di luar ruangan saat cuaca sedang panas.
  • Minum air putih yang cukup sebelum, setelah dan saat berolahraga.
  • Jika Anda mengikuti kelas olahraga, pastikan instruktur Anda berkompeten dan mengetahui bahwa Anda sedang hamil.
  • Makan yang cukup sesuai dengan kebutuhan kalori harian saat hamil, terutama jika Anda berolahraga. Namun, selesaikan makan Anda paling tidak 1 jam sebelum mulai berolahraga.
  • Hindari melakukan olahraga yang banyak gerakan melompat-lompat seperti skipping.
  • Hindari olahraga yang membutuhkan kontak fisik, seperti bermain sepak bola atau basket. Hindari juga olahraga yang meningkatkan risiko trauma seperti berkuda atau bersepeda.
  • Segera hentikan kegiatan olahraga jika Anda mengalami keluhan nyeri dada, keluar flek atau perdarahan dari vagina atau kontraksi perut.

Beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan saat hamil antara lain berenang, jalan kaki, sepeda statis, yoga (khusus ibu hamil), dan aerobik intensitas rendah. Aktivitas olahraga ini aman dilakukan saat hamil karena berisiko rendah pada kehamilan dan janin Anda.

Perlu diingat pula bahwa olahraga yang Anda lakukan saat hamil bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk menjaga tubuh Anda tetap fit saat kehamilan. Selain itu berolahraga teratur saat hamil juga dapat mengurangi keluhan nyeri punggung, susah buang air besar, susah tidur, dan memperbaiki postur tubuh Anda.

Anda ingin tetap seksi saat hamil muda seperti Aura Kasih? Berolahraga teratur memang bisa menjadi solusinya. Namun sebelum melakukan olahraga saat hamil, baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan.

[HNS/ RVS]