Gejala Kanker Hati yang Merenggut Nyawa Komika Gebi Ramadhan

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 16 Jan 2019, 14:25 WIB
Komika Gebi Ramadhan tutup usia akibat penyakit kanker hati yang dideritanya. Kenali apa saja gejalanya
Gejala Kanker Hati yang Merenggut Nyawa Komika Gebi Ramadhan (BlueRingMedia/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tanah Air kembali kehilangan talenta besarnya. Seorang komedian muda berbakat, Gebi Ramadhan, harus menyerah pada keganasan kanker hati. Ia meninggal dunia pada hari Selasa (15/1) kemarin. Kepergian finalis Stand Up Comedy Indonesia musim ke-6 (SUCI 6) ini sontak bikin kaget kerabat, teman-teman, dan penggemarnya. Pasalnya, usia Gebi masih 24 tahun dan tak terlihat sakit ketika beraktivitas. Adakah gejala tanda tertentu yang tampak atau dirasakan penderita kanker hati pada awal penyakitnya?

Mengenal peran besar hati

Hati merupakan organ berukuran sebesar bola sepak yang terletak di perut sisi kanan atas. Dalam mendukung kerja tubuh secara keseluruhan, hati memegang peranan yang sangat penting.

Hati memproduksi empedu, yaitu substansi yang bekerja memecah lemak untuk kemudian dicerna dalam usus, serta membantu membuang zat sisa dari hasil metabolisme. Selain itu, hati juga berperan dalam pembentukan darah. Di dalam hati, dibentuk berbagai jenis protein untuk membentuk plasma darah.

Lebih dari itu, hati juga memegang peran krusial dalam metabolisme gula, mengatur agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil. Fungsi penting hati lainnya adalah kemampuannya dalam membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, baik dari makanan, obat, maupun  minuman.

Berbagai fungsi penting hati yang disebut di atas tentu akan menjadi terhambat apabila terdapat gangguan, baik yang ringan maupun berat seperti kanker hati. Kendati lebih banyak dialami kelompok lanjut usia, nyatanya orang-orang yang lebih muda juga tak lepas dari ancaman keganasan kanker hati.

Sayangnya, seperti halnya kanker lainnya, pengobatan kanker hati relatif sulit untuk dilakukan. Meski demikian, kanker hati lebih bisa dikontrol perkembangan penyakitnya jika terdiagnosis dalam stadium awal.

Mendeteksi gejala awal kanker hati

Mendeteksi dan mengenali gejala kanker hati sejak dini sangat penting agar perkembangan penyakit ini dapat ditekan semaksimal mungkin. Dari situ, kualitas hidup penderitanya juga bisa dijaga seoptimal mungkin.

Gejala awal yang umumnya muncul pada penderita kanker hati – seperti yang pernah dialami Gebi Ramadhan – di antaranya:

  • Penurunan berat badan secara signifikan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri perut atas
  • Mudah lemas dan lelah dengan aktivitas ringan
  • Perut bengkak
  • Kuning pada mata dan kulit

Dari seluruh gejala di atas, tanda yang cukup spesifik dialami penderita kanker hati adalah kuning pada kulit, mata, serta bengkak pada perut. Warna kuning ini sebenarnya berasal dari bilirubin yang diproduksi di hati.

Bilirubin merupakan hasil samping dari pemecahan sel darah merah yang pada kondisi normal dikeluarkan melalui cairan empedu. Pada kanker hati, kadar bilirubin ditemukan sangat meningkat, sehingga dapat keluar dari salurannya dan mewarnai permukaan kulit dan bagian putih mata.

Selain kuning, bengkak pada perut juga menjadi satu tanda yang umumnya dialami penderita di awal perjalanan penyakit. Normalnya, hati memproduksi suatu protein bernama albumin. Albumin berfungsi mengikat cairan tubuh agar tetap dalam sel dan pembuluh darah.

Pada kanker hati, produksi albumin terhambat sehingga kadarnya menurun drastis. Penurunan protein ini menyebabkan cairan keluar dari sel maupun pembuluh darah, lalu menumpuk di ruang antara sel di perut. Penumpukan cairan ini menyebabkan perut membesar dan kerap mengakibatkan keluhan sesak saat bernapas.

Jika Anda atau orang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Bercermin dari apa yang menimpa komedian Gebi Ramadhan, dengan deteksi dini serta pengobatan yang tepat, perjalanan kanker hati dapat ditekan semaksimal mungkin. Kualitas hidup penderita pun dapat dipertahankan dengan lebih optimal.

[RN/ RVS]