Baik Buruk Soda Kue bagi Kesehatan Tubuh

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 26 Jan 2019, 12:00 WIB
Sering digunakan dalam pembuatan kue, soda kue ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan bagi kesehatan tubuh. Tahukah Anda?
Baik Buruk Soda Kue bagi Kesehatan Tubuh (Geo Grafika/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bila sering membuat kue, Anda tentu sudah tidak asing dengan soda kue. Bahan ini sering digunakan untuk mengembangkan adonan kue, sehingga bentuknya lebih “berisi”.

Soda kue atau baking soda merupakan serbuk putih yang komposisi utamanya adalah natrium bikarbonat. Dalam pembuatan kue, serbuk tersebut akan bereaksi dengan bahan lain sehingga membentuk gas yang berfungsi mengembangkan adonan kue.

Tak cuma bermanfaat dalam hal membuat kue, soda kue ternyata juga sering digunakan untuk tujuan yang lain, terutama untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi peningkatan asam lambung. Pada penyakit seperti dispepsia atau refluks gastroesofageal (GERD) terjadi peningkatan kadar asam lambung sehingga muncul rasa sakit di ulu hati, begah, dan mual. Soda kue dapat membantu menetralkan asam lambung yang tinggi tersebut.

Selain itu, soda kue juga dapat digunakan pada kulit, terutama saat terjadi peradangan akibat gigitan serangga yang akan menyebabkan kulit kemerahan, bengkak, gatal, dan panas. Penggunaan soda kue pada area kulit yang digigit serangga bisa membantu mengurangi keluhan.

Kelebihan lainnya adalah, soda kue dapat membantu kerja obat kemoterapi. Serbuk ini memang tidak dapat menyembuhkan kanker, tetapi berbagai penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa soda kue dapat membantu meningkatkan efek positif dari kemoterapi. Hal ini karena obat kemoterapi umumnya memerlukan lingkungan yang basa untuk dapat bekerja dengan baik. Soda kue dapat membuat kondisi tubuh menjadi basa, sehingga obat-obatan tersebut dapat menghasilkan efek yang lebih optimal.

Berbagai manfaat soda kue bisa Anda peroleh bila serbuk tersebut dikonsumsi dengan benar, misalnya dicampurkan air dan diaduk hingga benar-benar larut. Hindari konsumsi soda kue secara langsung, karena dapat menyebabkan terjadinya iritasi atau reaksi merugikan lainnya.

Awas, ada efek buruknya!

Meski mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan, soda kue tetap harus digunakan secara hati-hati karena juga memiliki sejumlah efek negatif bagi tubuh. Sebagai contoh, penderita penyakit jantung perlu waspada dalam mengonsumsi soda kue karena kandungan natrium di dalamnya cukup tinggi.

Bila dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, terutama gagal jantung, natrium tersebut akan menarik air semakin banyak sehingga penderita akan mengalami edema atau pembengkakan anggota tubuh. Tak hanya itu, gejala seperti batuk dan sesak napas pun juga akan memberat.

Soda kue pun sebaiknya dihindari oleh penderita gangguan ginjal. Penyakit ginjal biasanya menyebabkan kadar elektrolit, seperti kalium, kalsium, dan natrium dalam tubuhnya lebih tinggi dari normal. Bila mengonsumsi soda kue, kadar natrium pada penderita penyakit ginjak akan semakin bertambah sehingga menyebabkan hipernatremia. Kondisi ini cukup serius, karena dapat menyebabkan gangguan saraf, seperti sakit kepala, kejang, dan penurunan kesadaran.

Pada ibu hamil, penggunaan soda kue pun sebaiknya dibatasi. Natrium dalam soda kue dapat menyebabkan kaki bengkak dan ibu rentan mengalami tekanan darah tinggi. Soda kue juga tidak disarankan untuk Anda yang memiliki riwayat alergi, terutama pada bahan-bahan berbahan natrium.

Soda kue atau baking soda memiliki manfaat sekaligus mudarat bagi kesehatan tubuh. Atas dasar itu, penggunaannya harus benar-benar diperhatikan agar Anda hanya merasakan kebaikan soda kue tanpa diikuti segala keburukannya.

(NB/ RVS)