Tips Atasi Kulit Lutut dan Siku yang Kering Menghitam

Oleh Ayu Maharani pada 21 Jan 2019, 13:00 WIB
Kulit lutut dan siku berwarna hitam atau kering meski tak terpapar sinar matahari? Jangan khawatir, atasi dengan cara ini!
Tips Atasi Kulit Lutut dan Siku yang Kering Menghitam (Ratchanee Sawasdijira/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki warna kulit yang cerah dan merata memang bisa bikin percaya diri seseorang meningkat. Apalagi bila itu dilengkapi dengan kondisi kulit yang normal atau cenderung lembap. Tapi sayangnya, sebagian orang mungkin memiliki kulit – terutama bagian lutut dan siku – yang lebih hitam ketimbang bagian lainnya. Kondisinya pun tampak kering dan berkerut-kerut!

Dokter kulit dan Director of Cosmetic and Clinical Research di Mount Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat bernama Joshua Zeichner MD mengatakan bahwa kulit lutut dan siku yang menghitam memang menjadi kondisi yang dikeluhkan oleh sebagian pasien yang datang ke spesialis kulit.

Dilansir dari Reader’s Digest, penyebab perbedaan warna pada kulit siku dan lutut ketimbang bagian lain adalah keduanya merupakan bagian yang selalu melakukan peregangan kronis. Kedua anggota tubuh tersebut juga merupakan bagian yang paling sering bergesekan dengan pakaian ataupun benda-benda lainnya. Alhasil, kulit siku dan lutut tumbuh lebih tebal untuk melindungi dirinya sendiri. Ketika kulit semakin tebal, otomatis warnanya juga cenderung gelap. Jadi, itulah mengapa warna siku dan lutut Anda cenderung lebih hitam ketimbang bagian tubuh lainnya.

Solusi kulit lutut dan siku yang kering atau hitam

Tidak perlu khawatir berlebihan dengan kondisi kulit lutut dan siku yang kering atau hitam. Untuk membuat mengatasi kekeringan pada bagian tersebut, Anda tinggal oleskan saja body butter atau petroleum jelly. Sementara itu, untuk mengatasi warna hitamnya, Anda perlu melakukan usaha lebih, seperti:

  • Manfaatkan lemon

Lemon mengandung zat pemutih alami yang akan membantu menghilangkan bagian kulit yang gelap. Caranya, iris lemon, lalu gosok dan tekan irisan lemon tersebut ke bagian siku dan lutut sampai keluar sari-sarinya. Diamkan selama 3 jam, baru dibilas. Lakukanlah setiap hari agar hasilnya maksimal.

  • Eksfoliasi dengan minyak zaitun dan gula

Kombinasi minyak zaitun dan gula bisa melembutkan kulit sekaligus mencerahkan. Caranya, campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok teh gula. Lalu gosokkan scrub alami tersebut ke bagian yang ingin dicerahkan selama 5 menit. Bila sudah selesai, diamkan selama 10 menit. Sesudah itu bilas dengan air hangat.

  • Manfaatkan gel aloe vera dan madu

Aloe vera atau lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kulit. Dengan mencampurkan madu ke dalamnya, bintik-bintik pada kulit siku dan lutut yang kering bisa menghilang secara perlahan. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

  • Gunakan baking soda

Campurkan satu sendok makan baking soda dengan seperempat cangkir air putih atau susu. Aduk hingga kental dan merata, lalu oleskan ke bagian lutut maupun siku. Gosok-gosok selama beberapa menit dan diamkan sampai meresap. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih. Jangan lupa oleskan pelembap setelah mengaplikasikan baking soda, supaya kekeringan pada kulit tak kembali terjadi.

  • Gunakan cairan hidrogen peroksida

Cara ini memang paling efektif, tetapi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif meski hati-hati dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Bila sudah mengantongi izin, adapun cara mengaplikasikannya adalah menyelupkan bola kapas ke dalam cairan hidrogen peroksida, lalu oleskan ke lutut dan siku. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Itu dia yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit lutut dan siku yang hitam atau kering. Jangan lupa untuk mengombinasikan cara tersebut dengan penggunaan pelembap setelah mandi, juga dilakukan secara rutin dan teratur supaya hasilnya maksimal. Terakhir, gunakanlah pakaian yang menutup lutut atau siku saat Anda melakukan perawatan agar kedua bagian tersebut tidak terlalu banyak mendapat gesekan keras dari benda sekitar.

[NB/ RVS]