5 Cara Meningkatkan Kecerdasan di Waktu Luang

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 30 Jan 2019, 09:00 WIB
Ingin memanfaatkan waktu luang untuk melatih otak? Bisa! Ini cara meningkatkan kecerdasan yang mesti Anda terapkan.
5 Cara Meningkatkan Kecerdasan di Waktu Luang (Wavebreakmedia/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kecerdasan tidak hanya didapat dari seberapa tinggi Anda meraih gelar. Kecerdasan pada dasarnya adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menciptakan sesuatu. Saat ini, pendidikan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan  ditemukannya teori mengenai kecerdasan majemuk.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, kecerdasan majemuk dapat dipupuk sejak kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan tidak sedikit, sehingga harus dilakukan secara pelan-pelan.

Kendati begitu, meningkatkan kecerdasan juga bisa dilakukan dengan cara santai di waktu luang. Seperti dilansir dari, Reader’s Digest, Anda dapat mengasah kecerdasan di waktu luang dengan cara:

  1. Belajar bahasa

Mempelajari bahasa asing merupakan hal yang menarik untuk mengisi waktu luang. Aktivitas ini merupakan cara untuk mengasah kecerdasan linguistik yang ada pada kecerdasan majemuk.

Tak sekadar itu, belajar bahasa asing juga bermanfaat untuk membuat sel-sel otak menjadi lebih sehat. Saat ini banyak aplikasi yang dengan mudah bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Jepang, dan lainnya.

  1. Memainkan alat musik

Bermain musik dapat membuat Anda lebih pintar dengan melatih area otak untuk mengenali kunci nada-nada. Hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih baik dalam memahami pelajaran eksak, seperti matematika.

  1. Buku audio

Jika Anda termasuk tipe orang yang senang menumpuk buku yang belum dibaca, sudah waktunya mencoba alternatif lain. Ya, buku audio bisa menjadi solusi sempurna!

Banyak pilihan buku audio yang memungkinkan untuk menikmati berbagai macam narasi terkait fiksi atau non-fiksi. Hal ini dapat dilakukan saat Anda sedang bersantai, bahkan di atas tempat tidur.

  1. Menulis buku harian

Menuliskan pikiran dan perasaan terdalam pada sebuah buku harian dengan hal-hal yang yang Anda syukuri atau pikirkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Hal ini merupakan kombinasi dari proses pemikiran dengan tindakan penulisan mekanis yang membuat Anda merasa kuat.

Faktanya, menulis mampu mengkristalkan pikiran dan merefleksikan keberhasilan yang pernah dicapai. Selain itu, menulis juga dapat membantu melupakan kegagalan dan memacu diri lebih pintar dalam menentukan pilihan di masa depan.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengangkat beban dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sementara itu, studi lainnya mengatakan bahwa kegiatan kardio memberikan dorongan mental secara positif.

Tak mesti berlatih keras seperti atlet, hanya dengan jalan-jalan sederhana pun Anda juga dapat membuat suasana hati lebih jernih dan cara pikir yang kreatif.

Seperti itulah cara meningkatkan kecerdasan yang bisa Anda lakukan di waktu luang. Manfaatkan momen santai Anda untuk melakukan hal positif, agar kemampuan otak semakin tajam. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidur yang cukup.

(NB/ RVS)