7 Penyakit di Musim Hujan Selain Demam Berdarah

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 28 Jan 2019, 15:40 WIB
Selain demam berdarah, ada banyak penyakit lain yang juga rentan terjadi saat musim hujan tiba. Apa saja?
7 Penyakit di Musim Hujan Selain Demam Berdarah (Concept-Photo/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Musim hujan membawa kesejukan bagi alam. Sayang, beragam penyakit juga sering mengintil tanpa diundang. Salah satu penyakit langganan yang sering terjadi saat musim hujan adalah demam berdarah. Selain itu, ada pula penyakit-penyakit lain yang turut serta memberikan ancaman. Tahukah Anda penyakit apa saja yang termasuk?

Berdasarkan sejumlah sumber, berikut beberapa penyakit selain demam berdarah yang rentan terjadi saat musim hujan:

1. Diare

Diare biasanya ditandai dengan buang air besar terus-menerus dengan tekstur tinja cair atau menyerupai lendir. Keadaan ini terjadi akibat bakteri yang menginfeksi pada saluran usus, bisa juga akibat makanan yang terkontaminasi parasit atau virus. Beberapa bakteri penyebab diare, misalnya Shilgella dysentria, Compylobacter jejui, dan Entamoeba histolytica.

2. Malaria

Malaria biasanya ditandai dengan badan lemas, demam, menggigil, dan nyeri pada otot tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk anopheles betina yang biasanya berkembang biak di daerah genangan air bekas hujan.

“Agar terhindar dari penyakit malaria, Anda harus membersihkan genangan dan tangki-tangki air dan menjaga lingkungan agar selalu bersih,” ujar dr. Rio Aditya.

3. Infeksi mata

Tangan sering media perantara bagi bakteri untuk menyebabkan infeksi pada manusia. Jika tangan tak terjaga kebersihannya dan Anda punya kebiasaan menggosok mata, maka yang terjadi adalah infeksi mata.

Untuk menghindari keluhan ini, Anda wajib cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir lalu dikeringkan dengan handuk yang bersih. Selain itu, jika mata Anda terasa gatal, hindarilah menggosok mata secara langsung menggunakan tangan.

4. Ruam kulit

Gatal-gatal pada kulit merupakan kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit. Penyakit ini biasanya terjadi karena Anda sering terkena air hujan maupun banjir dalam waktu yang lama.

Untuk menghindari ruam kulit, Anda disarankan untuk menggunakan sepati bot saat harus beraktivitas di area banjir, membersihkan tubuh dengan sabun antiseptik sebelum melakukan aktivitas di saat hujan tiba.

5. Tifus

Tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Keadaan ini ditandai dengan demam, sakit kepala, lemah, dan sakit tenggorokan. Demam yang Anda rasakan pada saat tifus disebabkan karena kuman tersebut menginfeksi usus halus.

6. Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira. Gejala yang terjadi pada tubuh penderita, yakni flu ringan, badan terasa menggigil, sakit kepala, dan nyeri otot. Penderita juga sering merasa mual, muntah, bahkan muncul ruam di kulitnya.

Leptospirosis biasanya disebarkan oleh hewan di sekitar Anda, seperti tikus, sapi, babi, dan anjing. Anda juga dapat terinfeksi penyakit ini apabila berada di sekitar lingkungan kotor dengan air yang terkontaminasi dalam waktu lama.

7. Kolera

Kolera disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae, yang masuk ke tubuh lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan diare serta muntah-muntah, sehingga bisa menyebabkan dehidrasi hingga kematian.

Itu dia beberapa penyakit selain demam berdarah yang rentan terjadi saat musim hujan tiba. Jagalah agar Anda atau keluarga Anda tidak terkena genangan atau rintik air hujan. Selain itu, konsumsi juga makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari, cukup istirahat, serta jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

(NB/ RVS)