Mencegah Infeksi Saluran Kemih dengan Cukup Minum Air

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 17 Jan 2019, 08:00 WIB
Mencukupi kebutuhan minum air sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk mencegah infeksi saluran kemih.
Mencegah Infeksi Saluran Kemih dengan Cukup Minum Air (Yuri Shevtsov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Infeksi saluran kemih adalah kondisi terjadinya infeksi di salah satu atau lebih bagian dari sistem berkemih. Sistem berkemih ini mencakup ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri atau panas pada saat buang air kecil, anyang-anyangan, buang air kecil yang tidak lancar, dan sebagainya, yang tentunya tak nyaman. Adakah cara untuk mencegahnya? Tentu saja. Bahkan, caranya sangat mudah, yaitu dengan dengan cukup minum air. 

Menurut sebuah penelitian klinis yang dipublikasikan di jurnal kedokteran “JAMA Internal Medicine” tahun 2018, ditemukan bahwa minum air dalam jumlah yang cukup  dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih berulang pada wanita. Perlu diketahui bahwa infeksi saluran kemih lebih sering dialami wanita karena perbedaan struktur saluran kemih dengan pria.

Cuma dengan menambahkan dua gelas!

Penelitian tersebut meneliti 140 wanita pra menopause yang mengalami infeksi saluran kemih berulang, dengan riwayat konsumsi air minum kurang dari 1,5 liter setiap harinya. Pada wanita yang mengonsumsi air dalam jumlah yang lebih selama 12 bulan, angka kejadian infeksi saluran kemih pada kelompok tersebut menurun secara drastis.

Angka rata-rata terjadinya infeksi saluran kemih pada semua wanita tersebut adalah 3,3 sebelum dimulainya penelitian. Namun, setelah periode 12 bulan, angka rata-rata tersebut menurun menjadi 1,7 pada kelompok yang minum air lebih banyak, dan 3,2 pada kelompok yang tidak menambah asupan air.

Menurut Dr. Renee M. Ward, asisten profesor di bidang kebidanan dan kandungan dari Vanderbilt University Medical Center di Tennessee, Amerika Serikat (AS), wanita pra menopause dengan asupan cairan yang rendah dan mengalami infeksi saluran kemih berulang dapat mengurangi angka kejadian dari infeksi tersebut hingga 50 persen dengan mengonsumsi air tambahan. Tak banyak, yaitu sebanyak 2 gelas setiap makan.

Perlukah konsumsi jus cranberry untuk cegah infeksi saluran kemih?

Beliau juga menambahkan bahwa terdapat beberapa penelitian yang menginvestigasi pengaruh dari jus buah cranberry dalam mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Walaupun beberapa penelitian awal menunjukkan terdapatnya manfaat, beberapa uji klinis acak menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada angka kejadian infeksi saluran kemih dengan konsumsi jus buah cranberry tersebut.

Namun, Dr. G. Thomaz Ruiz, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Memorial Care Orange Coast Medical Center di California, AS, memiliki pendapat yang sedikit berbeda. Menurutnya, bagi individu yang tidak memiliki penyakit lain seperti diabetes, mengonsumsi jus buah cranberry tidak menyebabkan masalah kesehatan. Konsumsi jus tersebut juga bisa mencegah infeksi saluran kemih, karena pada dasarnya minum jus bisa membuat tubuh tetap terhidrasi.

Dr. Jennifer Linehan, seorang profesor di bidang urologi dari John Wayne Cancer Institute di Providence Saint John’s Health Center di California, AS, juga menambahkan, penelitian yang dilakukan mengonfirmasi pendapat para ahli selama ini. Spesifiknya, konsumsi cairan yang lebih banyak dapat menyebabkan dilusi dan membantu pengeluaran bakteri dari saluran kemih. Dengan begitu, infeksi bisa lebih cepat ditangani.

Infeksi saluran kemih yang terjadi berulang kali dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup, serta infeksi bisa menyebar dan menyebabkan konsekuensi lebih serius. Mari cegah infeksi saluran kemih dengan banyak minum air putih. Selain itu, karena penyakit ini umumnya terjadi akibat bakteri E. coli yang masuk ke saluran uretra, jaga selalu kebersihan area organ intim, khususnya usai buang air kecil dan buang air besar.

[RN/ RVS]