Sorotan Minggu Ini: Ahok, Demam Berdarah hingga Kanker Usus

Oleh Rudolf Santana pada 27 Jan 2019, 11:00 WIB
Bebasnya Ahok memberi angin segar di antara kabar mewabahnya demam berdarah dan serangan kanker usus yang menyerang pelan-pelan.
Sorotan Minggu Ini: Ahok, Demam Berdarah hingga Kanker Usus (Foto: M. Luthfi Rahman/Merdeka.com)

Klikdokter.com, Jakarta Musim hujan sering kali diidentikkan dengan datangnya sejumlah penyakit. Salah satu yang kini tengah dikhawatirkan mewabah adalah demam berdarah. Kekhawatiran ini  memaksa Pemerintah Provisi DKI Jakarta menyerukan agar warga lebih waspada terhadap berjangkitnya penyakit ini. Selain perlu mewaspadai demam berdarah yang menyerang dari luar, masyarakat juga perlu waspada terhadap penyakit kanker usus. Menyerang pelan-pelan dan bisa berlangsung bertahun-tahun, kanker usus yang tidak tertangani bisa sangat mematikan.

Jika kedua jenis penyakit tersebut membuat Anda merenung, kabar gembira ini semoga bisa membuat Anda terinspirasi. Hari Kamis (24/1) lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akhirnya bebas dari tahanan di Mako Brimob Depok Jawa Barat, setelah nyaris dua tahun dijebloskan di penjara akibat kasus yang menjeratnya. Masyarakat –khususnya pendukung Ahok– pun menyambut gembira. Kondisi Ahok yang bugar tentu membuat banyak kalangan bertanya-tanya, apa sih rahasia bugarnya selama dalam penahanan?

Ketiga topik menarik ini bisa disimak dalam sorotan minggu ini, untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang penyakit, gejala serta cara pencegahannya, dan inspirasi untuk selalu bugar dan sehat.

1 of 4

1. Ahok Bebas dan Makin Bugar!

Ahok Bebas dan Makin Bugar! (Foto: Galih W. Satria/Bintang.com)
Ahok Bebas dan Makin Bugar! (Foto: Galih W. Satria/Bintang.com)

Di tengah riuhnya berita-berita politik menjelang Pemilu 2019, bebasnya Basuki Tjahaja Purnama –atau disapa Ahok– dari tahanan Mako Brimob Depok Jawa Barat pada Kamis (24/1) lalu, membawa angin segar bagi banyak masyarakat. Terlebih bagi para Ahoker, sebutan bagi pendukung  Ahok, tentunya.

Meski image sebagai Ahok masih sangat lekat, pria kelahiran Manggar  Belitung ini tidak  ingin disapa lagi dengan nama itu, melainkan BTP.  Ayah tiga orang anak ini, sepertinya sudah siap menyambut kehidupan barunya yang sudah menanti di hadapannya, termasuk meluncurkan kanal youtube-nya, Panggil Saya BTP.

Satu hal yang inspiratif  dari BTP,  sekeluarnya dari tahanan, fisik pria 52 tahun ini tampak sangat sehat dan bugar.  Dilansir Liputan6, menurut kerabat dekatnya fisik Ahok bahkan tampak lebih  keren dan proporsional dengan ‘hilangnya’  perut yang sebelumnya agak berisi. Tentu ini karena selama hampir 2 tahun dalam  tahanan Ahok tetap rutin menjalankan kebiasaannya melakukan olahraga.

Kini sekembalinya Ahok ke tengah masyarakat, Ahok yang– menurut sejumlah kabar– akan segera melangsungkan pernikahan ini bisa dengan lebih leluasa berolahraga. Ia bisa memilih olahraga jalan kaki atau bersepeda sambil melihat hasil-hasil pembangunan yang pernah dicanangkannya. Satu hal penting, untuk bersiap menyambut padatnya kesibukan di hari-hari mendatang, Ahok juga perlu menjalani sejumlah cek kesehatan. Ada beberapa tes kesehatan yang disarankan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter untuk dijalani BTP.

Anda bisa menyimak inspirasi hidup sehat BTP lewat sejumlah artikel menarik ini.

2 of 4

2. Waspada Demam Berdarah!

Waspada Demam Berdarah! (Tacio Philip Sansonovski/Shutterstock)
Waspada Demam Berdarah! (Tacio Philip Sansonovski/Shutterstock)

Pada tahun 2018 Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat adanya 2.947 kasus demam berdarah. Kini, di bulan Januari ini, tiga wilayah Jakarta –Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur– memasuki kategori waspada DBD. Pada Februari dan Maret diperkirakan seluruh wilayah Jakarta akan masuk ke dalam kategori waspada.

Kondisi inilah yang memaksa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerukan kepada warga untuk mewaspadai merebaknya wabah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini.

Untuk mengetahui beragam gejala dan pencegahan penyakit demam berdarah yang yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini baca kumpulan artikelnya di sini.

3 of 4

3. Kanker Usus Menyerang dalam Diam

Kanker Usus Menyerang dalam Diam (CI-Photos-Shutterstock)
Kanker Usus Menyerang dalam Diam (CI-Photos-Shutterstock)

Setelah artis dan peragawati senior Titi Qadarsih meninggal Oktober tahun lalu akibat kanker usus, hari Minggu (20/1) lalu, istri Ustaz Maulana –Nuraliyah Ibu Hajar atau hangat disapa Umi Naorah (41)– juga meninggal karena penyakit yang sama.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, kanker usus merupakan jenis kanker saluran cerna yang paling sering terjadi. Biasanya menyerang area usus besar yang berbatasan dengan anus.

Hingga kini, penyebab tunggal kanker usus masih belum diketahui pasti. Hanya faktor-faktor risikonya bisa ditelaah. Pada saat kanker usus masih dalam tahap awal, kemungkinan besar penderita tidak akan merasakan gejala apa pun. Penyakit ini bagaikan teror yang diam-diam menggerogoti tubuh dari dalam.

Agar tak kecolongan dan bisa mengantisipasinya sejak dini, kenali gejala, faktor risiko dan seluk beluk mengenai kanker usus di sini.

Upaya pencegahan agar tidak tertular penyakit demam berdarah sudah sepatutnya dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Meski demikian tindakan preventif tidak hanya berlaku pada penyakit yang diakibatkan dari luar tubuh. Mencegah timbulnya kanker usus juga bisa dimulai dengan menjalankan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Dan dengan rutin berolahraga –seperti yang dilakukan BTP alias Ahok– Anda pun bisa membangun tubuh dan pikiran yang sehat.

[RH]

Lanjutkan Membaca ↓