Tindakan Preventif untuk Menjaga Kesehatan Dimulai dari Sini

Oleh Rudolf Santana pada 28 Jan 2019, 14:30 WIB
Apa saja yang biasanya Anda lakukan sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan? Anda bisa memulainya dengan membaca artikel ini.
Tindakan Preventif untuk Menjaga Kesehatan Dimulai dari Sini (Rawpixel.com/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Seruan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewaspadai mewabahnya penyakit demam berdarah, perlu ditanggapi dengan serius oleh seluruh lapisan masyarakat. Meski demikian, mencegah berkembangnya demam berdarah tidak lantas membuat masyarakat mengabaikan tindakan preventif atas penyakit lainnya.

Beragam kondisi gangguan kesehatan seperti bintik pada penis, badan lemas, cacar air dan disengat kalajengking juga perlu mendapat perhatian. Selain itu, mengenali obat generik dan obat paten juga diperlukan jika tindakan kuratif atau pengobatan memang diperlukan.

Kelima artikel di bawah ini paling banyak dicari para pembaca KlikDokter minggu lalu. Dengan panduan artikel-artikel kesehatan ini, Anda bisa mulai melakukan beragam tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan.

1 of 6

1. 9 Penyebab Bintik pada Penis

9 Penyebab Bintik pada Penis (Foto: Shutterstock)
9 Penyebab Bintik pada Penis (Foto: Shutterstock)

Gangguan kesehatan pada area genital pria sering ditanggapi dengan biasa saja, kecuali yang menyerang adalah penyakit yang tergolong berat, seperti kencing nanah, sifilis dan lain-lain. Namun mulai kini, pria harus lebih waspada munculnya bintik pada penis juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu.

Artikel ini mengulas tentang beberapa penyebab bintik pada penis yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalaminya, konsultasikan secepatnya ke dokter agar bisa segera ditangani.

2 of 6

2. Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? (Foto: Shutterstock)
Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? (Foto: Shutterstock)

Hingga kini, masyarakat masih sering meributkan perkara obat generik dan obat paten. Selain menyoroti masalah harga keduanya, kualitas obat generik dan obat paten pun masih saja diperdebatkan. Lalu apa sih beda obat generik dan obat paten?

Simak artikel ini dengan saksama untuk mengetahui perbedaan keduanya dari beragam sisi.

3 of 6

3. Langkah Tepat Mengobati Cacar Air pada Orang Dewasa

Langkah Tepat Mengobati Cacar Air pada Orang Dewasa (Foto: Blaj Gabriel/Shutterstock)
Langkah Tepat Mengobati Cacar Air pada Orang Dewasa (Foto: Blaj Gabriel/Shutterstock)

Mengalami penyakit cacar air yang diakibatkan oleh virus Varicella zoster benar-benar sengsara. Badan demam, nyeri otot, sakit kepala hingga munculnya bintik-bintik merah di wajah dan sekujur tubuh terasa bagaikan siksa.

Jangankan anak-anak, orang dewasa yang terserang penyakit ini pun bisa langsung ambruk. Apalagi bagi Anda yang belum pernah divaksin cacar air dan belum pernah mengalami penyakit ini. Lewat artikel ini artikel ini, Anda bisa mendapatkan panduan untuk mengobati cacar air yang mungkin tengah menyerang Anda atau rekan kerja Anda.

4 of 6

4. 5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas

5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas (Foto: Rodrigobark/Shutterstock)
5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas (Foto: Rodrigobark/Shutterstock)

Jika tak pintar menjaga kondisi, di musim hujan seperti sekarang ini, Anda akan bisa dengan mudah terserang kondisi badan lemas. Mewabahnya penyakit demam berdarah serta masih berjangkitnya flu dan kemungkinan munculnya beragam penyakit di musim hujan, membuat Anda perlu menjaga daya tahan tubuh.

Dengan menyimak artikel ini Anda akan lebih mengetahui makanan apa saja yang bermanfaat untuk mengatasi kondisi yang bikin Anda jadi tidak produktif ini.

5 of 6

5. Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking

Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking (Foto: PongsadhornJR/Shutterstock)
Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking (Foto: PongsadhornJR/Shutterstock)

Jangan main-main dengan kalajengking. Binatang ini memiliki racun berbahaya yang bisa mengakibatkan rasa nyeri yang intens saat Anda disengatnya, mati rasa bahkan bengkak di titik bekas sengatan.

Meski sengatan kalajengking jarang mengancam nyawa. Namun jangan diabaikan karena bisa mengakibatkan komplikasi serius.

Baca artikel ini untuk mengetahui tips pertolongan pertama saat ada seseorang yang disengat kalajengking, atau ketika Anda sendiri mengalaminya.

Tindakan preventif untuk menjaga kesehatan bisa Anda mulai dengan membaca kelima artikel di atas. Meski Anda sudah pernah membacanya beberapa waktu lalu, dengan menyimaknya lagi, pengetahuan Anda akan semakin kaya. Bagikan informasi tersebut kepada rekan-rekan kerja di kantor maupun anggota keluarga di rumah, untuk bersama-sama melakukan beragam tindakan pencegahan dalam menjaga kesehatan.

[RH]

Lanjutkan Membaca ↓