Hindari Makanan Ini Selama Musim Hujan

Oleh dr. Andika Widyatama pada 25 Jan 2019, 12:00 WIB
Saat musim hujan, tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit. Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah menghindari makanan ini!
Hindari Makanan Ini Selama Musim Hujan (Brian A. Jackson/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Seiring dengan datangnya musim hujan, Anda harus lebih waspada terhadap berbagai masalah kesehatan. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang lebih rentan terjadi selama musim hujan. Misalnya diare, infeksi saluran napas, tifus, dan demam berdarah. Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan selama musim hujan, Anda perlu melakukan upaya pencegahan. Salah satunya caranya adalah dengan menghindari beberapa makanan berikut.

  • Makanan yang digoreng

Selama musim hujan, udara menjadi lebih lembap. Kondisi itu membuat kecepatan kerja sistem pencernaan menjadi lebih lambat. Akibatnya, proses pencernaan dan pengosongan usus menjadi lebih lambat. Konsumsi makanan yang digoreng – termasuk gorengan - dapat memperberat proses pencernaan. Hal tersebut dapat menimbulkan keluhan yang tidak nyaman, seperti mual, nyeri ulu hati, hingga perut kembung. Jika sudah begitu, tentu saja fungsi sistem pencernaan tidak dapat bekerja secara maksimal dan lebih rentan terhadap masalah kesehatan.

  • Sayuran berdaun

Meskipun merupakan salah satu makanan bergizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi, Anda harus memperhatikan jenis sayuran yang dimakan selama musim hujan. Kelembapan yang lebih parah di musim hujan memudahkan tumbuh dan berkembangnya kuman di beberapa sayuran berdaun. Seperti bayam, kol, dan kubis. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis sayuran tersebut. Namun, bila Anda memang tetap ingin mengonsumsinya, pastikan kebersihan dan kematangannya.

  • Buah-buahan segar

Sebaiknya Anda menghindari konsumsi buah-buahan segar yang dijajakan di luar rumah. Alasannya, buah-buahan yang berada di luar ruangan lebih rentan terpapar udara yang terkontaminasi kotoran. Dengan begitu, kebersihannya kurang terjamin dan dapat menimbulkan masalah kesehatan bila dikonsumsi. Di samping itu, walaupun sudah dicuci, tidak menutup kemungkinan air yang digunakan kurang terjamin kebersihannya. Jadi, lebih baik konsumsi buah-buahan yang Anda simpan di rumah.

  • Makanan laut

Musim hujan merupakan waktu ketika hewan laut berkembang biak, terutama ikan dan udang. Kondisi tersebut dapat mengurangi kesegaran ikan dan udang yang Anda konsumsi sehingga kurang baik untuk dikonsumsi. Sebagai pilihan lain, Anda bisa mengonsumsi telur, daging, atau tempe sebagai sumber protein harian Anda. Jika harus konsumsi makanan laut, sebaiknya Anda memastikan kesegaran dan kematangannya.

1 of 2

Lakukan upaya pencegahan

Di samping memperhatikan makanan yang dikonsumsi, ada beberapa upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari masalah kesehatan selama musim hujan. Berikut kiat-kiatnya.

  1. Cuci tangan

Sudah sejak lama, cuci tangan dikenal sebagai cara yang efektif dalam mencegah penularan berbagai penyakit. Sebaiknya, cuci tangan dilakukan dengan menggunakan sabun. Ada beberapa waktu dimana seseorang dianjurkan untuk mencuci tangan, di antaranya sebelum makan, saat menyiapkan makanan, dan setelah keluar dari toilet.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Asupan yang bergizi seimbang sudah jelas dapat membantu dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Gizi seimbang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk menjaga kekebalan tubuh. Konsumsi menu harian Anda yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk menunjang asupan nutrisi.

  1. Tidur cukup

Tidur adalah waktu terbaik untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian beraktivitas. Selain itu, tidur juga berperan dalam proses metabolisme pengeluaran racun-racun dan zat yang tidak dibutuhkan dari dalam tubuh. Anda disarankan untuk tidur malam setidaknya 7-8 jam dalam sehari.

  1. Olahraga rutin

Olahraga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Meskipun sedang musim hujan, Anda tetap bisa melakukan olahraga. Lakukan olahraga secara rutin, minimal 3x dalam seminggu. Anda bisa memilih jenis olahraga di dalam ruangan, seperti push up, sit up, lompat tali, treadmill, sepeda statis, yoga, atau sekedar naik turun tangga. Bila perlu, Anda bisa berkunjung ke pusat kebugaran untuk menunjang jenis olahraga lain yang Anda inginkan.

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Selain diri sendiri, Anda juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar Anda. Menjaga kebersihan lingkungan dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit. Pastikan Anda membersihkan perkakas dalam rumah secara rutin untuk mencegah perkembangan kuman penyebab penyakit.

Sebelum berbagai penyakit menghampiri Anda di musim hujan, yuk hindari konsumsi makanan-makanan di atas. Selain itu, lakukan juga beberapa upaya pencegahan yang juga disarankan. Jangan sampai penyakit yang berkembang di musim hujan menghambat produktivitas Anda.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓