Minum Kopi Usai Olahraga, Boleh atau Tidak?

Oleh dr. Andika Widyatama pada 17 Jan 2019, 10:00 WIB
Kebiasaan mengonsumsi kopi usai olahraga mungkin bukan hal yang aneh bagi Anda. Tapi, apakah ini bermanfaat untuk kesehatan?
Minum Kopi Usai Olahraga, Boleh atau Tidak? (New Africa/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, minum kopi menjadi bagian penting dari rutinitas sebagian orang. Bahkan, ada saja yang memiliki jadwal tertentu untuk minum kopi. Salah satunya adalah minum kopi setelah berolahraga. Hal tersebut mungkin terlihat unik karena umumnya sebagian orang memilih minuman isotonik atau air putih untuk diminum usai olahraga.

Nah, sebenarnya apakah boleh minum kopi usai olahraga?

Minum kopi usai olahraga boleh-boleh saja. Bahkan, ada beberapa penelitian yang menyatakan manfaat kesehatan dari minum kopi usai olahraga. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat menurunkan nyeri otot yang terjadi pasca olahraga.

Dalam hal ini, kafein bekerja dengan menghambat reseptor adenosin yang berperan dalam respons inflamasi yang menimbulkan rasa nyeri. Sebuah penelitian di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi kafein 1 atau 2 hari setelah olahraga dapat mengurangi rasa nyeri otot hingga 48%.

Tidak hanya itu, minum kopi usai olahraga diketahui juga dapat mempercepat pemulihan otot. Menurut hasil penelitian di American Psychological Society, minum kopi disertai konsumsi pisang setelah berolahraga dapat mempercepat pemulihan otot.

Sebuah penelitian di Journal of Applied Physiology juga menyatakan bahwa kadar glikogen pada otot kembali meningkat lebih cepat ketika seorang atlet mengonsumsi minuman dengan kandungan karbohidrat kompleks disertai dengan kafein. Otomatis kondisi tersebut mempercepat pemulihan otot dan pengembalian energi dalam tubuh.

Ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi memungkinkan seorang atlet untuk tidak cepat lelah saat berlatih. Hal ini karena kopi merangsang tubuh untuk memanfaatkan simpanan lemak sebagai bahan bakar selama berolahraga.

Jumlah kopi yang direkomendasikan

Belum ada ukuran baku berapa jumlah kopi yang dapat diminum setelah selesai berolahraga. Namun, pastikan Anda mengonsumsi kopi dalam batas aman hariannya.

Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kopi per hari bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 4 cangkir kopi atau setara dengan 400 mg kafein. Dengan ukuran satu cangkir kurang lebih 240 mililiter.

Berbeda halnya pada ibu hamil atau menyusui, batas aman minum kopi adalah 2 cangkir kopi per hari. Selain itu, batas aman konsumsi kopi juga dapat  dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, berat badan, jenis kopi yang diminum.

Perlu Anda ketahui pula bahwa terdapat beberapa tips yang dapat membuat kebiasaan minum kopi Anda lebih sehat, yaitu:

  • Konsumsi kopi hitam murni
  • Batasi campuran pada kopi, misalnya gula, krimer, atau susu
  • Gunakan pemanis alami misalnya kayu manis
  • Konsumsi air putih 2 liter per hari
  • Hindari minum kopi pada pagi hari atau setelah sore hari

Nah, jadi mulai sekarang tidak perlu ragu bila Anda memiliki kebiasaan minum kopi usai olahraga. Namun, tentu saja efeknya dapat berbeda-beda pada setiap individu. Bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai kebiasan minum kopi. Terakhir yang tidak kalah penting, yaitu memastikan berolahraga secara rutin disertai dengan konsumsi asupan gizi yang seimbang.

[RS/ RVS]