Ini Dia 4 Solusi untuk Kulit Belang

Oleh Ayu Maharani pada 14 Jan 2019, 16:45 WIB
Pusing karena sulit mengembalikan kulit belang dan tidak rata ke kondisi semula? Tenang, ini solusi mudah yang bisa Anda terapkan.
Ini Dia 4 Solusi untuk Kulit Belang (Zoom-Team/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mengenakan kaus berlengan pendek dan celana pendek saat beraktivitas di luar rumah ketika matahari sedang terik-teriknya memang terasa asyik. Namun, cara berpakaian yang demikian juga rentan membuat kulit menjadi belang dan tidak rata, apalagi jika Anda tak rutin mengoleskan tabir surya.

Kulit belang dan tidak rata tentu bisa bikin “pusing kepala”. Sebab kondisi tersebut dapat sangat mengganggu penampilan sehingga rasa percaya diri bisa hilang.

Tapi, tenang, Anda tak perlu khawatir berlebihan. Kulit belang dan tidak rata sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang tergolong mudah.

Sebelum itu, Anda perlu tahu bahwa perbedaan warna kulit ditentukan oleh sebuah sel yang disebut dengan melanin. Selain itu, kekuatan paparan sinar matahari juga bisa memengaruhi warna kulit seseorang.

“Warna kulit yang sejatinya secara genetik tidak terlalu gelap pun dapat berubah karena paparan sinar matahari,” tutur dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Nah, untuk mengembalikan kondisi kulit yang sebelumnya diubah oleh sinar matahari, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Berobat ke dokter kulit

Kunjungi dokter kulit agar Anda mendapatkan obat yang mengandung alfa dan beta hydoxy acid (glycolic acid), vitamin A, vitamin C, serta bahan-bahan lain yang dapat mengelupas kulit.

“Penggunaan hidrokuinone juga sering dijadikan pilihan untuk mengatasi warna kulit yang tidak rata,” kata dr. Vita.

Ya, hidrokuinone bekerja dengan cara memblokir enzim yang berhubungan dengan produksi melanin dan akhirnya bisa mencerahkan kulit. Sementara itu, krim hidrokuinone biasanya juga mengandung kolic acid, glycolic acid, tretinoin, dan vitamin C. Bila Anda ingin hasil yang lebih cepat lagi, pengelupasan kulit dapat dilakukan dengan tindakan mikrodermabrasi atau chemical peeling.

2. Gel lidah buaya

Jika Anda belum sempat ke dokter kulit, oleskan gel lidah buaya untuk mendinginkan kulit yang terbakar (bagian yang belang gelap). Jangan lupa gunakan serum atau pelembap yang mengandung vitamin C di pagi hari. Gunakan pula tabir surya dengan SPF minimal 30 setelah menggunakan serum atau pelembap. Ulangi pemakaiannya setiap 2 jam sekali.

3. Minum air putih

Saat terbakar sinar matahari dan berujung pada belang, biasanya kulit akan terasa panas dan kering sekali. Oleh sebab itu, minumlah air putih setidaknya 1,5 liter per hari untuk menghidrasi dan meminimalkan kerusakan kulit.

4. Pakaian tertutup

Sampai gejala kulit terbakar sinar matahari mereda atau bahkan sampai kulit belang menghilang, gunakanlah pakaian yang tertutup. Anda juga bisa menggunakan payung dan topi untuk memperkecil paparan sinar matahari.

Setelah kulit kembali ke warna asal dan Anda tak ingin kulit kembali belang, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter menyarankan agar Anda selalu menggunakan tabir surya dan pakaian tertutup, khususnya jika harus beraktivitas di luar rumah.

“Agar terlindung dari sinar ultraviolet A dan B, pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 dan broad spectrum. Bila ingin bermain di sekitar air, pilih tabir surya yang bersifat water resistant. Aplikasikan tabir surya satu jam sebelum terpapar sinar matahari dan ulangi kembali dua setiap jam,” tuturnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengenakan kain pasmina atau kardigan tipis untuk menutupi lengan agar tidak terbakar sinar UVA dan UVB. Pada bagian wajah, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan topi dan masker. Tapi, jika Anda ingin perlindungan yang sekaligus, gunakan saja payung saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

Lebih lanjut, dr. Melyarna Putri dari KlikDokter menyarankan agar Anda juga memenuhi kebutuhan vitamin B12 dan asam folat jika tidak ingin kulitnya cepat terbakar dan rusak akibat sinar matahari. Itu karena vitamin B12 yang bisa didapat dari daging merah, hati sapi, susu, dan telur berfungsi untuk mengatur pigmen pada kulit dan mencegah hiperpigmentasi, sehingga warna kulit pun akan lebih merata dan tak terlihat kusam. Sedangkan asam folat―vitamin yang bisa didapat dari sayuran hijau dan kacang-kacangan―berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang penting untuk proses perbaikan lapisan kulit.

Sekarang sudah tahu cara mengatasi maupun mencegah kulit belang dan tidak merata, bukan? Pastikan Anda melakukannya dengan saksama, agar hasilnya bisa segera terasa. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]