11 Cara Atasi Anak yang Berkata Kasar, Jangan Dimarahi!
searchtext customer service

Si Kecil Sering Berkata Kasar? Ini Cara Mengatasinya!

Jangan langsung marah begitu mendengar anak berkata kasar. Kita ulas di sini cara mengatasi anak yang berbicara kasar dengan tepat.
Si Kecil Sering Berkata Kasar? Ini Cara Mengatasinya!

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda sering dibuat pusing lantaran si kecil hobi berkata kasar? Jangan langsung terpancing emosi untuk memarahinya di tempat, ya.

Sebagian anak berkata kasar karena tidak sengaja akibat pelafalannya yang salah, sehingga kadang terdengar seperti kata kasar. Sebagian lagi memang ingin mengucapkan hal tersebut, meski tidak paham betul makna dari kata kasar tersebut. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang berkata kasar? Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan: 

1 dari 12

1. Tanyakan Alasannya

Tanyakan Alasannya
loading

Pertama, cara mengatasi anak yang berbicara kasar adalah tanyakan alasannya melontarkan kata-kata seperti itu. Cara ini membantu anak mengenali emosinya, apakah ia sedang frustrasi akibat hal tertentu, mencari perhatian, atau lainnya. 

Dengan mengetahui alasan si kecil, Anda bisa memahami dan menjelaskan bahwa berkata kasar bukanlah hal yang baik dan tidak bisa menjadi solusi permasalahan.

Artikel lainnya: Cara Mendidik Anak Agar Tidak Berkata Kasar seperti Temannya

2 dari 12

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

loading

Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak saat Anda memberi nasihat. Dibandingkan penjelasan yang panjang, lebih baik gunakan bahasa sederhana. 

Dengan begitu, Anda dapat membantunya lebih mudah memahami mengapa ucapannya tidak dibolehkan. Cara mengatasi anak yang suka berkata kasar tersebut perlu dilakukan dengan kesabaran, ya.

3 dari 12

3. Perbaiki Pengucapannya

Perbaiki Pengucapannya
loading

Cara mengatasi anak yang berkata kasar sebaiknya diterapkan melalui penyampaian yang halus. Bila kata kasar muncul karena anak sedang mengeksplorasi kosakata baru, sampaikan dengan lembut bagaimana pengucapan yang seharusnya. 

Biasakan memperdengarkan cara pengucapan yang benar sembari memperbaiki pengucapan anak. Jadi, pengucapannya sudah bisa diperbaiki pada kesempatan berikutnya.

Artikel lainnya: Tanda-tanda Anda sedang Membesarkan Anak Pemarah

4 dari 12

4. Berikan Konsekuensi

loading

Terkadang anak mengucapkan kata kasar dengan sengaja untuk mendapatkan perhatian orangtua. Jika hal ini yang terjadi, maka Anda sebaiknya jangan marah. 

Cara mengatasi anak yang berbicara kasar bisa dengan memberinya konsekuensi. Misalnya, mengabaikannya dalam beberapa waktu, melarangnya menggunakan gadget, atau membatasinya bermain di luar sementara waktu. 

Mungkin dibutuhkan sedikit rasa tega saat memberikan hukuman, hingga membuat Anda bisa merasa bersalah. Namun, langkah ini bisa menjadi pilihan agar luapan emosi Anda tidak mengarah pada kekerasan. 

Sampaikan juga kepada anak bahwa Anda akan menanggapinya apabila ia berkata-kata dengan baik dan tidak mengulangi kata kasar.

5 dari 12

5. Bantu Anak Mengenali Emosinya

loading

Bila anak berkata kasar karena marah atau kesal, bantu ia untuk mengenali dan mengendalikan emosinya. Ajak anak berbicara dengan lembut. 

Berikan pula elusan atau kontak fisik yang suportif kepada anak. Anda juga bisa mengajarkan anak untuk mengungkapkan emosinya dengan cara yang baik dan sopan. 

6 dari 12

6. Bangun Perasaan Empati

Bangun Perasaan Empati
loading

Cara mengatasi anak yang suka berkata kasar berikutnya dapat dilakukan dengan membangun rasa empati padanya. Saat berbicara berdua dengan si kecil, coba jelaskan bagaimana perasaan orang yang mendapat perkataan kasar, apakah sedih, sakit hati, kecewa, marah, dan sebagainya. 

Mungkin langkah tersebut terkesan sulit. Namun, jika dilakukan konsisten pada anak, secara tidak langsung Anda sudah menanamkan rasa empati sejak dini, lho

Artikel lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Anak yang Berperilaku Kasar

7 dari 12

7. Sepakati Pilihan Kata-Kata yang Dianggap Pantas dalam Keluarga

loading

Selanjutnya, cara mengatasi anak berkata kasar adalah berdiskusi dengan keluarga. Bicarakan pilihan kata yang masih dianggap pantas untuk mengekspresikan sesuatu dalam keluarga. 

Dengan kesepakatan tersebut, Anda akan lebih mudah menegur dan mengingatkan bila anak mengucapkan kata-kata kasar. Tentunya, kesepakatan ini juga berlaku untuk seluruh anggota keluarga, tidak hanya anak. 

8 dari 12

8. Awasi Pergaulan Anak

loading

Ingat, pergaulan juga menentukan perilaku anak. Jika ia sering mendengarkan kata-kata kasar dari teman-teman sebayanya, maka ia cenderung juga akan menirukannya.

Maka dari itu, orangtua harus senantiasa mengawasi lingkungan pergaulan anak. Sebisa mungkin jauhkan anak dari teman-teman yang memang terbukti membawa pengaruh negatif.

9 dari 12

9. Perhatikan Apa yang Dilihat dan Didengar Anak

loading

Cara mengatasi anak yang suka berkata kasar lainnya adalah dengan memperhatikan segala sesuatu hal di sekitar anak. Contohnya, Anda harus selalu memeriksa rating acara televisi, film, musik, dan segala jenis multimedia yang digunakan anak. 

Batasi screen time anak setiap hari. Letakkan perangkat-perangkat elektronik di bagian rumah yang mudah dilihat dan diawasi. 

Selain itu, hindari tontonan yang tidak edukatif. Sebaliknya, berikan tontonan yang bermanfaat untuk anak. 

10 dari 12

10. Perhatikan Apa yang Anda Ucapkan

Perhatikan Apa yang Anda Ucapkan
loading

Tak jarang anak mendengar atau mempelajari kata kasar dari orangtuanya. Mungkin saja Anda tak sengaja mengucapkan kata tersebut saat emosi. Kata-kata tersebut kemudian sering didengar anak berulang kali. 

Pada akhirnya, ia bisa menirukannya. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi anak yang berbicara kasar adalah memastikan orangtua selalu menjaga kata-kata yang diucapkannya. 

Artikel lainnya: Berkata Kasar untuk Menegur Anak, Ini Dampaknya

11 dari 12

11. Hindari Memarahi Anak

loading

Tahukah Anda, memarahi anak bukanlah solusi tepat untuk mengubah perilakunya? Sebaliknya, orangtua sebaiknya menasihati anak tentang dampak jika ia terbiasa berkata kasar.

Orangtua dan seluruh anggota keluarga juga harus mencontohkan cara berkata baik kepada anak, sehingga ia mencontoh perilaku baik. Jika sering memarahi anak, ia juga akan mencontoh perilaku mudah marah tersebut. 

Hindari pula memarahi anak di depan umum, ya. Akan lebih baik mengajaknya ke tempat yang lebih sepi, lalu Anda bisa menyelesaikan masalah berdua dengan baik. 

Itulah beberapa cara mengatasi anak yang suka berkata kasar. Selalu pantau tumbuh kembang anak, dan jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter atau psikolog bila menemukan permasalahan pada si kecil.  

Baca Juga

Gunakan fitur Live Chat agar Anda bisa konsultasi dengan dokter anak dan psikolog lebih mudah. Info lengkap seputar cara mendidik anak juga bisa didapatkan di aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

Referensi:

Harvard Health Publishing. Diakses 2022. What to do when your child swears.

Healthy Children – American Academy of Pediatrics. Diakses 2022. Swearing.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Ifrah Ayuna Siregar, M. Ked(Ped), Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Silvia Wowiling, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Ini Alasan Mengapa Anak Perlu Les Piano

Info Sehat
16 Mei

Kenali Tanda-tanda Speech Delay pada Anak

Info Sehat
13 Mei

Hal-Hal yang Bikin Anak Mudah Terserang Diare

Info Sehat
12 Mei

Anak Ingin Main Hujan? Ini Tips agar Tetap Aman

Info Sehat
11 Mei

Kapan Obat Penurun Panas Anak Boleh Diberikan Lewat Anus?

Info Sehat
08 Mei

REAKSI ANDA

202 KOMENTAR

Avatar
Siska Anggita
3 Tahun Lalu

Suscipit voluptatem et impedit quam aperiam. Odio consequatur asperiores molestiae nulla. Iusto nisi ipsum rem ut. Reprehenderit voluptatum iste sapiente quis expedita quae.

Avatar
Siska Anggita
3 Tahun Lalu

Labore error nemo voluptas tempora neque. Et deserunt est facilis in non quis nobis. Error non dolorem reprehenderit rerum fuga. Quis ab voluptas quidem id.

Avatar
Siska Anggita
3 Tahun Lalu

Rerum vel magnam asperiores. Similique enim rerum doloremque consectetur enim voluptatum soluta et. Quaerat est quisquam impedit eos voluptatem mollitia.

Avatar
Siska Anggita
3 Tahun Lalu

Dolor fugiat similique tempore. Provident illum rem sed reprehenderit quaerat excepturi quia.

Avatar
Siska Anggita
3 Tahun Lalu

Voluptatem inventore vero sed quasi. Placeat harum tenetur atque vel voluptates veritatis aperiam. Numquam odit veniam atque.

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat