Tips Mendapatkan Kulit Cerah seperti Ira Koesno

Oleh Ayu Maharani pada 21 Jan 2019, 17:30 WIB
Ingin punya kulit cerah dan menawan seperti Ira Koesno? Bisa, kok! Ikuti tips berikut ini.
Tips Mendapatkan Kulit Cerah seperti Ira Koesno (Faizal-Fanani/Liputan6com)

Klikdokter.com, Jakarta Saat momen Debat Pilpres 2019 pertama beberapa waktu lalu, perhatian publik sempat teralihkan dengan penampilan jurnalis senior Ira Koesno. Wanita kelahiran 30 November 1969 ini masih tampak memukau! Kulitnya pun cerah mulus, tampak awet muda! Tentu saja ini membuat banyak wanita terperangah dan iri.

Jangan khawatir, Anda juga bisa, kok, memiliki kulit cerah seperti Ira. Ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • • Awali dengan rutin mencukupi kebutuhan kolagen

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, kolagen bertugas untuk menjaga elastisitas serta mencegah munculnya kerutan dan kekusaman pada kulit.

“Tak cuma itu, kolagen memegang peranan penting dalam regenerasi kulit. Sehingga, setiap sel kulit kulit mati akan segera tergantikan dengan sel muda yang jauh lebih sehat,” jelas dr. Dyan.

Penting untuk diketahui, kandungan kolagen dalam tubuh akan menurun sebanyak 1,5 persen setiap tahunnya mulai dari usia 25 tahun. Untuk itu, diperlukan bantuan asupan kolagen dari luar tubuh. Contohnya adalah sup kaldu tulang, kacang polong, sayuran, atau protein tanpa lemak. Hindari konsumsi minuman kolagen kemasan karena hingga saat ini efektivitasnya masih belum terbukti.

  • • Lakukan perawatan kulit dengan bahan dasar retinoid dan vitamin C

Dilansir dari Healthline, retinoid digunakan untuk menstimulasi kolagen yang sekaligus bisa mencegah dan mengobati keriput. Bahkan, pada dosis tertentu retionoid juga bisa mengatasi jerawat.

Sebagai catatan penting, saat melakukan perawatan dengan produk yang mengandung retionoid, kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, penggunaan SPF 50 saat beraktivitas di luar ruangan adalah hal wajib.

Selain retinoid, pemanfaatan vitamin C topikal ataupun suntik juga bisa menjadi alternatif yang baik dalam mencerahkan kulit. Vitamin C merupakan peningkat kadar antioksidan yang baik untuk menangani hiperpigmentasi, yang salah satunya bintik-bintik matahari.

1 of 2

Selanjutnya

  • Lakukan eksfoliasi kulit secara teratur

Ketika usia masih di bawah 20 tahun, pergantian kulit akan terjadi secara teratur setiap 28 hari sekali. Namun, seiring bertambahnya usia, prosesnya pun akan melambat. Ini dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati yang bisa berujung pada tekstur kulit yang kasar dan tampak kusam.

Kepada KlikDokter, dr. Melyawati Hermawan, SpKK, menganjurkan Anda untuk melakukan eksfoliasi kulit seminggu sekali untuk membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus membuatnya tampak cerah dan lembut.

  • Pilih produk kecantikan yang mengandung asam laktat atau asam glikolat

Produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat akan membuat kulit terlihat lebih cerah. Namun, jika penggunaan produk terkait yang dijual bebas di pasaran tak mempan membuat kulit Anda tampak lebih cerah, lebih baik konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

  • Konsumsi stroberi

Stroberi sangat kaya akan vitamin C dan dapat membantu menjaga jaringan ikat di bawah kulit agar tetap kencang dan sehat. Tak cuma tinggi kadar vitamin C, stroberi juga mengandung vitamin B, serat, dan susunan fitokimia yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

  • Pakai masker yoghurt

Mengenai hal ini dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter menyarankan Anda untuk menggunakan masker yoghur dari produk yoghurt yang plain (tawar), tanpa bahan pemanis, pewarna, maupun perasa. Fungsinya adalah untuk membersihkan pori-pori dan meremajakan kulit.

“Cara menggunakannya, ambil yoghurt sebanyak satu sendok makan. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bila ingin hasilnya lebih maksimal, campurkan juga yoghurt dengan satu sendok teh gel aloe vera,” papar dr. Adeline.

Bagaimana, tidak sulit, kan, berusaha untuk mendapatkan kulit cerah dan awet muda seperti Ira Koesno? Selain upaya-upaya di atas, maksimalkan pula dengan rutin berolahraga. Sebab, aktivitas fisik dapat menjaga kondisi fisik tetap bugar dan ideal. Jangan lupa juga untuk mengelola stres, istirahat yang cukup, serta jalin hubungan baik dengan banyak orang agar Anda memiliki banyak alasan untuk tersenyum dan tidak mudah keriput akibat kebanyakan cemberut!

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
vina804vina804

bagaimana cara menghilangkan jerawat pada wajah