4 Penyakit Aneh yang Belum Pernah Anda Pikirkan

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 30 Jan 2019, 15:20 WIB
Dari sekian banyak jenis penyakit, ada beberapa penyakit aneh yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda. Penyakit apa saja itu?
4 Penyakit Aneh yang Belum Pernah Anda Pikirkan (Alexander-Raths/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hidup sehat perlu diterapkan agar terhindar dari berbagai macam penyakit seperti serangan jantung, kanker, stroke, diabetes dan sebagainya. Mungkin, nama-nama gangguan kesehatan tersebut sudah tak asing di telinga Anda. Namun, ada beberapa jenis penyakit aneh yang perlu Anda waspadai.

Saking banyaknya jenis penyakit, ada beberapa yang terdengar aneh dan tak disangka keberadaannya. Sempat dijelaskan oleh dr. Ellen Theodora dari KlikDokter sebuah kasus tentang sakit perut aneh yang dialami oleh seorang remaja berusia 18 tahun.

Saat pihak medis membedah isi perut remaja tersebut, ditemukan sisa janin yang telah mati, berbentuk bayi lengkap dengan rambut, gigi, serta kepala yang tidak berkembang.

“Dalam dunia kedokteran, hal tersebut dikenal dengan sebutan fetus in fetu. Ini adalah kondisi dimana salah satu janin kembar yang dikandung oleh seorang ibu terjebak di dalam saudara kembarnya yang berhasil lahir ke dunia,” ujarnya.

Terkadang, masih banyak fakta aneh seputar medis yang sampai saat ini belum terjamah oleh nalar manusia. Seperti dilansir dari Reader’s Digest, berikut adalah 4 penyakit aneh yang pasti belum pernah Anda pikirkan sebelumnya:

1. Cotard delusion

Seseorang yang menderita cotard delusion yakin bahwa dirinya sudah mati, membusuk atau setidaknya mengalami kehilangan beberapa bagian tubuh. Penderita sering menolak makan atau mandi karena beranggapan sudah tidak memiliki sistem pencernaan atau meyakini tubuhnya akan rapuh bila terkena air.

Penelitian menunjukkan bahwa cotard delusion disebabkan oleh kegagalan di area otak yang mengatur emosi. Kondisi ini juga bisa dialami oleh seseorang dengan bagian tubuh yang pernah diamputasi. Untuk menangani kondisi ini, diperlukan terapi dan konsumsi obat-obatan khusus serta pemantauan pihak medis.

2. Sindrom aksen bahasa asing

Pernahkah Anda membayangkan diri terbangun di suatu pagi, lalu saat hendak berbicara, tiba-tiba Anda berbicara dengan aksen bahasa asing? Tentu saja hal ini ganjil dan amat mengerikan. Faktanya, sekitar 60 orang di dunia pernah mengalaminya.

Penderita sindrom aksen bahasa asing tersebut sempat dianggap mengalami delusi. Namun, para ilmuwan di Universitas Oxford menemukan bahwa hal tersebut mungkin saja terjadi ketika seseorang mengalami kelainan otak.

Akibatnya, terjadi perubahan pada nada bicara serta suku kata seseorang yang mengalaminya. Selain karena masalah pada otak, sindrom aksen bahasa asing juga bisa disebabkan oleh cedera kepala atau stroke.

3. Progeria

Merupakan sebuah kelainan genetik langka dimana seorang anak berusia 1-2 tahun menunjukkan tanda-tanda penuaan dini seperti pertumbuhan yang melambat hingga kerontokan lambut.

Setelah mengalami berbagai tanda di atas, anak tersebut bisa mengalami kondisi berikutnya, yakni kehilangan sebagian besar lemak tubuh dan tubuhnya mulai keriput. Ironisnya, rata-rata pengidap progeria tidak berumur panjang, rata-rata hanya bertahan hingga usia 14 tahun dan belum ada obat yang bisa mengatasinya.

4. Congenital analgesia

Percaya atau tidak, orang dengan penyakit aneh ini tidak akan merasakan apa-apa jika dicubit, didorong, atau bahkan ditusuk pisau. Mereka memiliki mutasi genetik bawaan bernama congenital analgesia.

Kondisi tersebut dapat mencegah tubuh untuk mengirim sinyal sakit menuju otak. Meski terdengar keren, namun penyakit ini bisa sangat berbahaya. Pasalnya, sang pengidap bisa jadi tak sadar ketika mereka terluka atau mengalami cedera.

Beberapa jenis penyakit aneh di atas mungkin terkesan tidak mungkin terjadi. Nyatanya, dunia medis menjelaskan bahwa penyakit tersebut memang benar adanya dan jelas penyebabnya. Bagaimana, dari semua penyakit yang telah dipaparkan, Anda pasti belum pernah mendengar apalagi memikirkannya, kan?

[NP/ RVS]