5 Aktivitas untuk Ayah di Hari Minggu Sambil Mengasuh Bayi

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 20 Jan 2019, 17:00 WIB
Mengasuh bayi bisa diambil alih para ayah saat libur di hari Minggu. Lima aktivitas ini bisa jadi inspirasi Anda.
5 Aktivitas untuk Ayah di Hari Minggu Sambil Mengasuh Bayi (Odua-Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Keharusan untuk bekerja dan pergi ke kantor menjadikan para ayah merasa kurang memiliki waktu yang berkualitas dengan bayi. Saat mau berangkat kerja bayi masih tidur, saat pulang bayi sudah terlelap. Nah, saat akhir pekan, giliran para ayah untuk berbagi dengan istri dalam mengasuh bayi. Tak hanya harus berdiam diri di rumah, ada inspirasi aktivitas yang baik untuk dilakukan para ayah sembari mengasuh bayi.

Peran ayah dalam mengasuh anak sama pentingnya dengan peran ibu. Jangan sampai kesibukan menghalangi waktu berkualitas para ayah dengan bayi. Menurut dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, ayah juga memainkan peran penting dalam proses tumbuh kembang anak, mulai dari anak tersebut lahir hingga ia dewasa.

Jika waktu yang dihabiskan dengan anak begitu minim, dikhawatirkan ini akan memenuhi hubungan antara ayah dan anak di kemudian hari. Gunakanlah momen akhir pekan untuk melakukan aktivitas sehat sambil menguatkan bonding Anda dengan bayi.

1. Jalan pagi

Jalan kaki pada pagi hari (saat Car Free Day, misalnya) bisa menjadi pilihan untuk para ayah yang ingin tetap sehat sambil mengasuh bayi. Jauh dari lokasi Car Free Day? Anda bisa mengunjungi taman sekitar rumah atau membawa bayi berjalan-jalan berkeliling komplek rumah selama 30 menit.

Bayi menyukai udara segar. Anda bisa membawa bayi menggunakan stroller, atau lebih baik dengan baby sling atau baby carrier. Ini bisa tetap membuat jarak antara Anda dan bayi tetap dekat selama berjalan. Pastikan bayi menggunakan tabir surya jika berhadapan dengan sinar matahari atau berikan lapisan pakaian ekstra jika udara dingin.

2. Memasak

Bagi para ayah yang suka memasak, aktivitas ini tentu bisa sangat mengasyikkan. Dudukkan anak di kursinya (jauhkan ia dari kompor), ajak ia mengobrol dan bercanda. Anda juga bisa menanyakan dengan istri mengenai menu MPASI yang bisa dikonsumsi anak sehingga Anda bisa berkreasi membuatkannya.

3. Menonton film

Menonton film di rumah sangat pas ketika dipadukan dengan kegiatan mengasuh anak. Sambil menggendong bayi Anda atau sambil menemaninya tidur, Anda bisa menonton tayangan menarik. Jika bayi sudah mengerti tontonan tertentu, pastikan konten yang ditonton sesuai dengan usia bayi.

4. Menari

Bayi menyukai musik dan mereka suka menari jika mendengar musik yang ia suka. Meski bayi baru berusia beberapa bulan, Anda bisa mengajaknya menari. Mainkan musik tertentu atau atau bernyanyilah untuknya, lalu bergeraklah seperti menari sambil menggendongnya mengelilingi ruangan. Saat bayi bertambah besar, Anda dapat membantunya berdiri dan menari (gerakan bouncing) hingga ia bisa bergerak dengan iramanya sendiri.

5. Bersih-bersih rumah

Tanya istri yang biasa bersih-bersih rumah sambil mengasuh bayi. Para ayah pun bisa melakukan ini. Gendong bayi dengan baby carrier saat Anda sedang menyedot debu karpet atau saat menyirami tanaman di kebun. Percaya, deh, double duty seperti ini juga akan membuat istri bahagia dan merasa Anda membantunya dalam hal mengasuh anak sekaligus rumah tangga.

1 of 2

Memastikan bonding antara ayah dan anak

Sebenarnya, ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan para ayah sambil mengasuh anak. Tips penting, buatlah waktu playtime khusus antara Anda bayi, dan jadikan itu sebagai rutinitas sehingga bayi akan menanti waktu kebersamaan dengan ayahnya.

Apa pun itu, pastikan Anda memanfaatkannya agar proses bonding antara ayah dan bayi bisa berjalan dengan baik. Dilansir dari Parents, lakukan ini pada bayi:

  • Jika Anda memberikan susu pada bayi dengan botol, posisikan diri Anda seperti posisi ibunya saat menyusuinya (dekat dengan dada). Ini penting, membuat bayi dapat menatap Anda sebagaimana ia menatap ibunya saat menyusu.
  • Tenangkan bayi jika ia menangis. Cobalah untuk bernyanyi, menggendongnya sambil berjalan, ditimang, atau memberinya dot. Dengan cara ini, bayi bisa mengerti bahwa bukan hanya ibunya yang mengerti akan kebutuhannya.
  • Jangan malu untuk membuat wajah konyol, karena ini akan membuat bayi tertawa. Sering-seringlah memainkan cilukba dengan bayi.
  • Bayi akan merespons sentuhan. Salah satu cara sederhana untuk menenangkan dan membuat bayi relaks adalah dengan memberikannya pijatan. Saat bayi tenang dan tampak senang, pijat lembut kakinya, perut, lengan, dan lehernya.
  • Jangan malas untuk mengganti popoknya. Meski baunya tak sedap, Anda bisa mengajaknya ngobrol dan membuat suara jenaka saat mengganti popoknya.

Meski aktivitasnya terbilang biasa, tapi adanya kesempatan untuk bonding dengan bayi adalah sesuatu yang ternilai. Apalagi jika sehari-harinya bayi lebih banyak menghabiskan waktu dengan ibunya. Yuk manfaatkan hari Minggu, akhir pekan, serta kapan pun waktu yang Anda bisa, untuk beraktivitas sambil mengasuh bayi.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓