Cara Terbaik Atasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 14 Jan 2019, 16:00 WIB
Kulit wajah yang kering dan mengelupas bikin Anda tidak percaya diri? Jangan khawatir, lakukan ini untuk mengatasinya!
Cara Terbaik Atasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas (Roman-Samborskyi/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kulit wajah kerap dijadikan sebagai faktor utama dalam hal penampilan. Tak heran, banyak orang yang tak ingin kulit wajahnya kering dan mengelupas. Apakah Anda salah satu yang juga demikian?

Perlu Anda ketahui, kulit wajah bisa kehilangan kelembapan seiring dengan usia. Tak cuma itu, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter juga mengatakan bahwa udara kering, suhu dingin, cuaca panas, kebiasaan mandi air hangat, dan sering berenang di kolam mengandung klorin juga bisa membuat kulit wajah Anda tampak kering dan mengelupas.

Lantas, harus bagaimana?

Tenang, Anda tidak perlu panik. Sebagai solusi untuk mencegah serta mengatasi kulit wajah yang kering dan mengelupas, berikut beberapa cara yang dilansir dari Prevention dan bisa Anda praktikkan sendiri di rumah:

1. Memilih pembersih yang lembut

Jika kulit tampak sangat kering, Anda disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan mampu menghidrasi. Pastikan pembersih wajah yang Anda gunakan terbebas dari pewangi maupun detergen.  Pastikan pula pembersih wajah yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan, seperti asam hialuronat, gliserin, dan seramida, agar bisa memberikan hidrasi ekstra untuk kondisi kulit yang terlanjur kering dan mengelupas.

2. Gunakan krim pelembap

Carilah krim pelembap yang dapat mengatasi kulit kering serta mengelupas di wajah Anda. Pilihlah krim pelembap dengan tekstur tebal dengan kadar air yang lebih tinggi supaya benar-benar mampu menghidrasi kulit wajah Anda.

Hindari produk yang mengandung alkohol, yang akan berujung pada kulit kering. Sebagai gantinya, pastikan bahwa krim pelembap yang Anda gunakan memiliki kandungan asam hyaluronic, ceramide, lidah buaya, shea butter, urea, oatmeal, dan squalene.

3. Perlakukan kulit dengan baik

Pengelupasan kulit wajah akibat kekeringan bisa jadi adalah upaya tubuh Anda untuk melepas sel-sel kulit mati. Meski begitu, Anda tetap harus hati-hati agar proses ini terus berlangsung secara baik. Ini artinya, Anda sangat tidak dianjurkan untuk menarik secara paksa kulit yang mengelupas. Biarkan berlangsung secara alami

4. Pakai obat khusus

Jika Anda mengalami kondisi lain, seperti peradangan kulit, komedo, atau jerawat, gunakan pembersih berbahan kuat yang mengandung asam salisilat. Pembersih jenis ini bekerja dengan lembut untuk memecah sel-sel kulit dan membuka pori-pori agar tidak tersumbat.

Jika Anda ragu tentang dosis dan cara penggunaannya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

5. Hindari mandir air panas terlalu lama

Mandi air panas lebih dari 15 menit sangat mungkin untuk membuat kulit wajah dan tubuh Anda mengalami kekeringan. Keadaan seperti ini tentu bisa memicu terjadinya kulit kering dan mengelupas.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk menghadapi kulit wajah yang kering dan mengelupas. Jika keluhan menetap atau tak kunjung hilang meski Anda sudah melakukan upaya di atas, jangan tunda untuk berobat ke dokter spesialis kulit.

[NB/ RVS]