search

Sering Muntah Bisa Menyebabkan Gigi Rapuh, Ini Penjelasannya

Gigi rapuh dipercaya bisa terjadi akibat sering muntah. Apa benar? Bagaimana sering muntah bisa menyebabkan kerusakan gigi? Simak faktanya di sini.
Benarkah Sering Muntah Bikin Gigi Rapuh? (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selain membuat badan lemas karena kekurangan cairan, muntah yang terjadi berulang juga dapat menyebabkan beberapa keluhan, salah satunya adalah gigi rapuh. Muntah berulang dapat disebabkan oleh kondisi bulimia atau morning sickness (gangguan mual dan muntah saat hamil).

Pada penderita bulimia, pasien sengaja memuntahkan makanan yang baru dimakan sebagai upaya untuk membersihkan tubuh dari kalori yang telah dikonsumsi. Gangguan makan bulimia akan merusak organ-organ di dalam tubuh, seperti lambung, kerongkongan, dan juga gigi.

Sementara itu, kondisi mual serta muntah yang dialami ibu hamil terjadi akibat perubahan hormon. Dampaknya juga dapat menyebabkan erosi gigi. Kondisi erosi gigi ini bisa membuat gigi menjadi rapuh.

1 dari 4

Bagaimana Muntah Sebabkan Gigi Rapuh?

Bagaimana Muntah Sebabkan Gigi Rapuh?
loading

Ketika penderita bulimia sengaja memuntahkan makanannya, kandungan asam yang keluar bersama muntah itulah yang membuat gigi menjadi rapuh.

Daerah gigi yang berisiko rapuh adalah bagian palatal atau lingual, yaitu sisi bagian dalam gigi yang menghadap ke langit-langit dan lidah. Sebab, bagian gigi tersebut akan bersentuhan langsung dengan cairan muntah.

Sedangkan pada kondisi ibu hamil, gigi rapuh disebabkan karena muntahan mengandung asam lambung tinggi naik ke kerongkongan dan rongga mulut.

Ditambah, kemampuan air liur ibu untuk menetralkan rongga mulut cenderung menurun selama masa kehamilan. Padahal, air liur punya fungsi penting untuk menetralkan rongga mulut. Ketika kondisi rongga mulut menjadi lebih asam, gigi pun semakin mudah rapuh.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Retak!

2 dari 4

Masalah Gigi Lainnya Akibat Sering Muntah

Masalah Gigi Lainnya Akibat Sering Muntah
loading

Asam lambung yang berada di dalam mulut bersifat korosif sehingga dapat merusak struktur gigi dan rongga mulut. Apabila sering muntah, efek samping yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

1. Gigi Berlubang

Sifat asam dari muntah berulang dapat mengikis lapisan email yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Alhasil, tercipta suatu rongga kopong yang berisiko menyebabkan terjadinya lubang di gigi.

2. Gigi Berubah Warna dan Rapuh

Seiring berjalannya waktu, lapisan email gigi yang terkikis bisa menjadi semakin tipis. Akibatnya, gigi dapat mengalami perubahan warna menjadi lebih kuning. Tak hanya itu, sering muntah dapat menyebabkan struktur gigi jadi lebih rapuh dari biasanya. Artinya, Anda mudah atau berisiko mengalami gigi patah.

3. Timbul Rasa Sakit dan Gigi Sensitif

Email gigi yang terkikis menyebabkan lapisan dentin terbuka. Apabila hal ini terjadi, bisa timbul rasa ngilu atau nyeri ketika gigi terkena rangsangan panas maupun dingin. Pada kondisi ini, Anda akan mengalami kesulitan ketika mengunyah makanan ataupun minum.

Artikel Lainnya: Minum Alkohol Merusak Kesehatan Gigi, Ini Efeknya

4. Pembengkakan Kelenjar Ludah

Asam lambung yang terdapat di dalam muntah dapat mengiritasi kelenjar di sisi masing-masing pipi. Kelenjar ini menghasilkan air liur yang berfungsi untuk membantu Anda menelan dan membasahi rongga mulut.

Apabila terjadi iritasi kelenjar, maka produksi air liur akan berkurang dan menyebabkan mulut menjadi kering. Anda pun dapat mengalami kesulitan untuk menelan makanan atau minuman.

5. Sariawan

Selain merusak gigi, asam lambung juga dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam mulut seperti gusi dan dinding pipi bagian dalam. Kondisi ini akan meninggalkan luka semacam sariawan di dalam mulut. Luka dapat bertambah lebar jika tidak terdeteksi dan tidak segera ditangani.

Artikel Lainnya: Benarkah Diabetes Bisa Bikin Gigi Keropos?

3 dari 4

Apa yang Harus Dilakukan?

Berkonsultasi dengan Dokter Gigi Tentang Cara Mengurangi Efek Samping Muntah yang Berdampak pada Gigi
loading

Untuk mengurangi efek samping muntah yang dapat berdampak pada kondisi kesehatan gigi, lakukan hal berikut ini:

  1. Tidak disarankan untuk langsung menggosok gigi setelah muntah karena dapat memperburuk keadaan. Tunggulah sekitar 30 menit hingga 1 jam setelah muntah agar rongga mulut bisa menetralkan suasana mulut. Sehingga mineral gigi tidak ikut larut saat disikat. Selain itu, asam dari muntah pun tidak makin tersebar ke seluruh permukaan gigi.
  2. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride agar gigi tetap kuat. Fluoride berfungsi memberikan proteksi dan perlindungan gigi secara menyeluruh.
  3. Untuk ibu hamil, usahakan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Ibu juga dapat makan hidangan atau snack yang mengandung protein, misalnya keju.
  4. Berkumurlah dengan larutan satu sendok teh baking soda (sodium bicarbonate) yang dicampur dengan segelas air hangat setelah muntah.
  5. Menyikat gigi minimal dua kali sehari menggunakan sikat gigi yang berbulu medium atau lembut.
  6. Sebelum tidur, berkumur dengan larutan yang mengandung fluoride untuk mencegah proses demineralisasi gigi akibat paparan asam muntah.

Jika Anda memiliki bulimia atau sedang hamil dan mengalami gigi rapuh, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah.

Pada momen ini, dokter gigi memegang peran penting untuk mengidentifikasi gigi rapuh, melakukan pencegahan gigi rapuh, dan merawat gigi yang terkena efek muntah.

Di luar perawatan tersebut, penting untuk selalu mengontrol kesehatan gigi dan mulut Anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Tujuannya untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan gigi maupun gusi, sehingga dapat dilakukan penanganan lebih awal.

Baca Juga

Untuk tahu informasi kesehatan kesehatan gigi dan mulut lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Lalu untuk konsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 jam!

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Jitu Mencegah Karies Gigi

Info Sehat
11 Jan

Ini Akibatnya Bila Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari!

Info Sehat
23 Des

Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak Sikat Gigi Sendiri

Info Sehat
21 Des

Waspada, Polio Bisa Berdampak pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Info Sehat
18 Des

Minum Alkohol Bisa Merusak Gigi dan Mulut, Ini Daftar Efek Buruknya

Info Sehat
17 Des

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
DEDORTIN BT SROYER
3 Bulan Lalu

slmt siang

Avatar
Sem Bara
4 Bulan Lalu

ingin

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat