search

Makanan Sehat Ini Efektif Mencegah Kanker Usus

Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari memiliki peran dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker usus. Berikut adalah makanan pencegah kanker usus.
Makanan Sehat Ini Efektif Mencegah Kanker Usus

Klikdokter.com, Jakarta Kanker usus merupakan salah satu jenis kanker yang sering terjadi. Bayangkan saja, kanker usus adalah penyebab kematian tertinggi nomor tiga di dunia. Jadi, kita patut waspada dengan jenis kanker yang satu ini.

Kanker usus bisa dipengaruhi faktor genetik maupun faktor lingkungan seperti asupan yang Anda makan. Ya, makanan terbukti berkaitan dengan kejadian kanker usus. Lalu, makanan seperti apa yang baik untuk mencegah kanker usus? Yuk, kita simak makanan pencegah kanker usus berikut ini.

1 dari 4

Makanan Pencegah Kanker Usus

Kedelai
loading

Makanan berpengaruh terhadap kesehatan saluran cerna, termasuk dalam kejadian kanker usus. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang bisa jadi acuan Anda untuk memperbaiki pola makan dan menghalau kanker usus:

  1. Makanan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan bekerja dalam tubuh untuk memperkuat pertahanan tubuh terhadap radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh melalui oksidasi. Bahayanya lagi, oksidasi juga terbukti berkontribusi terhadap penyakit jantung, katarak, penuaan, dan infeksi.

Beberapa contoh antioksidan adalah karoten, beta-karoten, dan lutein. Makanan yang merupakan sumber antioksidan yang baik termasuk buah-buahan, sayuran, teh hijau dan teh hitam.

  1. Makanan yang Kaya Asam Folat

Salah satu jenis makanan yang baik untuk mencegah kanker usus adalah makanan yang mengandung asam folat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam folat mungkin berperan dalam memerangi kanker.

Meski studi yang ada masih membutuhkan penelitian lanjutan, asam folat sejak lama diketahui sangat penting dalam membentuk sel dan jaringan baru serta menjaga sel darah merah tetap sehat. Sumber asam folat yang paling umum adalah buah jeruk dan sayuran berdaun hijau gelap, terutama bayam.

Artikel lainnya: Minum Susu Dapat Mencegah Kanker Usus, Benarkah?

  1. Makanan yang Berserat Tinggi

Serat telah dianggap sebagai senjata ampuh untuk melawan kanker. Meskipun ada penelitian yang bertentangan mengenai apakah serat memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus, di sisi lain ada bukti bahwa asupan serat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sumber serat yang baik adalah gandum, roti, buah plum, beri, kacang merah dan kacang-kacangan lainnya. Lalu, serat bisa dihasilkan dari konsumsi buah-buahan, sayuran segar dan beras merah.

Meskipun cara terbaik untuk mendapatkan serat adalah lewat makanan, suplemen serat seperti psyllium dan metilselulosa bisa Anda jadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan serat harian dalam tubuh. Untuk mengimbanginya, jangan lupa cukup mengonsumsi air minum.

  1. Makanan yang Mengandung Fitokimia

Baru-baru ini ditemukan zat yang dapat membantu dalam memerangi kanker, yakni fitokimia. Zat ini adalah zat non-nutrisi seperti flavonoid, polifenol, dan terpenoid. Mereka dapat ditemukan dalam tomat, buah jeruk, buah beri, paprika, wortel, brokoli, kubis, dan kacang kedelai.

  1. Gandum

Gandum adalah salah satu makanan pencegah kanker usus. Gandum mengandung nutrisi yang baik dan merupakan sumber serat. 

Tak heran bila gandum dapat menjaga konsistensi feses dan baik untuk pencegahan kanker usus. Targetkan sebanyak 90 gram gandum utuh setiap hari yang meliputi oatmeal, roti gandum, dan beras merah.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (kedelai, kacang polong, dan lentil) mengandung serat, protein, vitamin B, dan vitamin E. Selain itu, kacang-kacangan memiliki senyawa yang disebut flavonoid, yang dapat mencegah pertumbuhan tumor. 

Makanan ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi Anda dari kanker usus besar.

Artikel lainnya: 7 Komplikasi Kanker yang Perlu Anda Tahu

2 dari 4

Pedoman Makan Sehat untuk Cegah Kanker Usus

Kedelai
loading

Selain memasukkan berbagai makanan di atas sebagai menu harian Anda, ada yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yakni bagaimana Anda menjaga asupan ke dalam tubuh. 

Secara mudah, kanker usus sebenarnya bisa dicegah dengan pedoman makan sehat yang dibuat oleh American Cancer Society berikut ini:

  • Mengonsumsi makanan yang merupakan sumber nabati
  • Makanlah jenis biji-bijian utuh daripada biji-bijian halus
  • Batasi daging merah dan daging olahan
  • Tetap aktif secara fisik guna mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal
  • Batasi konsumsi minuman beralkohol

Artikel lainnya: Efektifkah Olahraga Menangkal Kanker Usus?

3 dari 4

Kebiasaan Makan yang Memicu Kanker Usus

Makanan yang Digoreng
loading

Setelah Anda mengenal tipe makanan yang baik untuk pencegahan kanker usus, maka penting untuk mengetahui jenis makanan untuk menurunkan risiko kanker usus. Apa saja makanan yang perlu Anda hindari? 

  • Makanan Tinggi Gula

Makanan dengan gula sederhana seperti permen, makanan penutup, dan minuman dengan pemanis buatan memberikan sedikit manfaat gizi dan juga berkontribusi terhadap obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan faktor risiko signifikan untuk terjadinya kanker usus besar.

  • Daging Merah

Ternyata daging merah juga meningkatkan risiko terjadinya kanker usus. Sebuah analisis dari banyak penelitian menyimpulkan, konsumsi daging merah yang tinggi meningkatkan risiko terjadinya kanker usus besar sebesar 28 persen.

  • Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Contoh makanan tinggi lemak jenuh adalah daging tinggi lemak, susu, produk turunan susu seperti mentega, serta banyak makanan olahan. Penuhi kebutuhan lemak Anda dari sumber lemak tak jenuh yang lebih sehat, seperti minyak zaitun.

  • Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng dan berminyak tidak baik untuk kesehatan saluran cerna dan kesehatan jantung Anda. Karena itu, hindari makanan yang digoreng seperti ayam goreng atau berbagai makanan cepat saji yang umumnya digoreng. 

  • Alkohol

Penggunaan alkohol dikaitkan dengan risiko kanker usus besar dan kanker anus yang lebih tinggi. Hubungan ini lebih kuat pada pria daripada wanita. Karena itu, hindari alkohol untuk menurunkan risiko kanker usus.

Baca Juga

Kanker usus memang amat berbahaya dan mematikan. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat seperti yang telah dipaparkan di atas. Selain menerapkan pola makan sehat, Anda juga perlu berolahraga teratur, menjaga berat badan ideal, dan menghindari rokok. 

Jika Anda dan keluarga memiliki riwayat kanker usus, atau Anda memiliki gaya hidup yang berisiko tinggi menyebabkan penyakit ini, lakukanlah pemeriksaan ke dokter. Apabila ingin tahu lebih lanjut mengenai makanan pencegah kanker usus, bisa bertanya menggunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. 

[NWS]

ARTIKEL TERKAIT

Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Usus

Info Sehat
22 Jul

Artis Senior Henky Solaiman Meninggal karena Kanker Usus

Info Sehat
16 Mei

Gemar Makan Keju, Apakah Baik bagi Kesehatan?

Info Sehat
12 Mei

BAB Berdarah Tak Melulu Akibat Wasir

Info Sehat
13 Apr

Sering Sakit Perut, Benarkah Gejala Kanker Usus?

Info Sehat
14 Des

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Sunardi Sunardi
2 Tahun Lalu

I agree with this article, because it is very useful and good

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat