10 Langkah Merawat Wajah agar Cantik seperti Wanita Korea

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 16 Jan 2019, 15:00 WIB
Ingin tampil cantik dan berseri seperti wanita Korea? Ini 10 langkah merawat wajah yang perlu Anda jadikan rutinitas sehari-hari.
10 Langkah Merawat Wajah agar Cantik seperti Wanita Korea (ShotPrime-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kecantikan wajah wanita Korea rupanya telah membuat “iri” sebagian masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Tidak heran, semakin banyak kaum hawa yang termotivasi untuk merawat wajah agar bisa tampak seperti wanita dari Negeri Ginseng tersebut. Apakah Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, penampilan wajah seperti wanita Korea memang tidak bisa didapatkan dengan begitu saja. Apalagi jika Anda tinggal di negara dengan iklim berbeda, juga kondisi kulit yang tidak sama.

Kendati demikian, Anda tetap bisa memiliki penampilan wajah yang tidak kalah dari wanita Korea. Untuk mewujudkan hal tersebut, berikut 10 langkah perawatan wajah yang wajib Anda jadikan rutinitas sehari-hari:

1. Makeup remover/ oil-based cleanser

Apakah Anda menggunakan makeup saat beraktivitas di siang hari? Jika ya, Anda wajib menggunakan makeup remover sebelum tidur di malam hari. Makeup remover yang berbahan dasar oil atau minyak berfungsi membersihkan sisa makeup, juga menghilangkan sisa-sisa kotoran maupun debu yang menempel di wajah Anda.

2. Water-based cleanser

Sabun cuci wajah dengan label water-based cleanser wajib digunakan oleh Anda yang ingin memiliki penampilan wajah yang bersih dan bersinar. Pastikan sabun cuci wajah yang Anda gunakan sesuai dengan kondisi kulit.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi berfungsi mengangkat sisa sel-sel kulit mati yang tertinggal. Sisa sel-sel kulit mati inilah yang membuat kulit tampak kusam serta menghambat penyerapan produk perawatan wajah yang akan Anda gunakan selanjutnya.

Anda dapat menggunakan produk yang berbentuk scrub, juga yang mengandung AHA/BHA. Tindakan ini cukup dilakukan sebanyak 2–3 kali dalam seminggu.

4. Toner

Toner digunakan untuk menyegarkan juga memastikan bahwa kulit Anda benar-benar bersih dari debu. Dengan begitu, kulit Anda akan lebih siap untuk menyerap produk perawatan yang hendak digunakan selanjutnya.

5. Emulsion

Bahan dasar emulsion mirip seperti pelembap dan serum. Emulsion dapat digunakan sebelum mengaplikasikan serum atau sebelum mengaplikasikan pelembap di wajah Anda. 

6. Serum

Serum yang biasa digunakan adalah serum vitamin C, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam, dan mencegah keriput. Pastikan Anda menggunakannya secara rutin dan teratur, agar hasil yang didapat juga maksimal.

7. Masker wajah

Langkah selanjutnya adalah menggunakan masker wajah, maksimal 2–3 kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan masker yang mengandung ekstrak bengkuang atau lemon.

8. Krim mata

Tahapan ini tidak boleh dilewatkan. Pemberian krim mata berguna untuk mencerahkan dan mengencangkan area sekitar mata, menyamarkan kerutan halus, dan mengurangi kantung mata.

9. Pelembap

Pelembab atau moisturizer wajib digunakan secara rutin dan teratur, terutama jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif. Pelembap akan memberikan perlindungan terhadap kulit Anda, sehingga menjadi lebih sehat.

10. Tabir surya

Selalu gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 ke mana pun Anda pergi. Hal ini bertujuan agar kulit Anda memiliki perlindungan penuh terhadap dampak buruk yang bisa ditimbulkan sinar ultraviolet, seperti kekusaman, kering, dan kendur.

Perawatan wajah untuk tampil cantik seperti wanita Korea memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu akan sebanding dengan apa yang didapatkan nanti. Hal yang perlu diingat, dalam merawat wajah Anda wajib menerapkan sepuluh langkah tersebut dengan saksama, berkelanjutan, dan konsisten. Selain itu, Anda pun wajib memilih produk perawatan yang benar-benar sesuai dengan kondisi kulit wajah. Terakhir, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit secara berkala agar kondisi wajah Anda terus terpantau dengan baik. Jika tidak demikian hasilnya tidak akan maksimal. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]