Ayah Pulang Kerja Langsung Gendong Bayi, Tularkan 5 Penyakit Ini

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 23 Jan 2019, 15:40 WIB
Para ayah lebih baik jangan langsung menggendong bayi selepas pulang kerja. Hati-hati, bayi Anda bisa tertular penyakit!
Ayah Pulang Kerja Langsung Gendong Bayi, Tularkan 5 Penyakit Ini (LightField-Studios/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu alasan ayah buru-buru pulang kerja adalah untuk bertemu dengan anaknya. Hanya saja, ayah tidak boleh langsung menggendong bayi atau balita mereka. Ini karena ayah sangat mungkin secara tak sengaja “membawa pulang” debu, virus, dan kotoran yang menempel pada pakaian dan tubuh.

Debu, kotoran, dan virus yang menempel di tubuh Anda justru membuat anak bisa sakit. Apalagi, sistem kekebalan tubuh anak Anda belum sempurna sehingga lebih rentan sakit. Oleh karena itu, lebih baik Anda mengganti baju, mencuci tangan, atau akan lebih baik mandi sebelum menggendong anak Anda. Dalam keadaan bersih, tentu Anda dan anak akan lebih nyaman berinteraksi.

"Yang biasa ditularkan kepada anak paling sering itu virus. Virus bisa ditularkan, misalnya si ayah baru pulang kerja dan sebelumnya ketemu dengan orang yang sakit flu atau penyakit lainnya. Virusnya bisa saja menempel di tangan, lalu terbawa terus. Akhirnya bisa menempel pada anaknya, dan anak pun jadi ketularan flu juga," kata dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Selain itu, dr. There juga menganjurkan untuk tidak langsung mencium anak begitu tiba di rumah. "Mulut itu kan sumber kuman. Kalau sudah sikat gigi pun, kuman masih ada, apalagi kalau belum sikat gigi. Jika baru pulang langsung cium anak, itu juga bisa menularkan penyakit," ujar dr. There. Untuk itu, membersihkan diri sepulang dari bekerja atau beraktivitas sangat penting.

Penyakit yang mungkin ditularkan kepada anak

Ayah yang tidak memperhatikan kebersihan akan merugikan anaknya, dan bisa menularkan beberapa penyakit. Berikut beberapa penyakit yang mungkin ditularkan orang tua kepada anak.

1. Flu

Seperti dijelaskan di atas, flu mudah menular akibat virus yang bisa saja dibawa oleh ayah dari kantor.

2. Masalah kulit

Menurut dr. There, anak-anak bisa juga mengalami masalah kulit. "Misalnya ayah masih kotor dan belum mandi, dan pakai parfum juga dan bau parfumnya masih kuat, lalu gendong anak, anaknya bisa mengalami iritasi kulit," ujar dr. There.

3. Diare

Diare adalah kondisi dimana feses yang dikeluarkan lebih encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya. Kuman yang dibawa oleh ayah selepas pulang kerja bisa menyebabkan diare. Misalnya dari mulut ayah yang disebutkan di atas.

4. Pneumonia (radang paru)

Penyakit ini  bisa menular kepada anak karena bakteri yang dibawa oleh ayah selepas pulang kerja. Selain itu virus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) juga bisa mendasari penyakit ini. Salah satu yang bisa dilakukan agar anak terhindar dari penyakit ini adalah ayah harus mencuci tangan jika ingin menyentuh atau menggendong anak.

5. Batuk dan pilek

Penyakit ini bisa menimpa anak dari ayah yang perokok. "Kalau ayah merokok, dan anaknya masih kecil banget, anaknya rentan mengalami batuk pilek. Hal ini bisa terjadi karena masih ada sisa-sisa nikotin dan lainnya di tangan dan baju ayah. Kalau anak sudah besar, dalam kondisi parah bisa memicu asma," ujar dr. There.

Jadi, para Ayah, demi kebaikan anak Anda, sebaiknya cuci tangan, mengganti baju, atau mandilah sebelum menyentuh anak begitu tiba Anda di rumah. Sistem imunitas si Kecil yang belum sempurna membuat mereka lebih rentan terserang penyakit.

[HNS/ RVS]