Manfaat Minyak Argan untuk Kulit Wajah

Minyak argan telah banyak digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan. Apa saja manfaat minyak argan untuk kulit wajah?
Manfaat Minyak Argan untuk Kulit Wajah

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah maraknya berbagai produk perawatan kulit saat ini, minyak argan menjadi salah satu yang kerap terdengar. Minyak ini dipromosikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja manfaat minyak argan untuk wajah?

Apa Itu Minyak Argan?

Minyak argan dihasilkan dari biji buah pohon Argania spinosa, tanaman asal Maroko. Inti buah argan serupa dengan zaitun besar.

Biasanya minyak argan dijual sebagai minyak murni. Di negara asalnya, masyarakat banyak menggunakan minyak argan secara topikal (dioles) dan oral (diminum).

Minyak argan dapat digunakan secara murni atau dikombinasikan dengan bahan lain dan dibuat sebagai sampo, sabun, dan kondisioner.

Artikel Lainnya: Masker Madu, Efektifkah untuk Kulit Wajah?

1 dari 3

Kandungan Minyak Argan

Minyak Argan
loading

Minyak argan mengandung asam lemak dan berbagai senyawa fenolik. Sebagian besar lemak dalam minyak argan berasal dari asam oleat dan linoleat.

Mereka adalah asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selain itu, minyak argan kaya vitamin E, yang baik untuk kesehatan kulit, rambut, dan mata.

 

 

2 dari 3

Manfaat Minyak Argan untuk Wajah

Minyak Argan
loading

Tanpa harus membeli berbagai produk yang mengandung minyak argan, Anda dapat menggunakan minyak argan murni dan memanfaatkannya dalam berbagai langkah perawatan kulit.

Artikel Lainnya: Bagi Kulit lebih Berbahaya Polusi Udara atau Paparan Sinar Matahari?

Meski harganya terbilang mahal, Anda tak perlu khawatir karena penggunaannya hanya memerlukan beberapa tetes saja. Beberapa manfaat argan oil, di antaranya:

  • Melindungi dari Sinar Matahari

Sebuah studi membuktikan bahwa antioksidan dalam argan oil dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari. Minyak ini akan mencegah terjadinya luka bakar dan hiperpigmentasi.

Dalam jangka panjang, minyak argan dapat melindungi kulit wajah dari kanker kulit, termasuk melanoma.

  • Melembapkan Wajah

Manfaat minyak argan yang utama adalah sebagai pelembap. Hal ini karena kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak, sehingga dapat menjaga kandungan air dalam kulit.

Sering kali, argan oil digunakan sebagai bahan tambahan pada losion, sabun, dan kondisioner. Namun, minyak argan juga dapat digunakan secara murni.

Setelah mencuci wajah dan mengeringkannya, tuang satu tetes minyak argan ke telapak tangan dan oleskan dengan gerakan memutar ke wajah serta leher. Langkah ini akan membantu menjaga kelembapan wajah Anda di malam hari, dan memberi minyak argan waktu yang cukup untuk bekerja di kulit saat Anda tidur.

  • Membantu Regenerasi Kulit

Eksfoliasi penting untuk meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah dan sehat. Namun, proses pengelupasan ini sering kali merusak kulit dan menyebabkan iritasi.

Dengan menggunakan minyak argan, Anda bisa mengurangi dampak iritasi saat proses eksfoliasi sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Pelembap dengan SPF Sesuai Jenis Kulit

Anda bisa mencampur satu sendok makan gula merah (brown sugar) dengan beberapa tetes minyak argan, lalu oleskan memutar ke wajah selama 2 sampai 4 menit. Kemudian, basuh dengan air hangat.

  • Mengatasi Jerawat

Minyak argan juga dapat berfungsi sebagai obat jerawat. Penelitian menyatakan, argan oil bisa membantu mengurangi kadar sebum pada kulit berminyak sehingga mampu mencegah serta mengatasi jerawat.

Kandungan asam linoleat yang tinggi pada minyak argan, juga dapat membantu meredakan peradangan akibat jerawat sekaligus menenangkan sel-sel kulit yang rusak.

Anda dapat menotolkan minyak argan pada daerah yang bermasalah secara rutin untuk membantu meredakannya.

  • Menyembuhkan Luka

Minyak argan memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Anda dapat mengoleskan argan oil langsung ke luka, terutama luka sayat kecil.

  • Meredakan Eksem

Eksem atau atopik dermatitis menyebabkan keluhan gatal dan kemerahan pada kulit. Studi membuktikan bahwa dengan menggunakan minyak argan secara topikal dapat mengurangi gejala eksem.

Baca Juga

Meskipun minyak argan terbilang aman untuk semua jenis kulit, Anda tetap harus memperhatikan jika timbul tanda alergi atau iritasi setelah penggunaan.

Untuk mengecek adanya reaksi efek samping, sebaiknya coba dulu minyak argan pada area kecil di leher dan tunggu beberapa saat. Jika tidak ada reaksi yang muncul, Anda dapat menggunakannya di seluruh wajah.

Jika memiliki pertanyaan seputar perawatan kulit dengan minyak argan atau informasi kesehatan lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Tips Agar Rambut Anak Tetap Wangi Sepanjang Hari

Info Sehat
09 Apr

Apa Psoriasis Bisa Disembuhkan dengan Terapi Cahaya?

Info Sehat
21 Jan

6 Gangguan Kesehatan yang dapat Dideteksi dari Rambut Anda

Info Sehat
20 Jan

Jangan Bingung, Ini Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Rambut Tipis

Info Sehat
09 Jan

Temukan Kaitan antara Ketombe dan Rambut Rontok di Sini

Info Sehat
16 Des

4 KOMENTAR

Avatar
Fachri Pratama
1 Tahun Lalu

brp harga minyak argan trs belinya dimana dokter....

Avatar
Putra Pajajaran
2 Tahun Lalu

i n..pibb

Avatar
Putra Pajajaran
2 Tahun Lalu

b

Avatar
Peniel
2 Tahun Lalu

berapa sih harganya

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk