Mengapa Punya Bayi Sering Bikin Berat Badan Ayah Turun?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 22 Jan 2019, 15:00 WIB
Para ayah yang baru punya bayi sering mengalami kondisi berat badan turun. Mengapa hal itu bisa terjadi?
Mengapa Punya Bayi Sering Bikin Berat Badan Ayah Turun? (Halfpoint/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi ayah baru tentu sangat menyenangkan. Euforia itu makin terasa ketika yang lahir adalah anak pertama. Ayah tentu akan sangat bersemangat membantu istri mengurus bayi. Hanya saja, banyak ayah yang justru mengalami kondisi berat badan turun ketika baru punya bayi. Kecenderungan ini terjadi biasanya muncul setelah beberapa minggu.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, hal itu lumrah terjadi, terutama pada ayah baru. Ini disebabkan sang ayah harus mengurus bayi, tapi di sisi lain harus tetap bekerja.

"Intinya (bisa kurus) karena ayah itu lelah. Terutama ini terjadi kalau mengurusi anak yang baru lahir (new born), ya. Ini karena usia 0-4 bulan itu, bayi belum punya pola tidur yang baik, jadi dia pasti akan selalu bangun tengah malam. Maksudnya, bayi pada usia segitu belum tahu siang atau malam. Makanya, malam yang seharusnya tidur, bayi malah melek dan mengajak main," ujar dr. Sepriani.

"Tidak mungkin hanya ibunya sendiri yang bangun sendirian. Ayahnya pasti akan ikut bangun juga. Kalau ibu-ibu kan, malam bangun dan besok seharian di rumah, masih bisa curi-curi waktu tidur. Sementara kalau ayah kan bekerja, jadi biasanya akan sulit tidur. Ini fokusnya karena lelah dan stres," dr. Sepri menjelaskan.

Tak dimungkiri, kurus juga bisa terjadi karena ayah mengalami stres. Akan tetapi, berbeda dengan para ibu, ayah kalau mengalami stres cenderung berat badannya turun karena faktor hormon.

"Soal stres, pria sepertinya punya kecenderungan mengalami berat badan akan turun. Lagipula pada pria, mereka tidak punya hormon esterogen dan progesteron seperti yang dimiliki wanita. Kalau hormon esterogen dan progesteron pada wanita cenderung menyimpan lemak dan air. Jadi, wanita lebih gampang naik. Kalau pria atau para ayah kan punya hormon testosteron, kalau para ayah lelah biasanya responsnya turun atau massa ototnya berkurang," kata dr. Sepri.

1 of 2

Cara atasi stres saat menjadi ayah baru

Menjadi ayah baru memang rentan mengalami stres. Ini karena selain membantu mengurus bayi, para ayah tetap harus bekerja di pagi dan siang hari. Jika stres masih dalam tahap awal, sebenarnya masih dapat diatasi dengan mudah. Efeknya pun relatif ringan, yakni penurunan berat badan. Akan tetapi, kalau ayah sudah mengalami stres sudah berat, ditakutkan akan berdampak lebih buruk.

Untuk itu, Anda wajib tahu cara mengatasi stres untuk para pria yang baru memiliki bayi.

  • Berolahraga secara teratur

Olahraga telah terbukti mengurangi tingkat stres, membantu Anda membakar energi dan ketegangan yang terpendam. Berolahraga juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Carilah waktu di sela-sela mengurus anak dan bekerja untuk berolahraga.

  • Meditasi

Coba lakukan meditasi selama 15-20 menit sehari dalam perenungan yang tenang. Selain meditasi, Anda bisa berlatih yoga atau tai chi apabila Anda menginginkan lebih banyak yang berhubungan dengan fisik. Carilah waktu sejenak untuk melakukan meditasi. Lalu, rasakan manfaatnya.

  • Selesaikan tugas Anda satu per satu

Selesaikan setiap tugas Anda satu per satu. Carilah tugas yang Anda anggap mudah, kemudian selesaikan. Jangan mencoba untuk melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

  • Pecahkan penyebab stres Anda

Menyelesaikan apa yang menjadi pemicu stres dapat membebaskan Anda dari stres tersebut. Jika stres karena pekerjaan, coba bicaralah dengan atasan Anda untuk mencari solusi. Mintalah bantuan jika Anda tidak dapat memenuhi semua tugas yang dibebankan pada Anda.

Berat badan turun memang kerap dialami ayah baru akibat lelah dan stres ringan. Hanya saja, mengurus bayi harus dilakukan dengan riang gembira dan menikmati setiap proses supaya semuanya terasa ringan. Selain itu, jangan lupa untuk menjalankan pola hidup sehat supaya tubuh tetap bugar.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓