4 Manfaat Bubuk Kolagen Jika Digunakan Setiap Hari

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 14 Jan 2019, 11:00 WIB
Sudah coba mengonsumsi bubuk kolagen setiap hari? Simak empat manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda.
4 Manfaat Bubuk Kolagen Jika Digunakan Setiap Hari (Luis Echeverri Urrea/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang bermanfaat bagi manusia. Protein ini terlibat dalam struktur organik yang membangun tulang, gigi, sendi, serta otot. Meski begitu, kolagen lebih populer sebagai zat yang berkhasiat bagi kesehatan kulit.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kolagen menyediakan struktur ke kulit yang bekerja sama dengan protein lain bernama elastin. Zat tersebut bermanfaat untuk membuat kulit lebih elastis serta mengembalikan sel yang rusak. Salah satunya adalah penyembuhan luka.

Lantas, dari mana kolagen bisa diperoleh? Dijelaskan oleh dr. Astrid International Journal of Cosmetics memaparkan bahwa makanan mengandung vitamin C adalah salah satu sumber kolagen. Selain makanan, beberapa suplemen tertentu seperti bubuk kolagen juga bisa memberikan manfaat akan kandungan tersebut.

Dilansir dari Prevention, terbiasa mengonsumsi bubuk kolagen ternyata dapat memberikan manfaat khusus bagi tubuh Anda. Apa saja? Berikut adalah empat manfaat rutin mengonsumsi bubuk kolagen.

  1. Memberikan efek kenyang

Dua sendok bubuk kolagen mampu mengisi kebutuhan protein tubuh Anda hingga 20 gram. Bubuk kolagen cenderung tidak memiliki rasa dan dapat larut sepenuhnya dalam cairan. Anda pun dapat menambahkannya pada berbagai macam makanan dan minuman, seperti camilan dan kopi.

  1. Menguatkan sendi-sendi pada tubuh

Beberapa orang yang mengonsumsi bubuk kolagen dinilai mampu merasakan khasiat khusus, antara lain pada kesehatan tulang dan sendi. Sekitar tiga minggu setelah konsumsi bubuk kolagen, mereka yang merasa nyeri pada sendi tubuh akan terbebas dari rasa sakit tersebut.

Tak hanya mengatasi rasa sakit, konsumsi bubuk kolagen juga dapat menguatkan serta menghilangkan kondisi sendi tubuh Anda yang memiliki masalah sendi, terkadang mendengar suara berderak di sendi yang sakit setiap menggerakkannya. Dengan bubuk kolagen, suara ini dapat berangsur hilang.

  1. Meningkatkan kesehatan usus

Bubuk kolagen dipercaya mampu menyembuhkan usus dari kerusakan yang disebabkan konsumsi berbagai macam asupan, khususnya obat antibiotik. Rasa tak nyaman seperti kram perut dan kondisi serupa lainnya pun dapat teratasi.

  1. Kulit yang lebih berseri

Memburuknya kondisi kulit di tubuh serta wajah, seperti bercak, keriput, hingga kusam, mampu diatasi dengan mudah oleh bubuk kolagen. Khasiatnya bahkan mampu menyaingi pelembap kulit yang biasa Anda pakai sehari-hari.

Seiring bertambahnya usia, kolagen pada tubuh Anda semakin berkurang sehingga akan timbul kerut, kusam, dan muncul kantong mata di wajah. Sebagai upaya melawan proses penuaan, bubuk kolagen mampu menjadi solusi ampuh.

Meski begitu, Anda perlu memahami keamanan mengonsumsi bubuk kolagen dengan cara memahami kandungan produknya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk membaca penjelasan kandungan yang biasanya tertera di bagian belakang produk. Pertimbangkan secara bijak, jangan pula mengonsumsinya secara berlebihan.

Sebagai penyeimbang, Anda dapat mengonsumsi makanan alami yang kaya akan kandungan kolagen. Berikut di antaranya:

  • Sayuran hijau tua
  • Asam lemak omega-3
  • Kedelai
  • Buah beri

Jadi, selama Anda mengonsumsi dalam taraf wajar, bubuk kolagen mampu memberikan efek signifikan pada tubuh, terkhusus kulit, Anda. Seperti menjaga kekencangan kulit, penyembuhan luka, serta menghilangkan flek dan kusam di wajah. Namun, jangan lupa seimbangkan asupan harian Anda dengan sumber makanan alami penyedia kolagen ya.

[HNS/ RVS]