Bahaya Sering Minum Soda bagi Ibu Hamil

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 15 Jan 2019, 14:00 WIB
Minum soda, apalagi terlalu sering, tidak disarankan untuk ibu hamil. Apa dampaknya jika ibu hamil terlalu sering minum soda?
Bahaya Sering Minum Soda bagi Ibu Hamil (Comzeal Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selama kehamilan, keinginan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman tertentu terkadang tidak dapat ditahan. Anda yang tadinya minum soda setiap hari, harus lebih memperhatikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak bagi kehamilan. Seperti yang Anda tahu, asupan ini tidak baik bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Ya, minuman bersoda memang nikmat, apalagi jika diminum dingin-dingin saat cuaca panas. Tapi jika terlalu sering mengonsumsinya, efek yang ditimbulkan tak sepadan dengan kenikmatan tersebut.

Ketahuilah bahwa minuman bersoda mengandung berbagai zat yang dapat memengaruhi perkembangan janin jika kadarnya dikonsumsi berlebihan. Zat-zat tersebut, antara lain asam karbonat, gula, kafein, pemanis buatan, atau aditif. Berikut ini dampak dari masing-masing bahan yang terdapat di dalam minuman bersoda jika dikonsumsi berlebihan:

  • Asam karbonat

Jika sudah masuk ke dalam pembuluh darah, asam karbonat akan memiliki sifat menyerap kandungan kalsium di dalam tulang. Apa bahayanya bagi ibu dan janin?

Pada kehamilan normal, ibu hamil membutuhkan asupan kalsium tambahan untuk perkembangan janin. Bila ibu rutin mengonsumsi minuman bersoda, asupan kalsium yang sudah kurang saat kehamilan nantinya akan makin berkurang. Bukan tidak mungkin, ibu akan mengalami osteoporosis dini yang menyebabkan tulang menjadi keropos.

  • Gula

Kadar gula umumnya sangat tinggi dalam minuman bersoda. Jumlahnya kurang lebih 15 sendok teh dalam satu kaleng minuman bersoda. Banyak, bukan?

Gula yang dikonsumsi berlebihan akan menurunkan daya tahan tubuh ibu serta meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional pada ibu. Kondisi tersebut dapat memicu kelahiran prematur, gangguan pernapasan, berat janin berlebihan, dan risiko anak menjadi obesitas.

  • Kafein

Tak disangka, minuman bersoda juga memiliki kandungan kafein yang tinggi. Dalam satu kaleng minuman bersoda, jumlah kafeinnya bisa sekitar 30-35 mg. Sedangkan ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi kafein maksimal 200 mg dalam sehari. Asupan kafein yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko hipertensi, kelahiran prematur, berat badan bayi lahir rendah, serta gangguan perkembangan otak anak.

  • Pemanis buatan

Pemanis buatan di dalam minuman bersoda dapat meningkatkan risiko gangguan perkembangan janin, bahkan bayi dapat lahir cacat jika dikonsumsi berlebihan. Contohnya, aspartame di dalam minumam bersoda. Kandungan ini sudah dibuktikan melalui penelitian dapat menyebabkan cacat lahir.

Apabila Anda ingin mengonsumsi minuman bersoda saat hamil, disarankan hanya satu kaleng saja dalam satu hari. Tapi alangkah baiknya jika Anda hanya minum air putih atau jus buah yang Anda buat sendiri. Selain minuman, Anda juga perlu menjaga pola makan selama kehamilan. Penting bagi ibu hamil untuk mencukupi asupan makanan berikut:

  1. Makanan berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat sangat penting bagi ibu hamil. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Energi tersebut sangat berguna untuk pertumbuhan janin, jaringan payudara, dan membentuk plasenta.

  1. Makanan berprotein

Makanan yang mengandung protein juga dinilai penting dalam menjaga kondisi ibu hamil. Protein berguna salah satunya untuk memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti otot, tulang, mata kulit, jantung dan hati.

  1. Sayuran

Selain memiliki tingkat nutrisi yang tinggi, sayuran juga kaya akan serat.  Setiap ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 gram per hari. Menambah asupan serat dapat menurunkan kemungkinan konstipasi dan tekanan darah.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan juga tak boleh dilupakan. Kebaikan buah-buahan untuk ibu hamil, antara lain untuk mencegah sembelit, menambah kekebalan tubuh, dan membantu perkembangan janin.

Mulailah untuk mengurangi asupan soda jika Anda sedang hamil. Kandungan asam karbonat, gula, dan kafein di dalam minuman bersoda akan merugikan kesehatan ibu hamil maupun perkembangan janin, jika dikonsumsi secara berlebih. Perhatikan juga asupan makanan Anda sehari-hari, pastikan komposisinya sehat dan seimbang agar kehamilan selalu lancar.

[RS/ RVS]

Mochammad AdityaMochammad Aditya

Jika terlalu banyak, apakah dapat menyebabkan keguguran? (misal 5 kaleng sehari)