Kenali Manfaat Internet Usai Kena Serangan Stroke

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 16 Jan 2019, 10:30 WIB
Mengatasi dampak setelah serangan stroke dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memanfaatkan internet.
Kenali Manfaat Internet Usai Kena Serangan Stroke (Aslysun/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Di era yang serbadigital seperti saat ini, internet seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tak melulu efek buruk, beragam manfaat internet dapat diperoleh semua kalangan, tidak terkecuali para penderita stroke. Konten-konten yang tersaji di internet dapat menjadi “pelipur lara” sekaligus penyedia informasi yang tidak terbatas bagi para penderita stroke.

Sekilas tentang stroke

Beberapa hari terakhir, penyakit stroke kembali menarik perhatian masyarakat. Meninggalnya pakar media sosial Nukman Luthfie akibat stroke pada Sabtu (12/1) lalu seakan mengingatkan kembali masyarakat tentang gangguan neurologis akibat terganggunya aliran darah di otak tersebut.

Ada dua jenis stroke, yaitu penyumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) dan pecah pembuluh darah (stroke hemoragik). Jenis yang paling sering terjadi adalah stroke iskemik.

“Biasanya, stroke iskemik disebabkan oleh gangguan jantung jenis fibrilasi atrial, di mana jantung berdetak secara tidak teratur atau berdebar-debar. Hal ini membuat gumpalan di jantung terlepas dan berjalan ke otak,” ujar dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter.

Sementara itu, stroke hemoragik ditandai dengan lemahnya pembuluh darah yang kemudian pecah dan menyebabkan pendarahan di otak. Meski tidak sesering stroke iskemik, stroke hemoragik bisa lebih membahayakan!

Setelah terkena stroke, Anda mungkin akan pergi mencari informasi, hiburan dan mencari sesama pengidap untuk berbagi. Bagi banyak orang, tempat itu bisa jadi adalah internet. Lalu bagaimana cara menggunakan internet agar dapat efektif untuk penderita stroke?

Manfaat Internet bagi penderita Stroke

Sebagian besar masyarakat kini sudah terintegrasi dengan internet. Oleh karena itu, bagi orang dengan sakit stroke, internet juga bisa menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhannya. Hal-hal tersebut antara lain:

  1. Mencari hiburan

Ada banyak artikel, gambar, dan video di internet yang lucu dan menghibur. Humor dan berbagai macam konten hiburan tersebut dapat meningkatkan suasana hati Anda, yang merupakan bagian penting dari pemulihan stroke. Akan tetapi, tidak semua konten-konten dalam internet bisa memberikan hiburan dan aura positif pada Anda. Karena itu, memilih dan memilah konten yang baik dan bermanfaat tetaplah diperlukan.

  1. Informasi penting terkait stroke

Ada banyak informasi tentang kesehatan yang beredar di internet, beberapa bahkan mampu memberikan referensi yang sangat baik. Anda dapat menemukan jawaban atas banyak pertanyaan tentang banyak hal, termasuk kondisi yang sedang Anda alami. Namun demikian, perlu Anda ingat bahwa kondisi stroke pada setiap orang bisa berbeda.

  1. Berbagi bersama orang lain

Internet dipenuhi ruang obrolan dan kanal untuk berbagi. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang hendak mencari komunitas untuk saling berbagi dan merasa terhubung. Dekatkanlah diri Anda dengan sesama penyintas stroke serta saling memberikan dukungan agar Anda semakin optimistis dapat melewati masalah ini.

  1. Mengatasi situasi darurat

Meskipun Anda tidak perlu ragu untuk bertanya kepada dokter tentang kesehatan, ada beberapa kondisi darurat yang tidak bisa menunggu waktu lama. Beberapa sumber media informasi, seperti KlikDokter, dapat memberikan Anda wawasan dan pertolongan pertama saat terkena serangan stroke.

Bila dimanfaatkan secara baik dan benar, internet dapat membantu mengusir rasa bosan, jenuh, bahkan depresi yang bisa saja melanda penderita stroke. Akan tetapi yang perlu diingat, Anda tetap perlu menyeleksi konten mana yang Anda butuhkan dan memberi manfaat. Terlebih lagi bila mengingat begitu banyak hoaks bertebaran di dunia maya. Jadi, manfaatkan internet secara bijak ya.

[HNS/ RVS]