4 Tips Mengoptimalkan Gizi Anak

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 25 Jan 2019, 08:00 WIB
Gizi anak perlu diperhatikan sejak dini untuk menjamin tumbuh kembangnya. Bagaimana cara memaksimalkan gizi si Kecil?
4 Tips Mengoptimalkan Gizi Anak (YuryImaging/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Gizi yang baik memainkan peran penting bagi kehidupan anak di masa sekarang dan masa depan. Makanan yang dikonsumsi anak menyediakan bahan baku untuk sel-sel dalam tubuh mereka. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak berkualitas, sel dalam tubuh tidak mendapatkan nutrisi baik, yang pada akhirnya dapat berimbas pada tumbuh kembang yang tidak optimal.

Membesarkan anak yang sehat membutuhkan perencanaan makan yang baik dari orang tua. Bagaimanakah cara agar anak Anda memiliki gizi yang optimal? Berikut adalah beberapa prinsip umum untuk menjaga nutrisi anak Anda tetap baik.

  1. Siapkan makan pagi yang bernutrisi

Hari yang sehat dimulai dengan makan pagi yang bernutrisi. Sarapan yang ideal untuk anak-anak adalah makanan rendah glikemik yang mengandung lemak baik dan protein untuk menjaga kestabilan gula darah.

Untuk protein, Anda dapat memberikan telur orak arik (scramble egg) bersama dengan nasi merah. Bisa juga dengan menyajikan salad buah, disertai roti gandum dan susu segar. Sementara lemak baik dapat diperoleh dari ikan, minyak zaitun, dan buah alpukat.

  1. Perhatikan sumber protein anak Anda

Salah satu kunci menjaga nutrisi anak adalah dengan memilih sumber protein yang baik. Terdapat beberapa pilihan sumber protein untuk anak, seperti daging sapi, telur organik, dan ayam.

Jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk menyiapkan makanan, cobalah membuat minuman dengan berbagai bahan bernutrisi. Misalnya dengan mencampur blueberry organik beku, sedikit kayu manis, dan susu.  Selain itu, pilhlah sumber protein dengan kandungan lemak yang rendah seperti dada ayam.

  1. Jangan lupakan makan siang

Makan siang harus terdiri dari berbagai nutrisi terbaik dengan komposisi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak baik, serat, vitamin dan mineral. Pilihlah sumber karbohidrat yang baik seperti nasi merah, gandum, dan granola. Jangan lupa bahwa lauk anak juga penting untuk diperhatikan. Sediakan lauk yang bervariasi setiap harinya guna memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Asupan protein berkualitas bisa didapat dari daging, ikan, dan telur. Sajikan juga lemak baik/lemak tidak jenuh kepada anak ketimbang lemak jenuh dan lemak trans. Misal, memasak ikan dengan cara direbus atau dikukus ketimbang digoreng.

Agar rasa sayuran jadi lebih enak dan sehat, Anda dapat mencampurnya dengan minyak zaitun. Untuk selingan kudapan di kala anak lapar, Anda dapat memberikan biskuit susu, jelly, yoghurt, atau salad sayuran.

  1. Akhiri hari anak dengan makan malam terbaik

Setelah lelah beraktivitas seharian, anak Anda pastinya lapar dan ingin makan malam yang lezat. Namun, jangan lupakan aspek nutrisi dalam mempersiapkannya.

Pastikan makan malam anak Anda mengandung zat gizi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Anda dapat memberikan berbagai pilihan lauk sehat, seperti dada ayam saus jeruk, olahan hati ayam, atau orak arik telur dengan sayur. Batasi pemberian makanan olahan yang terlalu manis, misal minuman ringan atau makanan cepat saji kalengan.

Kini Anda tak perlu bingung lagi dalam memberikan asupan bernutrisi kepada anak. Masa depan anak Anda tergantung dari gizi yang baik dan seimbang. Yuk, buat perencanaan menu makanan yang lebih matang untuk si Kecil!

[RS/ RVS]