4 Makanan Favorit Ahok Punya Manfaat Sehat Segudang!

Oleh Ayu Maharani pada 24 Jan 2019, 13:00 WIB
Dari ikan kukus sampai dark chocolate, ini beberapa makanan favorit Ahok yang bisa Anda konsumsi juga untuk menjaga kesehatan.
4 Makanan Favorit Ahok Punya Manfaat Sehat Segudang! (Immanuel Antonius/Liputan6)

Klikdokter.com, Jakarta Hari ini (24/01), Basuki Tjahaja Purnama - atau kerap disapa dengan Ahok - resmi keluar dari rumah tahanan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat. Detik-detik kebebasan Ahok disambut positif oleh masyarakat. Meski banyak yang mengenal sosoknya, nyatanya belum banyak yang mengetahui tentang makanan favorit dari pria yang kini ingin dipanggil dengan sebutan BTP ini.

Padahal, makanan favorit pria kelahiran Manggar Belitung ini patut untuk  Anda konsumsi secara rutin juga, karena semuanya bernilai gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja makanan favorit Ahok yang kaya akan manfaat sehat? Ini dia ulasannya.

1 of 5

1. Ayam kukus

Ayam kukus (Kelvin Wong/Shutterstock)
Ayam kukus (Kelvin Wong/Shutterstock)

Dilansir berbagai sumber, salah satu makanan yang disukai oleh Ahok adalah ayam kukus. Umumnya, orang Indonesia menyantap sajian ayam dengan cara digoreng ataupun dibakar. Namun, ayah dari tiga orang anak ini justru lebih memilih mengonsumsi versi kukusnya bila ingin menyantap ayam.

Mengukus memang cara yang sehat dalam memasak makanan. Itu karena ketika makanan dikukus, kandungan gizinya tidak banyak yang hilang. “Mengukus bahkan lebih baik ketimbang merebus karena merebus bisa menghilangkan beberapa zat gizi,” kata dr. Atika dari KlikDokter. Lagi pula, bagi Anda yang ingin mengurangi asupan lemak dan kalori, mengukus makanan bisa menjadi solusi utamanya karena tidak memerlukan minyak sama sekali.

2 of 5

2. Ikan kukus

Ikan kukus (SuruwataRi/Shutterstock)
Ikan kukus (SuruwataRi/Shutterstock)

Tak cuma ayam, Ahok pun lebih menyukai olahan ikan kukus ketimbang ikan goreng atau ikan bakar. Rutin mengonsumsi ikan juga bermanfaat untuk tubuh. Sebab, ikan kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk memelihara fungsi otak dan organ jantung. Bahkan, menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, ibu hamil yang banyak mengonsumsi ikan akan melahirkan anak dengan IQ yang cenderung lebih tinggi!

Bagaimana jika makan ikan tiap hari? Tidak masalah. dr. Dyan mengatakan, “Tidak apa-apa mengonsumsi ikan setiap hari karena ikan tidak memiliki lemak jahat dan justru lebih sehat ketimbang terus-terusan mengonsumsi daging merah.”

3 of 5

3. Pisang

Pisang (Brent Hofacker/Shutterstock)
Pisang (Brent Hofacker/Shutterstock)

Ahok yang sekeluarnya dari rumah tahanan ingin disapa dengan sebutan BTP, sangat menyukai buah pisang. Jenis pisang yang Ahok gemari adalah pisang 40 hari, yakni salah satu jenis pisang yang mirip dengan pisang lampung. Ukurannya kecil dan banyak ditemui di Bangka Belitung. Menurut orang-orang terdekatnya, pisang jenis tersebut selalu ada di meja kerja Ahok.

Mungkin untuk mencari jenis pisang 40 hari seperti yang disukai Ahok cukup sulit, tetapi kebiasaan makan pisangnya itulah yang bisa Anda tiru. Pisang kaya akan kalium, pektin, magnesium, vitamin C, dan vitamin B6. Bila Anda rutin mengonsumsi pisang, kandungan senyawa fenolik antioksidannya dapat menurunkan risiko Anda untuk terkena kanker ginjal.

4 of 5

4. Dark chocolate

Dark chocolate (Africa Studio/Shutterstock)
Dark chocolate (Africa Studio/Shutterstock)

Meski tak sedikit pria yang kurang suka dengan cokelat, rupanya Ahok gemar mengonsumsi cokelat, terutama jenis cokelat hitam atau dark chocolate. Perlu diketahui bahwa cokelat ini mengandung kadar flavonol kakao yang paling tinggi ketimbang jenis cokelat lainnya.

Hal tersebut membuat dark chocolate bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Bahkan, kandungan asam stearat yang merupakan lemak jenuhnya, juga tidak berkontribusi dalam menaikkan kadar lemak darah. Beda halnya bila yang Anda makan itu adalah cokelat susu atau cokelat putih. Sudah kadar gulanya tinggi, kadar kakaonya pun rendah sehingga tidak membawa kebaikan apa pun untuk tubuh.

Itulah beberapa makanan favorit Ahok yang punya manfaat sehat segudang. Bila Anda ingin mengonsumsi makanan yang digoreng atau dibakar, cobalah ganti dengan makanan yang dikukus. Selain itu, ganti pula kebiasaan Anda mengemil cokelat susu dengan mengunyah dark chocolate. Karena selain lezat, juga sehat sekaligus membantu menjaga bentuk tubuh. Tak heran, kan, bila kondisi tubuh BTP kini justru makin proporsional dan ideal di usianya kini?

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓